Sunday, May 31, 2020

Ramadhan yang Berbeda

Hai semua!

Nggak kerasa ya Ramadhan 2020 ini udah kita lewatin aja! Kerasa nggak sih kita puasa sebulan? Buat aku sih engga ya :( beda aja gitu suasananya. Ini semua karena kita lagi ada di masa pandemi virus covid-19 juga sih ya, jadi ya mau nggak mau kehidupan sehari-hari kita berubah. Tapi kalo dipikir-pikir, kira-kira kalau nggak ada virus ini, alias ya kehidupan kita normal berjalan seperti biasanya, Ramadhan ini bakal kerasa kayak Ramadhan sebelum-sebelumnya nggak ya?


Ah, sambil ngejawab pertanyaan di atas, kita coba kilas balik yuk, apa sih yang membuat Ramadhan tuh emang berasa banget gitu vibe "Ramadhan"nya? Kalo menurut aku pribadi, ada beberapa hal sih yang membuat Ramadhan tuh emang beda gitu kan dari bulan-bulan biasanya. Jadi dengan hal-hal ini tuh emang berasa aja gitu spesialnya, ada hal-hal yang cuma bisa kita lakuin di bulan Ramadhan, ya bisa aja si sebenernya kalo mau dilakuin di luar Ramadhan juga, tapi kan jadi beda aja nama dan suasananya :D

Pertama, kalo Ramadhan pasti ada banyak kegiatan kan ya, ini kita bahas dalam bidang pendidikan ya, entah sekolah atau perkuliahan, walaupun aku juga masih awam sih di masa perkuliahan mah hehe. Dulu pas aku kelas 5 SD tuh bakal ada sanlat selama Ramadhan, itu pertama kalinya nginep di sekolah dan ngabisin waktu dari sahur sampai shalat tarawih berjamaah di sekolah, jadi ya berkesan sih ya, apalagi buat aku yang susaaaaaaah banget buat makan! Hahaha ya ampun, bener-bener emang. Orang-orang bisa aja lahap pas sahur makan nasi dengan lauk yang ada, aku mah boro-boro, yang ada mual pagi-pagi harus udah makan nasi! Jadi dulu tuh aku udah langganan banget deh dikenal sama guru karena susah buat makannya :) Yak malah jadi curhat kan. Harusnya Khansa sekarang ada di masa-masa itu tuh, tapi dia nggak bisa deh ngerasain sanlat gitu di sekolah. Tapi aku baru tau loh, selama Ramadhan kemarin, saudara aku tuh ada sanlat online! Wow aku nggak kebayang itu gimana jadinya xD Ada juga kegiatan buka bersama yang diadain sekolah pas aku SMP dan SMA. Itu tiap kelas ngurusin sendiri kan buat bukanya tuh pake apa, ya sekedar kalo mau beli sop buah atau gorengan gitu, pokoknya itu disiapin sendiri, kalo makan besarnya mah udah disediain. Momen-momen itu kan kalo diinget lagi suka lucu aja. Ntar ribut pake uang siapa dulu pas beli (kalo uang kas udah nggak cukup gitu hahaha), pembagian siapa yang beli ini itu, dan yang paling penting sih mau belinya apa! Ya kan yang makan minum nggak cuma kita doang ya, tapi ada temen-temen yang lain juga. Tapi dulu kelas aku tuh entah suka kelewat santai atau gimana ya, jadi emang baru pada belinya kapan (mepet gitu), ntar kelas lain udah lengkap eh kita masih nunggu seseorang datang membawa pesanan hahaha. Terus nanti tiba-tiba suka ada surprise sendiri dari orang tua siapa gitu ngasihin makanan lebih buat kelas kita, ikut nyumbang juga gitu jadi bukan dari patungan kita doang, wah makin rame kan kalo gitu! Wah baru dua kegiatan yang aku ikut ceritain lagi aja udah panjang ya xD Ada nih satu lagi, yaitu program sahur/buka on the road! Dulu sih aku ikutnya yang buka, jadi kita ikut bagi-bagiin takjil di jalanan, misalnya gitu kan orang di jalan belom beli takjil eh keburu adzan, atau buat orang yang membutuhkan juga gitu. Ih berasa deh senengnya gitu, walaupun waktu itu aku cuma ikut turun ke jalan, tapi nggak bener-bener yang nangkring pinggir jalan langsung ngasih ke kendaraan yang lewat gitu, kenapa? Lupa sih, ya anggep aja karna suara aku kecil dan aku juga 'tidak terlalu tinggi', bayangin aja yang lewat truk, aku mau apa? :) Salah-salah dikira ngalangin hampir mau ketabrak kan malah nggak lucu.

