Tuesday, June 9, 2020

Lebaran di Rumah

Halo!

Setelah kemarin aku cerita soal Ramadhan tahun ini yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sekarang ini aku mau cerita gimana lebaran tahun ini juga beda dari yang lain. Jadi dari pemerintah emang udah ada himbauan gitu kan biar nggak sholat ied di mesjid, tapi di rumah masing-masing aja. Tapi kayaknya kemarin karena kondisinya juga udah lebih membaik hingga akhirnya ada beberapa tempat yang digelar sholat ied disana, tapi dengan catatan ya berjarak juga, dan kayaknya lebih dikit juga deh yang ikut karena kan banyak juga yang lebih milih sholat di rumah aja. 

Hal penting lainnya, karena kita nggak diperbolehkan mudik kan, jadinya kita ya tetep di rumah aja. Kayaknya udah lama banget deh dari terakhir kita lebaran di Bekasi, bukan mudik ke Bandung atau Sumedang gitu. Paling kalo kita pernah sholat ied disini tuh pas Idul Adha, kalo buat lebaran Idul Fitru sendiri entah deh aku lupa kapan terakhir kita disini aja, atau jangan-jangan nggak pernah ya? Entahlah. Kebanyakan kita emang di Bandung atau Sumedang sih, bergilir gitu maksudnya. Misal tahun kemarin udah hari pertama di Bandung, nah tahun berikutnya di Sumedang. Berhubung juga deket kan ya Bandung-Sumedang mah, jadi ya hari berikutnya kita pergi ke tempat saudara lain, jadi sebenernya kita masih bisa ngumpul di dua keluarga, mau yang Bandung atau Sumedang, tapi ini lebih ke dimana kita bakal sholat ied-nya gitu. Tapi kita lebih sering di Bandung deh, kumpul di keluarga ayah, soalnya kalo keluarga bunda tuh seringnya tante lebaran di Solo, kampung halaman om. 

Lebaran di Bekasi, lebih tepatnya malah bener-bener di rumah aja, bukannya yang ke mesjid juga gitu kan, jadi pengalaman tersendiri ya buat kita. Pengalaman baru yang ya yaudah kita jalanin aja kan, toh siapa tau emang sekali seumur hidup (alias tahun depan keadaan udah jauh lebih membaik). Sebelum ini aku sendiri ada pengalaman menarik lainnya, yaitu kita sholat ied di rest area! Hahahaha. Aku lupa sih ini Idul Fitri atau Idul Adha, soalnya kalo lebaran Idul Fitri mah kita udah mudik di malam takbiran karena menghindari macet, bukan pas banget paginya gitu baru berangkat, jadi kemungkinan besar pas Idul Adha sih, tapi aku masih nggak yakin juga hehe. Intinya itu hal baru juga kan sholat ied-nya di rest area km 57 yang mesjidnya emang lumayan besar dan ternyata rame loh alias ya banyak orang yang kayak kita gini, udah menargetkan berangkat dari subuh dan biarin aja mau sholat ied di rest area juga haha xD 
Nah balik lagi ke lebaran kemarin. Dari keluarga aku sendiri nggak ada yang mudik kemana-mana, tante juga nggak ke Solo. Agak sayang sih ya pas kayak gini eh malah nggak bisa ngumpul :( tapi sama aja sih kayaknya, kalo keadaan normal kayak biasa mah tante udah ke Solo kali hahaha. Oke mari kita cerita gimana sih lebaran ala keluarga aku yang di rumah aja? Let's go!

Kebetulan banget pas hari-H itu aku lagi 'halangan', jadi emang nggak bisa ikut sholat ied-nya. Agak nyesek gitu ya, kayaknya emang begitu deh jadwal aku, suka nggak kebagian buat sholat ied karena keburu halangan lagi :") Otomatis deh, pas paginya aku dibangunin itu, wah zimzalabim yang lain udah pada siap semua! Udah pada mandi dan wangi, sedangkan aku masih ngumpulin kesadaran dan merem-merem karena masih ngantuk. Tetep deh aku disuruh mandi pagi-pagi dan siap-siap pake baju rapi mana aja yang ada di lemari buat kita foto. Tapi alhamdulillah sih, karena ini kita lebaran di rumah aja jadinya kan aku nggak diburu-buru banget. Tinggal tau diri aja kitanya, ngebiarin yang lain nunggu lama sampe kita siap apa nggak :) Oh iya, ternyata di mesjid komplek rumah aku itu ada sholat ied juga! Tapi kita tetep milih buat di rumah aja sih. 

Keluarga aku sholat ied-nya di garasi. Sebenernya bisa sih di ruang tengah atau di saung (nggak saung juga sih bentukannya) yang emang sebenernya dibuat khusus buat sholat, tapi pada milih di garasi, biar lebih luas juga sih kayaknya. Pas aku udah mau mandi, kedengeran tuh di luar ayah lagi jadi imam. Itu aku juga mandi setelah bimbang harus mandi dulu atau nyetrika bajunya dulu hahaha. Belom lagi aku bingung mau pake baju yang mana :) Awalnya bunda tuh udah bilang janjian pake baju biru gitu kan, eh pas aku bangun udah pada bervariasi aja tuh baju xD Katanya sih bunda males nyetrika baju, padahal aku mah mau pake baju apa aja juga harus disetrika dulu karena udah pasti kusut kan. Oh ya, di garasi itu pas aku nengok dari jendela kamar udah siap aja tuh sajadah digelar dan kipas angin yang dipindahin dulu kesana, biar nggak kepanasan banget gitu kan. Oke balik lagi, pas aku udah selesai mandi, tapi masih di kamar mandi, kedengeran tuh suara ayah kayak lagi khotbah. Oke awalnya aku nggak tau kalo sampe khotbah juga karena aku kira ya jadi imam aja gitu, tapi kan ya emang harus gitu ya haha, jadi ya oke deh. Baru deh abis itu aku nyetrika baju sama kerudung yang mau aku pake, itu juga udah ditungguin karena udah pada selesai kan sholatnya. Abis itu aku langsung ceoet-cepet ganti baju dan bersiap buat foto! 

Ada untungnya juga nih kita lebaran di rumah. Kenapa? Kita jadi bisa meng-explore spot-spot bagus buat foto hahaha. Tapi kita fotonya pake hp aja sih, kalo pake kamera ribet harus mindah-mindahinnya lagi :) Pertama, kita foto di garasi dengan backround pintu pager yang dalem. Konsepnya ini nyebar, jauh-jauhan, kayak ya ayah sama bunda di belakang, anak-anak di depannya tapi ya Rai nyender di tembok kiri, Khansa di tembok kanan, aku yaudah jadi pusat perhatian aja tuh di tengah hahaha. Mana ada yang aku iseng banget lagi kan, yang lain mah pada berdiri sedangkan aku jongkok sendiri, mantap :) Kedua, kita foto di tangga mau ke atap. Keliatannya bagus aja gitu, tapi karena udah lebih siang juga jadi cahayanya udah sangat over haha. Ini aku suka ngide juga, hadeh, yang lain pada anteng aja duduk di anak tangganya, atau Khansa mah di paling atas berdiri, kalo aku? Duduk di pinggiran tangga :) Nggak ada takut-takutnya, padahal itu bisa aja jatoh :) 

Kita ganti tempat lagi abis itu. Untung aja Rai lagi dalam mood yang bagus alias nggak masalah mau dibawa kemana aja nyoba berbagai spot foto haha. Buat yang ketiga ini agak susah dijelasin sih. Ini tempatnya ya bisa dibilang balkon, tapi ada temboknya gitu kan (iyalah) yang membuat aku kepikiran buat foto disitu dengan pose 'ngumpet' atau peek a boo, terserah mau dibilangnya apa. Tapi yang pose kayak gitu cuma aku sama Khansa doang :'D Ayah, bunda, sama Rai mah berdiri aja. Keempat, kita foto di jalan yang ngehubungin balkon itu sama buat jalan ke atap, anggep aja gitu karena aku susah jelasinnya hehe. Asli, disini cahaya mataharinya kena banget haha, jadinya kita pose juga dengan ya nutupin mata biar nggak silau-silau banget, bisa dibilang ya ini lebih ke gaya bebas. Oke terakhir! Kita foto di wilayah atap hahaha. Tapi ini ada yang backroundnya atap, ada juga yang kita di pinggir tembok satunya lagi. Sebenernya aku ngusulin tuh buat foto ala-ala yang hp ditaro bawah terus kita munculin kepala kita aja gitu di masing-masing sisi hp, jadi cuma ada kepala kita sama langit sebagai backroundnya, eh nggak jadi deh haha keburu pada mau turun. Itu juga karena pas disana ada om nelpon ayah, tante video call bunda atau Khansa, sampe akhirnya ayah ada telpon dari temennya gitu mungkin (atau nggak ya hehe, aku lupa), jadi disudahi deh sesi foto kitaa~ Padahal langit lagi bagus gitu kan biru jernih :( oke gapapa, setelah ini juga storage hp aku menangis karena dikirimin banyak foto lagi.

 Ini dia yang aku maksud peek a boo pose HAHAHA at least i tried :)
 Silauuu! hahaha tapi jadi lucu juga loh fotonya
Bagus kan ya langitnya hihi

Eits ternyata itu belom terakhir hahaha, aku baru inget lagi! Jadi setelah kita foto di bagian dalem sama atas tuh, kita pindah ke depan deh alias ke tempat deket kolam ikan, taman kecil yang di depan, sama teras butik. Kalo dihitung sih berarti kita foto di........ bentar aku ngitung dulu....... delapan spot yang berbeda hahaha. Lumayan deh ya jadi ada stok di rumah :D Biasanya kan banyak foto tuh kalo lagi liburan kemana, eh di rumah sendiri malah nggak ada :( padahal rumah ini tuh udah ada banyaaaak banget perubahannya karena kita sering renov rumah kan, sampe temen aku mah bingung gitu kapan kelarnya :'D Nah udah nih beneran selesai kita foto-fotonya hehe.

Ini satu dari tiga spot di bagian depan yang kita foto-foto hihi

Udah bubar jalan kan nih ceritanya, tapi belom selesai ternyata. Ada sesi berjumpa via video call dulu kan yaa hahaha. Biasanya kalo video call sama tante, Hauna, Shaqila mah kan bebas ya, mau pake baju apa atau pake kerudung apa nggak, tapi ini kan mau sekeluarga besar ayah, jadi yakalii udah ganti baju aja. Bunda yang awalnya udah masuk kamar ganti baju, eh ganti bajunya lagi deh wkwkwk. Awalnya itu kita video call dari laptop ayah kan, terus sama ayah dihubungin gitu ke TV biar bisa lebih gede. Tapi berhubung jarak antara TV sama cahaya bagus yang ada di sofa itu lumayan jauh, yang menyebabkan gambar kita jadinya lebih gelap tuh, jadinya ayah mutusin sambungan ke TV-nya dan kita dari laptop aja, jadi laptopnya lebih di deketin ke kita gitu, ditaro di atas kursi biar masuk juga kita sekeluarga dalam frame hahaha. 

Sesi video call kita hampir sama kayak kalo lebaran di rumah enin aja sih ini. Ngumpul-ngumpul gitu kan, ngobrol, terus ntar aki sama enin ngomong, anak-anaknya pada gantian ngomong juga, yang kurang cuma ya biasanya kita sungkeman tuh sama ya makan-makan hahaha. Gimana coba caranya sungkeman online, itu mah udah di balik layar aja ya terserah kita mau apa nggak xD Ada cerita lucunya nih. Pas giliran ayah yang ngomong tuh malah udah kayak ngasih yel-yel aja tau nggak hahaha. Aku lupa sih tepatnya gimana, tapi kurang lebih gini nih, 

Ayah: "kami segenap keluarga dieng mengucapkan-"
Bunda: "jangan keluarga dieng atuh yah, haraikha aja" 
Oke diganti kan tuh.
Ayah: "kami segenap keluarga haraikha mengucapkan-"
ALL: "MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN"
*sambil tangannya nyatu depan dada gitu kan*

Abis itu ketawa HAHAHAHAHA. Uncle Opik nyeletuk "wah udah kayak yel-yel aja nih, kita bikin juga apa ya" karena abis ayah kan giliran Uncle Opik tuh xD Selanjutnya mah yang ngomong ayah aja, kita mah dengerin aja kan. Ayah ngomong kayak ya walaupun kondisinya gini, alhamdulillah kita masih bisa ngumpul lewat video call, abis itu udah kayak promosi IndiHome HAHAHA soalnya bilang kayak "berkat IndiHome kita bisa ngumpul kayak gini" karena kita video call pake U Meet Me. Tapi bukan ayah doang sih kayaknya yang bilang gitu, yang lain juga. Tapi aku jadi kepikiran juga deh ini sambil ngetik, keinget lagi sih maksudnya, berarti pas Idul Fitri kemarin banyak kan yang pada video call sama keluarganya, kehitungnya udah banyaaaaaaaaak banget, satu keluarga aja ngehubunginnya berapa keluarga kan. Itu berarti kan besar gitu loh internet yang dipake(?), apa sih bahasanya aku gatau :( pokoknya gitu. Jadi ini keadaan lain dimana ayah dan kawan-kawannya harus siap siaga mantau jaringan internet, sebelumnya ada tuh kan pas mulai diberlakuin UTBK online, terus juga sekarang pada serba online, yang sekolah, kuliah, sampe kerja. Dikira bakal lancar gitu aja kalo yang make sebanyak itu haha :( 

Kita lumayan lama sih itu video call-nya. Soalnya kan nunggu lengkap juga gitu, tapi akhirnya kurang Wa Rika juga sih karna katanya kecapean. Tapi aku seneng-seneng aja hehe, apalagi pas di layar muncul Hafidz sama Jihan hahaha langsung heboh manggil-manggilin mereka abis itu dadah-dadah xD Hafidz suka ngedeketin layar tuh sambil siap-siap sama kameranya dia, aku langsung respon "Hafidz mau foto aku? Nih aku pose ya" abis itu aku pose-pose HAHA HASNA :(( Eits jangan lupa, biar ada foto bersama dan hasilnya bagus jadi aku screenshot dulu sambil kita semua pada pose :D Selesai deh, abis itu bubar jalan. Ayah langsung ambil pesenan sate kita xD Baru deh kita makan-makan sate. Kita pas lebaran kemarin mesen sate aja sih biar nggak ribet, bunda juga bukannya yang masak macem-macem kayak orang-orang kan pada makan kupat sayur, opor, rendang, dan kawan-kawannya. Aku lupa sih, kayaknya ada makanan lain selain sate, tapi gatau deh hehe intinya kita makan sate aja udah kayak Idul Adha =D 

Baru deh abis itu kita pada ganti baju!! Hahaha gerah juga kan ya. Kita makan-makan, terus ngadem di kamar biar pake AC. Udah deh abis itu enak banget kan, kenyang terus adem, setelah itu terbitlah? Ngantuk :) Pada pules deh bobo. Ini bener-bener lebaran yang sederhana banget, sekedar di rumah aja kan ya. Enak banget asli tidurnya. Malah nggak begitu berasa ya lebarannya hahaha karena udah kayak sehari-hari di rumah aja gitu. Abis itu kita video call bareng tante sama ua juga yang ada di Sumedang. Kalo yang ini mah udah kayak video call biasa aja, sambil masih tiduran juga, baru bangun tidur, di kamar walaupun agak gelap juga haha. 

Selamat lebaran dari kita!! 

Begitu aja deh kayaknya cerita hari lebaran aku kemarin. Emang bener-bener di rumah aja. Di luar sana pasti ada beranekaragam cara orang buat ngerayain lebaran itu kan. Kalo aku liat tuh ada yang mereka berkunjung ke rumah saudaranya, tapi cuma sekedar ketemu di pager atau masuk ke teras gitu doang(?), cuma salam-salam an terus lanjut lagi ke tujuan selanjutnya. Jadi emang bukannya yang ngumpul lama di dalem rumah gitu, sekedar ketemu aja walaupun say 'hi' dari jendela mobil, tapi lucu sih itu, pengalaman baru haha. Mungkin ada juga yang sekedar keliling di lingkungan rumahnya aja, ke sesama tetangga, mumpung pada nggak pulang kampung kan ya jadinya bisa ketemu. Tapi yang pasti sih kebanyakan, atau hampir semua, pada video call ke sesama keluarganya. Walaupun sama, tapi tiap keluarga suka ada aja uniknya, kreatifnya sendiri-sendiri. Aku liat keluarga temen aku tuh bikin video gitu, jadi per keluarga bikin video, kayak ntar ngasih liat tulisan apa, terus kayak ngasihin kertasnya lagi, tapi itu dilanjut ke keluarga selanjutnya, ya udah semacam kayak yang brush challenge di tiktok itu. Oke aku minta maaf kalo namanya salah karena aku gatau hehe :) pokoknya begitu. Lucu aja gitu kan kayak kepikiran aja? Waw. 

Oh ya ada nih satu cerita lucu! Jadi itu kan aku lagi di kamar ya tiduran aja, tiba-tiba ada yang nelpon aku dong?? Tapi kayak tumben aja gitu karena sebelumnya nggak pernah nelpon, apalagi ini lagi lebaran yang aku kira mah bakal ngumpul sama keluarga masing-masing gitu kan? Jadi pas aku liat ada telpon tuh nggak langsung aku angkat, aku tunggu dulu gitu karena kali aja kan itu tuh kepencet jadi nggak lama bakal dimatiin sendiri, eh gataunya nggak dong itu masih berdering aja? Yaudah deh aku angkat. Nggak taunyaaaa, dia emang sengaja nelpon karena dia gabut. Yap benar, G A B U T. Kasian banget anak orang :( Dia nanya-nanya kayak "Hasna lagi ngapain?" "udah makan belom?" "eh Na udah diucapin belom sama blablabla" ujung-ujungnya malah kayak mau gibah :)) WKWKWK CANDA LIN. Tapi itu cuma bentar doang telponannya, durasinya cuma 2 menit 44 detik hahaha. Itu karena sama yang bersangkutan udah dimatiin lagi karena nggak enak takut ganggu, padahal aku juga cuma tiduran doang itu. Buat yang bertanya-tanya siapakah oknum tersebut? Dia adalah teman kampus aku yang bernamaa *jengjengjeng* LINDA! Selamat Linda kamu debut di blog aku :D Aku sudah mulai memasuki halaman baru dengan orang baru yang berarti akan ada nama-nama baru muncul di post blog ini hahaha. Tenang, nggak akan macem-macem banget kan ya di blog aku mah, kecuali ya temen aku yang udah dari SMP sampe SMA yang udah tertanam foto semacam before and after mereka xD Sampe aku udah di protes, tapi kan biar keliatan kan ya kita semua tuh udah makin gede :( lagian pas SMP pada lucu-lucu, masih polos hahaha.

Gitu aja sih lebaran aku mah. Pas hari pertama lebaran ya paling yang bedain kan pagi-paginya aja ya, harus bangun pagi, terus mau foto-foto, abis itu kumpul keluarga. Setelah itu mah yaudah kayak biasa aja. Besoknya juga yang mungkin orang-orang mah masih berasa banget gitu vibe lebarannya, ya aku mah udah beres-beres rumah aja tuh haha :') nyedot debu, ngepel, jemur, nyetrika, bener-bener udah kayak hari biasa aja. Kapan lagi coba kan lebaran kayak gini :) kalo di Bandung atau Sumedang mah aku masih bisa leha-leha :'D 

Okey, segitu cerita aku kali ini! Dibalik semua keterbatasan dan kekurangan yang dirasakan di lebaran tahun ini, aku ngerti banget kalo aku masih beruntung bisa kumpul keluarga bareng gini, karena ada juga yang nggak bisa begitu merasakan hal tersebut kan. Kalau mau berkeluh kesah ya tetep boleh, toh itu hak tiap orang, tapi lebih baik kalau emang mau curhat ya sama orang terdekat aja dan nggak perlu diumbar-umbar, karena kita nggak pernah tau juga kan apa yang dirasain oleh orang lain terhadap cerita kita tersebut. Kalau mau bahas hal beginian bakal panjang sih buat aku hahaha, jadi kita cukupkan sampai sini aja ya! 

Sampai bertemu di post aku selanjutnya :D

No comments: