Thursday, March 23, 2023

Hari Pertama Ramadhan!

Hai hai!

Nggak berasa ya kita udah ketemu ramadhan lagi aja. Alhamdulillah juga masih dikasih kesempatan buat puasa di bulan ini lengkap sekeluarga. Walaupun ya mungkin nggak akan selalu bisa lengkap semuanya ngumpul di rumah karena Rai kuliah juga kan, tapi nggak apa-apa, seenggaknya di awal ramadhan ini kita bisa ngumpul semuanya! Oh iya, salah satu hal yang bikin aku seneng juga karena 'jatah' haid awal bulan aku udah selesai sebelum puasanya mulai. Biasanya kan aku bolong di awal sama akhir ramadhan tuh, entah udah berapa tahun ya aku nggak bisa sholat ied dan utang puasanya jadi lumayan juga, makanya ini awalan yang baik untuk ramadhan di tahun ini :D

Terus kalian ngerasa juga nggak sih kalau sebelum puasa tuh rasanya mau makan minum semua makanan dan minuman yang enak? Kayak, sebelum mulai puasa nih mau dipuas-puasin dulu gitu. Tapi emang itu mah godaan setan aja kali ya. Aku mau beli ini itu juga rasanya nggak begitu mendukung karena selain keburu udah kenyang, pas mau beli juga tempatnya malah penuh ngantri, atau ya akunya aja deh yang males alias kepengen-kepengen aja itu mah, nama semua makanan aku sebut tapi nggak bener-bener dibeli.

Nah, awal ramadhan ini kita puasa di Sumedang. Emang sih udah biasa itu mah wkwkwk sampe temen-temen aku udah nebak aja kira-kira aku kemana xD Sebelumnya kita ke Bandung dulu karena mau ke aki sama enin. Rai nyusul tuh karena kan kita dari Bekasi emang langsung ke aki ya, jadi dia naik motor ke rumah aki sambil bawa belanjaan pesenan bunda. Mana kasian lagi dia soalnya tiba-tiba hujan deres di tengah jalan. Pas aku bilang ke bunda biar dia naik grabcar aja gitu ya, eh aku denger suara motor di luar agak lama, pas disamper dia udah ada depan pager kehujanan :')

Berhubung Rai naik motor nih, jadilah aku mau ikut dia juga buat naik motor ke rumah tante hahaha. Padahal jaraknya mah lumayan deket juga, cuma kan beda aja ya rasanya kalau naik motor. Terus Khansa juga ikut-ikutan mau lagi, jadilah kita bertiga naik motor ke rumah tante sambil beli es goyobod sama nasi padang pesenan ua. Pas kita selesai beli es goyobod juga tuh mobil ayah lewat xD Bareng deh kita nyampenya. Tapi habis itu kita pergi lagi karena aku mau jajan! Yaudah deh kita bertiga naik motor lagi muter-muter beli makan buat Rai sama bola ubi pesenan sepupu aku. Awalnya ada juga yang mau aku beli tapi ya itu, penuh ngantri :(

Walaupun yang bener-bener aku pengen nggak jadi kebeli, akhirnya aku tetep nyicip-nyicip juga makanan di rumah tante. Qila tuh bikin gyoza, enak deh, makanya pas nyampe rumah tante aku ngeliat dia ada bikin itu tuh langsung seneng deh aku. Pulang dari beli makanan itu udah jadi tinggal siap dimakan gyozanya. Terus aku buka es goyobodnya juga, beuh seger deh. Padahal pas di rumah aki tadi abis makan juga kan sama ikan goreng, tapi emang rasanya masih pengen ngemil aja gitu. Emang deh ya, perut kenyang hati pun senang :D

Baru deh abis itu kita pergi ke Sumedang. Kali ini semuanya ikut, sampe kedua sepupu aku yang super sibuk itu sama om juga ikut. Ua sama Rai, Hauna sama Qila ikut di mobil kita, terus tante sama om nyusul belakangan. Kita ketemuan di Asia Plaza karena ada yang mau dibeli dulu. Satu troli sampe nggak muat karena wuuh, itu sirup ada berapa, teh ada berapa, biskuit gitu ada berapa, teh botol ada berapa, dan itu belum termasuk sama jajanan kita yang lain. Tidak lupa membeli sari kacang hijau sebagai amunisi aku buat sahur nanti hahaha. Kita sholat maghrib dulu juga gantian, terus pas bayar di kasir aku nitip sepupu aku buat beli KFC dulu biar nanti nggak nunggu lama. Setelah itu kita beneran cus ke rumah, tapi mampir sebentar deh pas di Cimalaka buat beli susu murni.

Pas nyampe rumah kita langsung nurun-nurunin barang. Terus ngemil lagi. Sholat tarawih. Ngobrol-ngobrol. Baru deh pada tidur. Walaupun paginya harus bangun karena sahur, tapi tetep aja aku nggak bisa tidur lebih cepet. Tapi untungnya masih kebangun sih. Iyalah ya, masa baru hari pertama puasa udah nggak sahur :') Hari pertama puasa ini aku sahur cuma minum sari kacang hijau sama air putih, segitu udah kenyang dan kalau aku mau makan roti juga takutnya nggak keburu dengan aku yang makan suka lama apalagi ini masih pagi. Abis itu.... tidur lagi :')

Aku tetep yang bangun pertama deh abis itu. Adik-adikku dan sepupu-sepupuku masih pada tidur semua. Yaudah deh aku mandi dulu biar seger, terus bantuin masuk-masukkin sirup, mie, dll ke totebag. Pas udah pada bangun tuh mulai lebih rame lagi, biasalah kita ngobrol-ngobrol, bercanda, terus kita main uno sama tepok nyamuk. Berisik banget deh kita mainnya xD Pas udah capek dan bosen karena tepok nyamuk yang nggak abis-abis, akhirnya kita selesein aja terus mulai pada tiduran lagi. Pas udah agak sorean tuh kita mulai nyiapin buat buka kan. Terus Qila juga mau mancing ikan tuh, yaudah deh kita jadinya ngabuburitnya nungguin ikan ketangkep hahaha.

Tapi seru juga loh itu mancingnya! Walaupun aku mah cuma ngeliatin aja sih, karena Qila yang excited banget mau nyoba mancing kan, sampe bawa pancingan sendiri (punya tante sih katanya) dari Bandung. Pas awal-awal mah agak zonk aja gitu ya, kayak nggak dapet-dapet gitu. Terus diambil alih tante dulu tuh, wuah nggak lama setelah itu tante dapet ikan!! Mulai dari yang ukurannya agak kecil, sampe akhirnya dapet yang gede! Kita langsung heboh banget pas dapet ikannya, karena keren aja gitu hahaha. Kan mancing ikan tuh perlu kesabaran dan kalau nggak dapet-dapet mah jatohnya bikin bete dan ngebosenin. Tapi ya karena ini di kolam sendiri juga jadi lebih santailah ya, kita sambil ngobrol dan bercanda juga selama nungguin tuh ikan. Pas giliran Qila lagi yang nyoba, akhirnya dia dapet juga tuh!! Ada yang kecil sama gede juga, langsung seneng banget dia hahaha dan menobatkan dirinya udah jago mancing dan bentar lagi diundang sama mancing mania mantap xD

Aku duduk aja nih di tangga sama si bocil ngeliatin yang pada mancing

Walaupun Qila dapet ikan, tapi tetep aja dia nggak bisa ngelepas ikan dari kaitannya hahaha. Jadi emang tetep butuh bantuan expert seperti tante dan ua. Umpan yang dipake tuh mulai dari kentang, sosis, kelapa, sampe kolang-kaling yang katanya udah lama (malah udah basi?). Jadi emang deh ikan disini segala dilahap :'D Tapi kata Qila mah yang paling laku si sosis hahaha ada-ada aja deh. Akhirnya kita total dapet tiga ikan besar sama entah berapa ikan kecil deh. Ini emang nggak terencana banget sih, karena awalannya si Qila cuma mau nyoba mancing aja, eh nggak taunya bisa dapet banyak juga kita. Jadilah kita buka puasa sama ikan bakar juga hahaha.

Setelah urusan memancingnya selesai, kita beralih ke nyiapin makanan buka dan bakar-bakar. Ada baso, sosis, sama ikan yang mau dibakar. Itu jadi urusan ua sama Qila. Aku bantuin tante metik-metikin daun kemangi buat dijadiin karedok. Ya pokoknya kita sibuk di dapur deh ya. Sampe akhirnya nggak berasa deh itu adzan maghrib!! Udah pasti buka puasanya pake kurma sama air putih dulu, baru deh kita berburu makanan lain di meja makan xD Aku makan sempol sama sosis bakar aja udah kenyang deh rasanya. Tapi walaupun udah lumayan kenyang, aku nggak bisa nahan buat makan ikan pake kecap pedesnya, jadilah sebelum sholat maghrib aku ngegadoin itu dulu, beuh mantep!! Emang yang pedes-pedes gini nggak pernah salah.

Malemnya kita main uno lagi dan aku menang terus B) Kalaupun nggak menang yang pertama, seenggaknya aku bukan yang terakhir nyisa kartunya hahaha. Sepupu aku sampe udah hafal kalau aku udah nyebut uno dan sisa satu kartu tuh pasti isinya kalau nggak +2 ya +4 xD Abis itu kita ganti main uno stacko yang baru aja ditemuin ua. Wih makin heboh dan berisik aja kita. Pas udah capek main itu, kita balik lagi ke game di hp masing-masing xD

Yaa kurang lebih begitulah cerita hari pertama puasaku. Seneng deh karena rame-rame juga disini sekeluarga. Walaupun sepupu aku masih ngebuka buku latihan dan ngerjain soal disana, atau aku yang (berusaha) nyari jurnal ataupun artikel lain buat fenomena si s word, tapi seenggaknya masih ada hiburan lainnya juga gitu. Aku ngerasa makan cukup banyak sih ya hahaha, apakah ini akan berlanjut di hari-hari berikutnya? Entahlah. Pokoknya kita cerita-cerita, main game, ngemil kerupuk sama jelly, sampe bantuin ngemas barang buat dikasihin. Meskipun disini juga panas ya pas siang, terik banget deh, tapi hawa Sumedang mah masih adem aja buat aku. Adem dalam artian nggak pake kipas juga masih ada angin dan nggak sepengap di Bekasi aja deh. Tapi buat yang lain mah pada panaaaaas aja, sampe pas malem aja sepupu aku masih ngeluh panas-panas.

Sebenernya inti aku mau nulisin cerita hari ini tuh ya karena mancing itu hahaha. Karena jarang aja kan ya mancing. Aku paling inget dulu kalau ambil ikan tuh kolamnya dikuras dulu sampe cuma sisa dikit airnya, terus kita langsung turun ke kolam dan ambil ikan langsung pake tangan melawan lumpur-lumpur hahaha. Tapi itu pas kita masih keciiiiiil banget. Kangen juga sih kayak begitu. Soalnya seruu. Paling gampang ambil ikan yang 'terjebak' di lumpur jadinya dia udah kan terkapar aja gitu nggak bisa kabur berenang-renang di air. Huft jadi inget memori lama yha.

Oke, pokoknya segitu dulu ceritaku kali ini! Selamat berpuasa ya semuanya!! Semoga puasa kita dilancarkan, dan buat yang cewe-cewe nih semoga utang puasa kita nggak banyak, aamiin! Semangat tetap masuk kuliah atau kerja juga hahaha. Babayy!

Bonus foto langit hari ini!