Kedua, sholat tarawih berjamaah di mesjid! Ini kan hal yang bisa kita lakuin cuma di bulan Ramadhan, kalau selain itu mah yaudah masuknya ke shalat tahajud aja kan ya. Jadi bisa dibilang hal ini udah 'biasa' selama Ramadhan berlangsung. Buat hari-hari pertama puasa pasti mesjid penuh, nanti lama-kelamaan baru lebih lowong karena udah pada mau sholatnya di rumah aja kali ya, atau ada kegiatan-kegiatan lain di luar rumah. Suasana pergi ke mesjidnya bareng-bareng sekeluarga atau mungkin sama temen gitu, ntar di mesjidnya suka berisik anak kecil main lari-larian, belom lagi panasnya yang nggak kedapetan di dalem mah. Itu hal biasa, yang ternyata emang patut kita syukurin ya ternyata. Maksud aku, dengan kondisi kita saat ini kan hal tersebut nggak memungkinkan untuk dilaksanakan, kalaupun emang masih ada yang seperti itu pasti nggak kayak biasanya yang bakal rame banget gitu loh. Jadi, dengan nikmat yang sedikit dicabut sama Allah tuh ternyata berdampak banget buat kita, dan kita nggak bisa apa-apa buat ngubah hal tersebut. Ow bijak sekali :') tapi emang bener ya kan.

Ketiga, ini yang bikin hari-hari selama kita berpuasa tuh lebih riweuh karena harus mengatur jadwal dan segala macamnya, yaitu acara bukber! Tapi ini khusus buat ya bareng temen-temen, entah mau sekalian reuni TK, SD, SMP, SMA, atau kuliah, terserah masing-masing orang aja kan ya. Tapi kalau ada yang bener-bener full banget jadwal bukbernya, wah mantap, selamat! :D Tapi ini kan udah semacam kayak "rutinitas" yang dilakuin selama Ramadhan gitu kann. Coba buat kita-kita yang udah lulus sekolah, udah pada mencar masing-masing, kapan lagi bisa ketemu ngumpul bareng? Pasti juga udah susah karena pada punya rencana masing-masing, ntar bentrok, ada yang di luar kota, ada yang udah mudik, beuh ribet! Kalo bisa kumpul semua itu wah syukuuuurrr banget deh, karena dari kemarin mah aku pasti suka ada aja yang nggak ikut karena ada aja kendalanya. Kalo pas masih satu sekolah mah kan hampir masih satu frekuensilah ya kita tuh jadwal sehari-harinya xD Kalau ada bentrok ya paling dari keluarga, temen luar, temen dalem, ya banyak aja kalo gitu sih ujung-ujungnya :) Aku juga paling suka kalo bukber di rumah temen aja, pokoknya di rumah deh bukannya di mall atau tempat makan luar, karena lebih kerasa aja ngumpulnya. Terus lebih leluasa juga kan, nggak harus mikirin "wah makanannya udah abis, banyak yang ngantri di luar, ayo cabut" semacam itu. Mau pada ngomong abcdefgh pake suara toa juga nggak masalah, nggak akan ngeganggu orang lain kayak kalo kita kumpul di luar, paling ganggu temen sendiri ya kan, udah maklum juga harusnya, udah biasa. Poin pentingnya, 'harusnya' sih lebih terjangkau ya kann biaya makanan dan ongkos segala macemnya. Kalo di mall kan bisa aja jadi khilaf gitu eh masuk ke toko itu, toko ini, beli ini, beli itu, yah banyak deh. Pokoknya banyak godaannya ya. Buat yang suka ngumpul sampe malem banget juga nggak masalah, kecuali emang udah diusir sama tuan rumahnya hahaha.

Keempat, beli takjil sebelum maghrib! Kalo setelah maghrib mah keburu abis ya kan. Mau beli gorengan juga tinggal sisa-sisa. Pasti suka ada kan titik-titik yang kalo menjelang buka tuh bakal rameeeeeeeee banget, menimbulkan kemacetan yang tak terhindarkan, tapi ya tetep aja dijabanin kan keluar sore-sore, sekalian ngabuburit kalo bahasanya mah. Pasti waktu sore tuh udah ditunggu banget gitu kan buat keluar beli bukaan, itu juga semacam momen-momen yang cuma ada pas Ramadhan ini. Bulan Ramadhan emang bulan yang penuh berkah, apalagi buat pedagang-pedagang makanan minuman, mau yang biasanya sepi juga seenggaknya pasti ada yang beli! Kalo yang biasanya rame ya makin rame aja itu. Selama sebulan ini kita jadi bisa menemukan timun suri, yang kalo di kehidupan sehari-hari mah bakal jarang ya kan ditemuinnya? Eh sekarang mah berjejer sepanjang jalan. Stok kurma langsung berlimpah di supermarket, ntar suka tiba-tiba ada meja baru di depan komplek atau pinggir jalan buat orang yang tiba-tiba jualan selama Ramadhan ini. Wah banyak ya kan!

Kelima, iklan sirop sekolah aku! HAHAHAHA KETAWA. Biar nggak langsung nyebut merek gitu loh ceritanya. Kalo udah menjelang Ramadhan kan pasti iklan-iklan di TV bakal langsung geser gitu kan ganti yang baru, yang berbau Ramadhan gitu. Ntar iklannya juga bersambung sampe nyambung jadi satu cerita utuh. Tapi kalo ini mah pasti masih ada kan ya, gampang dijumpai, paling ya bentuknya aja yang lebih berbeda, yaitu orang-orang pake masker atau himbauan biar di rumah aja. Ini lebih ke iklan pas mau menjelang lebaran sih hehehe. Oke intinya ada iklan-iklan yang tertentu yang emang hadir selama Ramadhan aja.

Hmm itu sih yang aku pikirin sekarang, kalo ada yang lain ya ditambahin sendiri aja ya! Yang pasti di bulan Ramadhan ini tuh berasa banget kekeluargaannya, entah karena bisa ngumpul gitu pas bukber, atau ya di rumah aja gitu bareng-bareng sahur terus nyiapin buka juga. Mungkin emang nggak semua orang bisa dikasih kesempatan untuk merasakan hal tersebut, karena ya banyak kan pasti di luar sana yang orang tersayangnya udah dipanggil terlebih dahulu. Tapi kalau urusan itu mah emang tergantung waktu kita masing-masing aja kan ya, kita nanti juga pasti ngalamin.

Nah, di Ramadhan tahun ini tuh beda banget kan. Banyak nikmat yang diambil sedikit sama Allah hingga kita nggak bisa ngerasainnya lagi. Kalau mau berkaca di poin-poin yang tadi aku sebutin mah, kan berarti nomer satu nggak bisa, kalau bisa juga ya palingan online yang aku juga nggak ngerti itu teknisnya gimana? Nomer dua juga nggak bisa karena udah ada anjuran buat di rumah aja kan. Nomer tiga juga nggak bisa, tapi aku nggak tau sih selama Ramadhan kemarin masih ada yang bukber walau di rumah gitu apa enggak, mungkin ada aja sih, tapi kalau aku sih nggak ada alias bener-bener di rumah aja aku tu hahaha. Nomer empat ya masih bisa deh ya walaupun nggak serame biasanya. Aku tuh selama di rumah aja ngira di luar tuh sepi gitu loh, tapi ternyata engga! Waktu itu sempet kan sekeluarga naik mobil buat beli bukaan sama mau ambil pesenan kue gitu, itu juga masing-masing tetep pake masker dan dijarak duduknya di mobil. Itu perdana banget aku melihat dunia luar setelah entah berapa lama diem aja di rumah :'D Tapi ya ternyata emang tetep aja ya kayak gitu. Jalanan masih ada yang jelek, titik yang biasa macet juga padet, tempat makan juga rame dominan gojek grab gitu yang order. Namanya juga hidup sih ya, kan tetep harus berjalan mau gimana pun juga. Terakhir, nomer lima ya pasti masih ada lah ya dengan segala rombakan dan tambahan di iklannya hahaha.

Tapi nih, daritadi kan kita ngebahas kayaknya tuh jeleknya terus, gaenaknya terus, ada nggak sih hal bagus yang bisa kita ambil di situasi kayak ini? Sebenernya ya mau nggak mau kita harus nyari sendiri dong ya sisi positif dari keadaan ini, karena kalau nggak malah stress sendiri ntar karena kayak nggak ada gitu secuil pun kebahagiaan yang kita dapet sekarang. Padahal mah kalau kita mau lebih terbuka sama sekitar kita ya ada aja dong ya hal yang bisa kita syukurin. Just open your mind and your heart a little, you will see some happiness around you. ASIK. Kalau salah maafin ya, namanya juga masih belajar hehe.

Yuk kita bahas salah satu hal positif yang bisa kita ambil di Ramadhan tapi dengan kondisi yang berbeda ini. Waktu itu aku liat salah satu post instagram Zaskia Adya Mecca, disitu dia ceritain tentang ya semacam hal bagus yang kita ambil dari kondisi kayak sekarang. Jadi dia kan punya banyak anak yang mayoritasnya masih pada kecil, nah di bulan Ramadhan ini anak-anaknya juga udah mulai pada puasa juga kan, walaupun ada yang masih kecil banget ya sambil belajar aja gitu. Zaskia bilang, kok di bulan Ramadhan ini mereka kayak lebih gampang gitu puasanya, nggak rewel juga, bahagia-bahagia aja, dan bisa lancar aja gitu. Nah dibilang lagi, ini bisa jadi karena mereka nggak ada sekolah, ya mungkin ada aja sih online, tapi dia sendiri nggak maksa banget anaknya buat belajar, apalagi buat absennya yang suka pagi-pagi, kadang dibiarin lewat aja, yang penting nanti tugasnya dikerjain gitu. Jadi bisa dibilang lebih ke nggak berangkat sekolahnya sih, itu yang suka bikin capek kan, apalagi kalau masih anak-anak. Kan kalau tetep berangkat sekolah kayak biasa mah nanti abis sahur tuh paling cuma ada waktu berapa jam, bahkan menit, sampe akhirnya harus siap-siap buat berangkat, itu pasti masih suka pada ngantuk kan. Terus belom lagi kalo cuacanya terik dan bikin haus. Nanti di sekolah belajarnya juga pasti kan mikir ya kalau yang emang beneran belajar mah, kan bikin capek juga gitu. Jadi intinya ya dengan keadaan ini lebih meringankan aja gitu beban anak-anak yang biasanya bakal capek duluan belom juga setengah hari puasa. Kalau dipikir-pikir bener juga sih ya. Kita juga bisa lebih fokus ke ibadahnya gitu dengan nggak banyaknya tugas yang dikasih sekolah, TAPI NGGAK GITU JUGA SIH. Tetep aja aku mah banyak tugas :) di luar sana juga banyak yang kayak gitu. Oke, intinya ada hal positif yang bisa kita ambil kan, plus itu juga emang udah testimoni real gitu dari seorang ibu yang punya banyak anak.

Wah maaf ya kurang jelas kualitas fotonya. Ini post instagram yang aku maksud itu ya!

Sebenernya masih panjang lagi caption nya, tapi poin yang mau aku sampein udah ada kok disitu

Sebenernya di Ramadhan tahun ini juga kita lebih dapet gitu ngumpul sama keluarganya. Umm nggak berlaku buat semuanya juga sih, ada yang nggak bisa pulang dan masih bertahan di kost-an, ya nggak sih? Ini juga masuknya ke keluarga kecil di rumah aja sih, kalo ngumpul keluarga besar mah kan susah ya, apalagi yang di luar kota. Ini juga sih yang ngebedain Ramadhan tahun ini. Biasanya tuh ntar ada weekend minggu ke berapa keluarga aku ke Bandung atau Sumedang, jadi ngerasain kan puasa disana, ntah di rumah enin atau di rumah tante. Maksud aku disini tuh kan karena kita di rumah aja, nggak boleh pergi-pergi kan kalau nggak perlu mah, jadi hampir tiap hari dari pagi sampe ketemu pagi lagi ketemu kan sama ayah, bunda, atau kaka-adek kita. Biasanya ayah pergi ke kantor kan, ntar bisa suatu waktu sempet ikut buka di rumah, bisa juga ayah keburu buka di jalan, bisa juga ayah ada bukber sama temen-temennya. Begitu juga aku sama Rai, bisa aja ntar suatu waktu ada bukber di luar, tapi kan sekarang kita bener-bener di rumah tuh.

Oiya, untuk mengobati kekangenan kita sama saudara tuh jadinya kita sering video call gitu. Kalau lagi bener-bener gabut atau ada aja yang diomongin, beuh itu bisa kali ya sehari berapa kali video call. Bisa pagi menjelang siang, terus siangnya, abis itu sorenya sambil liat masing-masing pada nyiapin apa buat bukaan. Hahahaha. Saudara aku tuh, Shaqila, dia kerjaannya masaaaak mulu, mana enak-enak katanya, kan jadi pengen ya ke Bandung lagi buat nyicipin wkwk :( Bener-bener itu hidangan apa aja dibikin ama dia, dari kue tiramisu gitu, chicken salted egg, kue-kue yang biasa buat lebaran, apa lagi ya, aku nggak inget semua juga sih hahaha. Intinya selama di rumah dan Ramadhan ini entah udah berapa masakan yang berhasil dia buat sendiri. Kalau sama Hauna mah kita heboh ngomongin webtoon! Wah asli ini mah, emosi dibuat naik-turun bacanya. Jadi kita kalo cerita tuh menggebu-gebu, apalagi kalo ceritanya bener-bener kayak "wah" gitu, terus kita nebak-nebak jalan ceritanya, yaa begitulah. Soalnya biasanya kan bakal sering ya kita nengok ke Bandung gitu, atau ntar janjian kumpul di Sumedang, eh ini jadi misah semua.

Kemarin juga sempet sih pas puasa itu bunda lagi nggak enak badan, jadi aku tuh udah kayak gantiin posisi bunda gitu. Pas bangun sahur ya aku nyiapin sahur buat yang lain dulu, ya cuma sekedar misal ayah bikinin mie, Khansa bikinin susu atau sereal, kalo Rai mah dia mandiri ya hahaha, udah nggak kayak dulu lagi. Baru deh aku yang sahur, abis itu aku beresin semuanya wkwkwk. Kalo pas buka puasanya sih biasanya beli makanan aja di luar. Itu juga belom aku beres-beres rumah segala macemnya kan, dan yang terpenting, tugas kuliah masih jalan :)) tapi yaudah ya, aku jalanin aja, toh lama-lama juga kebiasa. Niatin aja ibadah, siapa tau dapet pahala hehe.


Tapi beneran deh, puasa tahun ini tuh se-nggak-berasa itu. Tiba-tiba udah sepuluh hari terakhir, terus besoknya lebaran. Kayak nggak ada tanda apa-apa eh udah selesai aja kita puasa sebulan? Wow. Emang sih aku sendiri ngerasa makin tahun tuh puasa jadi kayak nggak kayak dulu lagi pas aku masih SD atau SMP gitu. Dulu kan kalo sahur atau buka nangkring banget tuh nontonin "Para Pencari Tuhan" dan masih seru juga gitu, kalo sekarang kan udah nggak ngikutin karena udah beda juga pemainnya, jalan ceritanya juga kali ya, nggak tau juga sih aku. Pokoknya ada sesuatu yang bikin Ramadhan dulu tuh "wah" gitu, tapi aku nggak tau apa. Apa karena perkembangan zaman juga ya? Kan makin tahun teknologi juga bener-bener berkembang pesat ya dan akhirnya mempermudah komunikasi kita juga gitu. Mungkin emang ada hal baru yang kita dapatkan, sebuah kemudahan contohnya, tapi ada juga yang hilang dari kita, ntah itu apa.

Ah ya, kemarin juga aku sempet tuh beli dimsum yang dijual sama salah satu temen aku, yaitu Akbar! Tumbenan banget gitu kan dia nge chat aku, gataunya nawarin dimsum. Pas pertama ditawarin sih aku nggak langsung nerima karena pas banget itu bunda lagi sakit. Akhirnya beberapa hari kemudian aku chat Akbar lagi deh buat mesen dimsumnya, nanti dia yang anterin sendiri ke rumah aku. Fleksibel juga sih dianternya, waktu itu sempet diundur karena dia lagi banyak tugas hahaha, emang ya tugas tuh :( Tapi nih ya, pas akhirnya hari yang dia mau nganterin dimsumnya, kan malem atau paginya tuh dia nggak ada chat apa-apa, dia akhirnya ngechat juga bilang mau ke rumah siangan tapi itu aku lagi tidur!! Bener-bener aku nggak baca chatnya. Oh itu juga karena hp nya aku tinggal ngecas di kamar bawah juga, sedangkan aku di kamar atas ketiduran. Jadilah itu tiba-tiba aku kebangun karena dipanggil bunda, mamanya Akbar nelpon kalau Akbar udah di depan rumah :') itu posisinya aku baru bangun tidur dan belom mandi juga, aw :)) Akhirnya aku keluar rumah seadanya aja gitu kan, semoga nggak kecium ya Bar aku bau-bau belom mandi gitu, siapa tau masih wangi :( Dia naik mobil ternyata, aku kira dia udah kepanasan aja nunggu depan rumah pake motor wkwkwk. Pas aku ngecek hp, wah udah banyak chat dan telpon dari dia, maaf ya Bar :"

Yaa begitulah Ramadhan tahun ini. Dengan segala keterbatasan yang ada di tengah pandemi ini, semoga aja itu menjadikan puasa kita lebih berarti ya. Kalau kita mau ngeluh terus kan nggak ada abisnya ntar yang ada, padahal di luar sana banyak orang yang berjuang lebih dari kita yang di rumah. Biasanya puasa sambil sekolah aja udah capek kan buat kita, apalagi buat tim medis yang harus pake perlengkapan lengkap buat ngelindungin diri dari virus itu, udah sesek, panas, lagi puasa juga, dan harus nanganin banyak pasien. Kebayang nggak sih capeknya? :(

Terakhir nih, semoga kita bisa ketemu Ramadhan selanjutnya ya! Tentunya dengan kondisi yang in shaa Allah bisa jauh lebih baik lagi. Masih bisa berkumpul dengan keluarga yang lengkap. Itu nikmat yang kadang suka kita lupakan, tapi pas udah diambil bakal berasa banget kehilangannya. Aku bersyukur banget sih, kita jadi banyak dapet pelajaran kan di tengah kondisi gini. Makin diingetin aja gitu betapa kecilnya kita di bumi ini.


Terima kasih udah baca postingan aku ya! Ditunggu postingan selanjutnya walaupun aku suka-suka ngetiknya hehe :(

See you!

No comments: