Wednesday, August 31, 2022

Kilas Balik Sidang PI

 Hai hai!

Aku mau cerita 'di balik panggung' nya sidang PI aku kemarin. Ini personal cerita aku aja ya, jadi mungkin buat kalian yang lagi nyari informasi buat sidang PI nih, jangan jadiin ini sebagai patokan penuh kalian ya. Kalau dijadiin gambaran aja ya nggak apa-apa, toh disini aku lebih mau ceritain kesan sidang kemarin dan juga euphoria yang aku rasain selama proses sidang PI ini. Lumayan juga kan jadi kenang-kenangan, nggak ada yang tau juga kira-kira beberapa tahun mendatang tuh aku masih inget atau nggak sama momen ini, ya kan? 

Oke, sebelum kita masuk ke hari H di mana aku melaksanakan sidang PI ini, aku mau bahas sedikit proses penulisan PI-nya kayak gimana. Buat yang masih bingung, PI tuh apa sih? Jadi PI ini singkatan dari Penulisan Ilmiah. Kalau di kampus lain mungkin ada yang namanya sempro dll, nah itu tuh sama aja ya. Jadi yaa serupa tapi tak sama. Untuk prosesnya sendiri sih pastinya dimulai dari pembagian dosen pembimbing. Rasanya pas udah keluar daftar nama kita beserta dosen pembimbingnya tuh kayak 'wow, real ya ini" "beneran udah mau PI ya kita ini". Apalagi buat aku dan temen-temen seperbimbingan yang dapet dosennya tuh dosen 'asing' yang kita nggak pernah tau namanya dan juga nggak pernah diajar sama beliau. Tapi kan yaudah ya, jalanin dulu aja gitu. Ibunya juga sebenernya baik kok, cuma pas masa bimbingan mah karena kitanya juga lagi ada 'tanggungan' harus nyelesein PI dan masih yang belum kenal banget sama ibunya, jadi ya agak gimanaaa gitu. Tapi pas di akhir yang kita mau minta tanda tangan ibunya kan ketemu langsung tuh di kampus (karena selama bimbingan ini kita full online), nah baru deh makin ngerasa kalau ibunya tuh emang baik dan jauh lebih muda aja gitu. 

Setelah pembagian dospem, mulai dibentuk tuh grup di whatsapp. Terus foto grup kita juga diganti sama ibunya. Dan ini nih!! Reaksi aku dan temen-temen yang lain? Yaa kaget dan lucu sendiri aja deh, berasa mau menangis tapi sambil menertawai diri sendiri gitu loh :'D Kayak, nasib kita ke depannya bakal gimana ya. Tapi pergantian foto grup itu emang akan selalu iconic buat kita sih, atau seenggaknya buat aku. Terkenang sepanjang waktu. Sampe dijadiin sticker di whatsapp juga, biar kalau udah mulai berasa puyeng, misuh, takutnya langsung keluarkan senjata handal kita!! 

Setelah itu baru deh dijadwalin kapan kita mulai bimbingannya. Kalau awal-awal kita masih via gmeet buat ngebahas judul. Wah, pas saat itu mah... Belum apa-apa udah berasa sulit aja gitu. Apalagi kalau dari ibunya ini kita dikasih pilihan variabel gitu biar kita nggak ambil variabel yang jenuh. Sebenernya enak sih karena kita ya tinggal nyari juga aja kan jurnal yang mendukung, fenomenanya dll. Tapi pas aku cari satu-satu variabelnya tuh emang belum banyak yang neliti, jadinya kan cukup susah juga ya karena kita terbatas di referensinya gitu. Jadi ibunya tuh emang mau kita ambil variabel yang unik, dan sebenernya bagus juga kan, cuma ya kita nggak mau yang mempersulit diri juga kan ya T_T Pokoknya pas masa-masa nentuin judul ini aku cukup struggle juga buat akhirnya dapet yang bener-bener "oke, boleh dilanjut ke bab 1" dari ibunya. Awalnya aku ambil forgiveness dan kualitas hubungan, tapi variabel final aku akhirnya komitmen pernikahan dan kepuasan pernikahan. Ya sama-sama berat juga sih bahasannya. Tapi sebenernya aku tertarik juga sama itu. Kenapa? Karena walaupun jatohnya itu masih 'jauh' ya dari titik aku sekarang, tapi kan ya itu bisa kepake juga di masa depan. Ceilah hahaha. Jadi ya kepo aja sih aku. Tapi kalau dari prosesnya sendiri sebenernya nggak mudah juga sih. Temen-temen aku kebanyakan ambil variabel atau subjek yang masih di lingkungan sehari-hari (misal mahasiswa). Kalau aku? Pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh :D Jadinya aku nggak bisa sharing terkait isi dari PI aku karena ya nggak ada yang sama. 

Oke, setelah itu kita masuk ke bab 1. Ya Allah, ganti lagi nih 'tingkatan tersulit selama proses menulis PI' yang awalnya dipegang oleh penentuan judul, sekarang beralih ke bab 1. Asli deh, buat ngaitin semuanya tuh perlu berpikir dengan keras dan juga muter otak biar semuanya nyambung dan pastinya bener. Rasanya kalau nanti skripsi aku nggak bisa pake judul ini dan harus balik bikin bab 1 tuh aku bakal misuh dulu baru ngerjain deh :') Nah, itu baru bab 1. Pas aku udah bisa lanjut ke bab 2, aku tuh mikirnya 'ah, bab 2 lebih gampanglah ya, tinggal nyari sumber teorinya aja'. Salah. Salah besar. Justru rekor terlama aku di PI ini ya pas aku ngerjain bab 2. Aku terakhir bimbingan tuh sebelum lebaran dan sampai udah masuk kuliah lagi yang berarti udah kurang lebih sebulan tuh aku belum ada ngechat ibunya lagi sama sekali. Semua itu karena aku kesusahan nyari teori variabel aku. Kalau pas aku tengok temen-temen yang lain bisa nih pake buku yang pernah kita pake buat matkul apa gitu, misalnya psikologi sosial, psikologi umum, apa pun itu deh, nah teori aku nggak ada di buku-buku kayak gitu. Jadi adanya di buku luar semua dan kebanyakan emang di buku yang khusus bahas soal pernikahan. Itu pun nggak semuanya emang langsung ada apa yang aku cari. Pokoknya udah nyerah banget aku rasanya buat nyari sumber-sumber itu. Dan yang daritadi aku pusingin itu baru teori buat variabel x dan y aku, belum soal hubungan jarak jauh dll nya. Hahaha duh, itu laptop aku aja sampe nggak istirahat entah berapa hari, karena isinya ber-tab-tab ebook, jurnal, dan semua sumber yang lagi aku cari dan baca. Jadinya nggak mau aku matiin dulu, kalau dimatiin nanti malah hilang semua tab yang aku buka dan lupa teori mana aja yang udah aku baca dan sampe mana aku bacanya. Jadi selain aku yang bekerja keras disini, laptop aku ini juga bekerja nggak kalah kerasnya sama aku. Bahkan punya kontribusi yang besar juga kan ya. Kalau dia malah rusak atau rewel di tengah-tengah penulisan ini kayaknya kan hkdhkdldfj stres kuadrat. 

Pada akhirnya aku ngeberaniin diri buat chat dospem dan nanyain soal kebingungan aku itu. Terus yaudah deh, aku dapet jawaban dan jalan keluarnya, kerjain, ya ada revisi lagi, udah oke dan bisa lanjut ke bab 3. Nah, buat di bab ini tuh udah nggak seekstrim bab sebelumnya ya. Temen-temen aku kebanyakan udah pada selesai kan ya, jadinya aku bisa nanyain mereka deh kalau ada yang bingung. Tapi jangan kira setelah itu semuanya mulus lancar jaya. Ada nih di satu titik yang aku berasa perlu revisi dari awal walaupun nggak yang bener-bener dari awal juga. Jadi, sebenernya awal variabel aku tuh komitmen doang. Terus pas aku ngerjain bab 3, ibunya baru ngeh kalau kok aku tuh komitmen doang. Jadi yang diukur emangnya komitmen apa gitu. Jadilah aku berakhir di komitmen pernikahan dan perlu beberapa tambahan di bab sebelumnya ataupun ngecek ulang buat mastiin teori yang aku pake itu udah bener. Inget banget deh aku, itu tuh dikabarinnya pas aku lagi kursus SPSS. Untung ibunya juga baik dan ngertiin, jadi pas aku bilang kalau aku belum bisa ngecek semuanya karena lagi kursus SPSS itu, ibunya bilang "yaudah fokus kursus aja dulu". Karena aku juga nggak enak kan, lagi kursus gini dan mulai materi yang bikin pusing dan perlu extra fokus, terus HP aku beneran bunyi mulu karena notif dari ibunya yang ngasih feedback soal progres PI aku :')

Kira-kira begitu sih ya cerita dari penulisan PI ini. Aku termasuk yang santai di awal, tapi beneran ngebut ngejar di akhir :') karena waktu itu juga dikabarin batas akhir daftar sidang tuh tanggal sekian dan rasanya aku juga udah pasrah aja ini bisa selesai apa nggak. Tapi akhirnya bisa selesai juga! :'D Berkat bantuan dospem aku juga yang masih setia ngebimbing anak terakhirnya ini (asli deh, aku beneran kloter terakhir bangetngetnget wkwkwk jangan ditiru kecuali kamu anaknya tidak fomo-fomo amat) (yang penting akhirnya selesai juga ya ges ya, cuma emang kalian milihnya mau jalur yang gas ngueng atau pelan tapi pasti). Untung ibunya nggak keburu males karena tanggungannya masih ada nih satu anak yang belum kelar-kelar :') Hehe pokoknya lov ibu dospem aku banyak-banyak <3 

Itu sebagian kecil dari cerita aku sebelum akhirnya bisa sidang. Itu belum termasuk bagian pas lagi capek-capeknya, mau nyerah, agak berkecil hati karena aku masih disini dan yang lain udah dimana, deep talk tengah malem menjelang pagi sama Nisa atau Ardya, atau hari-hari aku cuma dengerin lagu-lagu Stray Kids sambil nangis hahaha. Buang dulu semua rasa capeknya dengan tangisan baru mulai ngerjain lagi. Bisa selesai kok walaupun sambil nangis :D Ah iya, aku mau apresiasi diri sendiri juga! Buat daftar sidang kan ada beberapa berkas yang harus disiapin, termasuk foto dan ya ada harus nge-print deh. Berhubung printer di rumah suka nggak jelas, jadi mau nggak mau aku harus jalan ke fotocopy-an di depan. Biasanya kalau ada Rai mah kan bisa minta anter dia ya, enak gitu, tapi kan dia nggak di rumah ya, jadilah aku mau nggak mau harus jalan sendiri :( Jadi tuh, aku suka nggak mau ke depan sendiri karena aku takut nyebrangnya T_T Iya tau, aku udah gede, tapi tetep aja takut. Tapi karena kemarin kepepet juga jadilah gas aja. Pas nyebrang juga dibantuin bapak-bapak yang suka ngatur jalan depan komplek gitu sih, jadi lebih aman juga hehe. Ya pokoknya aku mau apresiasi diri sendiri karena udah berani dan keluar dari zona nyaman. Walaupun mungkin hal remeh gini yang harusnya yaudah biasa aja, tapi ini masuk ke pencapaian aku juga yey! :D

Duh, malah jadi panjang ya intro sebelum sidangnya. Oke, sekarang kita mulai masuk ke bahasan utama kita ya. Sidang PI. Jadi, kalau kita udah daftar ke email buat sidang tuh kita bakal masuk ke grup whatsapp yang isinya emang peserta sidang dari semua region. Disitu kita bakal dapet info lagi deh soal kapan jadwal sidang kita. Dan dikasih taunya juga bukan yang seminggu sebelum sidang, kayaknya.... H-2? 

Kalau aku sendiri... Begini ceritanya. Tanggal 27 Agustus 2022 tuh aku lagi super happy karena dua bias aku, Ino dan Dubu ada momen bareng :'D Tiktokan gitu lagu comeback Twice yang terbaru. LUCU BANGET. Oke balik lagi. Pas aku lagi mengukir hari emas nan bersejarah itu, tiba-tiba ada nih notif dari grup itu.. Jadwal sidang selanjutnya.. Pas aku cek, ada nama aku :) Nama aku tertulis dengan jelas di bagian ruang kedua urutan ketujuh, dan itu jadwalnya Senin besoknya yang berarti 29 Agustus 2022. Yap, H-2 :) Dan itu bener-bener dikasih taunya malem-malem. Cukup syok sih ya.

Hal pertama yang aku lakuin pastinya langsung heboh dan misuh ngabarin temen aku. Baru deh setelah itu ngabarin dospem aku, karena hari di mana akhirnya aku sidang itu pasti ditunggu-tunggu sama ibunya juga. Persiapan aku? Yaa... Umum aja sih kayak orang-orang. Baca lagi PI aku, latihan presentasiinnya, mastiin ppt aku udah oke (menurut aku) (karena pasti masih ada kurangnya), terus nanya temen yang udah sidang juga kira-kira pertanyaan apa yang bakal ditanyain. Khususnya yang dosen pengujinya sama kayak aku. Tapi ya emang tiap orang juga nasibnya beda-beda kan ya, belum tentu juga si A dicecar ini itu dan aku dicecar hal yang sama juga. Tapi seenggaknya aku lebih udah ada bayangan sih ya, dan bisa nyiapin jawaban juga. 

Ngomong-ngomong soal dosen penguji, kan emang misterius bangetlah ya. Kita nggak tau bakal dapetnya siapa. Kayaknya pas aku tau jadwal sidang aku juga itu nggak langsung ketauan siapa dosen pengujinya. Entah baru besoknya, atau besok malemnya, atau kapan ya aku lupa banget tuh nanti keluar di studentsite masing-masing. Temen aku ada yang dapetnya dua dosen penguji, dan kebanyakan emang gitu kayaknya yang aku tanyain? Tapi, pas aku cek punya aku.... Wow, dapet tiga dosen penguji :D Ini syok part dua. Dari tiga nama yang tertera disitu, cuma satu yang aku kenal. Emang pernah ngajar di kelas aku sebelumnya dan juga termasuk dosen Kalimalang. Buat dua nama lainnya, aku cari dulu tuh infonya di staffsite. Ya biar ada bayangan gitu kan, apalagi kalau ada fotonya disitu. Ternyata oh ternyata, dua dosen penguji yang aku 'asing' banget namanya tuh emang dosen Depok. Ada yang mukanya juga masih mudaaaa banget. Aku udah nerka-nerka kayak ini tandanya ibunya lebih santai atau malah lebih 'nyecer' aku ya nantinya :') Ya pokoknya aku doa juga aja biar ibunya pada baik-baik dan nggak begitu mempersulit aku gitu. Oh iya, pas H-1 alias tanggal 28 Agustus 2022 malemnya itu aku gmeet juga sama Ardya buat latihan presentasi sama sekalian dia ngerjain revisi (dia udah sidang duluan). Tapi kayaknya tetep banyakan kita ngobrolnya itu HAHAHA. Udah nggak heran sih ya, berjam-jam gmeet tapi isinya tetep banyakan ngoceh kesana kemari. 

Oke! Jeng-jeng. Kita langsung ke hari H aja ya. 

Aku emang nggak tau urutan ketujuh tuh bakal kebagian di jam berapa, tapi yang pasti aku udah siap dari pagi di depan laptop. Deg-degannya ya cukup berasa, kayak 'wow, akhirnya hari ini dateng juga' 'beneran udah mau sidang nih aku?', kira-kira begitu. Tapi karena aku nunggunya juga cukup lama ya, jadinya ya lebih berasa 'capek' dan mulai bosen dibanding deg-degan. Malah sebenernya aku masih ya aman terkendali gitu loh, bukan yang 'takut' banget sampe dagdigdug gitu. Aku lebih ngerasa.... kosong? Tenang? Lebih ke nggak tau gitu harus apa. Sambil nunggu giliran tuh ya biar aku nggak ngerasa 'bersalah' juga jadinya aku sambil baca-baca ulang PI aku. Tapi abis itu aku bakal balik mantengin twitter lagi, atau chatan sama temen, atau dengerin lagu aja. Selain itu yaa kayaknya aku lebih banyak diem aja deh? Nggak megang HP juga, cuma duduk depan meja belajar dan meringkuk meluk boneka baymax sambil merem-merem :') Berasa aja gitu lamanya.. Tiap giliran yang dipanggil duluan dan aku ngerasanya lama banget tuh jadi mikir itu ditanya apa aja ya. Malah nih, maaf out of topic lagi, aku sama Ardya (lebih tepatnya dia duluan yang call deh kalo nggak salah) sempet-sempetnya telponan heboh karena Chan sama Lix ternyata lagi pulang ke Australia T_T Huhuhu ikut seneng, setelah berapa tahun tuh mereka bisa pulang juga :( Sebenernya pertama kali dia nelpon tuh buat nyemangatin kan, sambil ya akhirnya kita jadi ngobrol karena aku juga bosen nggak ngapa-ngapain wkwkwk. Terus udah deh ditutup. Nggak lama setelah itu dia nelpon lagi cuma buat hebohin Chan sama Lix itu hahaha :'D Hiburan banget sih di tengah aku yang lagi nunggu giliran ini.

Oh iya, sambil nunggu giliran juga aku komat-kamit terus tuh baca doa biar dipermudah segala urusannya. Pokoknya siklus aku nunggu dipanggil namanya tuh ya baca dan mahamin PI aku lagi, mendistrak diri sendiri dengan buka sosmed atau dengerin lagu, capek duduk jadi rebahan dulu di kasur, balik lagi ke kursi sambil melukin baymax, terus baca-baca doa sama dzikir. Semua itu, khususnya baca doa sama dzikir, bikin aku lebih tenang sih. Ya walaupun saat itu mah tenang sama nggak tau harus apa lagi tuh beda-beda tipis ya. 

Akhirnya aku dipanggil tuh sekitaran dzuhur. Inget banget karena ada jeda adzan sama ibu-ibu dosen pengujinya juga ada ngomongin soal sholat dzuhur. Pas awal aku dipanggil dan join gmeet-nya tuh kan masih pada diem semua ya. Aku juga diem aja karena nggak tau harus apa dan ngiranya ya bakal dibuka dan dipersilahkan dulu gitu sama host-nya. Tapi ternyata emang entah semuanya pada nunggu aku juga? Karena ya abis diem-dieman itu baru deh ada yang bilang kayak ya silahkan aku buat mulai gitu. Terus sebelum aku mulai presentasi juga udah dikasih tau duluan biar nanti aku skip aja bab 2 nya, jadi yang aku presentasiin cuma bab 1 sama bab 3. Yaudah kan aku mah nurut aja, aku presentasiin itu sampe selesai. Baru deh abis itu ditanya-tanya sama dosen pengujinya. 

Duh deg-degan banget ya hahaha. Aku nggak tau deh muka aku waktu itu kayak gimana. Dosen penguji yang pertama komentar dan nanya-nanya tuh yang dosen dari Depok dan aku bilang muda tadi sebelumnya. Alhamdulillah yang ditanyain juga apa yang udah aku prediksi sih, kayak urgensi penelitian aku dan alesan aku ambil subjeknya tuh itu. Lupa sih ditanyain yang lain juga apa nggak, tapi ibunya ngebahas sekitaran itu aja deh. Dosen penguji kedua yang komentar itu dosen dari Kalimalang yang aku kenal. Ibunya lebih ke ngasih feedback aja sih, kayak kira-kira apa yang perlu aku revisi (ada soal format gitu deh, penulisan italic dll) sama manfaat penelitian aku ada yang kurang, jadi bukan yang nanya-nanya banget. Entah karena waktu itu sinyal ibunya juga kurang bagus atau ibunya juga mau sholat dzuhur dulu ya wkwk :') ya aku mah bersyukur aja sih, berkurang satu gitu kan pertanyaan-pertanyaan 'ajaib' nya. Dosen penguji terakhir yang komentar itu dosen dari Depok yang aku nggak kenal juga, tapi cukup ramah dan ngeliat PI aku ini menarik? Jadi cara bicaranya juga lebih ramah dan positif gitu. Tapi bukan berarti yang dua sebelumnya nggak baik atau ramah ya, semuanya juga baik, nggak ada yang nakutin banget gitu, cuma buat ibu yang terakhir ini emang berasa aja bedanya. Katanya topik yang aku ambil ini menarik, dan sebenernya kalau mau digali lebih dalem lagi bakal ya jauh lebih menarik(?) Intinya ya, ibunya ngasih feedback soal subjek aku juga dan referensi yang udah aku ambil. Ibunya tuh nanya bab 1 aku juga, dan katanya fenomena aku harusnya bisa lebih dijabarin lagi, dicari dari sisi ini dan itu. Kira-kira begitu sih :') huhu legaaaa! Pertanyaan yang aku dapet bukan yang bikin aku nge-blank sampe nggak bisa jawab sama sekali, dan juga lebih banyak dikasih masukan juga. Alhamdulillah ya Allah. 

Setelah itu ya aku keluar deh dari gmeet-nya. Agak nggak percaya sih ya akhirnya ini kelar T_T Aku nggak tau itu keitung cepet atau nggak, keitung aman atau nggak, tapi alhamdulillah cukup lancar juga sih ya. Entah efek aku dapet giliran pas dzuhur jadinya lebih satset dan nggak banyak banget dicecar atau ya itu perasaan aku aja? Pokoknya lega akhirnya selesai! Aku langsung ngabarin temen-temen aku, terus turun juga ke bawah nemuin bunda. Leyeh-leyeh dulu setelah capek nunggu giliran maju sidang tadi wkwkwk :') terus aku dapet kiriman buket juga dari temen-temen nangis :') GEMESS BANGET. Bukan yang 'wah' banget, tapi spesial karena rasanya itu adalah perwujudan dari aku. Hahaha. Siapa nih yang ngasih ide buat kasih aku buket itu? Jadi buketnya tuh bunga matahari (tapi nggak asli) (tapi jadinya nggak akan layu dan bisa disimpen terus) yang ada ucapannya dan kertas bungkusannya tuh warna aku banget :') aw terharu. Soft sekali. Sebagai anggota nangis yang udah melalui berbagai perundingan akan 'apa yang harus kita kasih ke [inisial]' setiap ada yang selesai sidang, buket yang aku terima juga beda dari yang lain sih ya hahaha. Kalo yang lain kan kebanyakan emang makanan gitu, jadi ya bagus bagus, aku jadi kaget dikasihnya beda :D Bukan berarti nggak seneng ya, enak aja! Maksudnya kan berarti karena udah tau dari kemarin kalau ngasih pada berhubungan sama makanan jadi aku mikirnya 'ah makanan lagi paling ya' 'tapi apa ya kira-kira' dan ternyata emang jauh dari itu :D Pokoknya buket dari kalian sangat berharga buat aku!

Baru deh setelah nerima kiriman buket itu dan heboh ngasih testimoni karena bisa-bisanya mereka tau aku suka apa (Ardya, aku tau ini semua karena kamu), aku foto-foto deh! Sebelum ganti baju juga kan, udah dari pagi nih pake kemeja putih sama rok hitam wkwkwk. Bunda yang foto-fotoin aku di teras. Agak lama juga sih ya foto-fotonya, karena kan di berbagai spot rumah gitu :D Ada yang duduk di kursi depan, atau yang belakangnya halaman, atau yang belakangnya tembok rumah. Ya pokoknya setelah ngerasa cukup dan oke, kita masuk lagi dan aku bisa istirahat sepenuhnya!

Malemnya hasil dari sidang tadi udah keluar. Itu keitung cepet deh. Soalnya kalau yang aku perhatiin selama di grup tuh biasanya hasil sidang baru ada besoknya atau beberapa hari deh. Lah ini kok tiba-tiba udah keluar aja :') setelah aku cek studentsite aku juga, alhamdulillah revisi aku nggak banyak. Malah agak heran sih, soalnya kan pas sidang tuh masukannya ada banyak ya, dari tiga dosen penguji tuh ada semua, tapi yang ditulis di kertas revisi cuma satu, dari dosen penguji pertama aku itu, mengenai kriteria subjek yang harus aku pertimbangkan kembali. Udah, sisanya kosong melompong. Nggak ada catatan dari dosen penguji yang lain :') alhamdulillah ya. Tapi tetep sih, selama ngerjain revisian aku juga benerin apa yang dibilang dosen penguji lain dan juga nyari jurnal-jurnal lain buat fenomena aku. Oh iya, karena aku juga termasuk yang sidang akhir-akhir atau yaa sidang tuh pas nilai di studentsite udah keluar ya, jadi sebelumnya nilai PI aku tuh terpampang dengan jelas E. Super syok :') bener-bener ngaruh juga jadinya. Aku udah takut kek ya Allah ini gimana. Tapi setelah hasil sidang keluar, otomatis nilai PI aku juga berubah. Aman :') 

Kalau testimoni dari dosen revisi aku sih, sangat baik dan super helpful ya. Jadi sebelumnya tuh di grup kecil yang ruangan dua aku sidang itu dikasih tau tiap anak dosen revisinya siapa aja. Dari tiga dosen penguji itu dibagi-bagi deh ke kita yang ada di grup kecil itu. Aku kebagian sama dosen dari Depok yang aku bilang muda itu. Sebenernya aku nggak langsung kontak ibunya buat nanyain masalah revisi. Ada jeda dulu deh entah berapa lama hehe. Tapi sekalinya aku chat juga emang dibales sama ibunya, nggak yang nunggu berhari-hari, dan emang satset juga ibunya. Revisian aku aja ditandain misal harusnya bagian ini bisa ditaronya di paragraf bawahnya, bagian itu bisa ditambahin blabla. Jadi bukan yang cuma ngasih tau apa aja yang kurang, tapi emang dijabarin juga secara detail maksud ibunya kayak apa. Lov banget deh <3 Jadinya ya revisian aku keitung lumayan cepet sih. Apalagi pas udah revisi akhir-akhir, ibunya sampe bilang kayak 'saya tunggu secepatnya ya biar segera saya validasi juga', jadi emang satset deh ibunya. Inget banget juga, waktu itu aku lagi nemenin tante jalan pagi sekalian beli makanan sama ke kang sayur, terus aku dapet chat balesan itu :'D Kayak, wow bu, pagi-pagi banget nih? Keren deh. 

Jadi yaap, kira-kira begitulah perjalanan PI aku mulai dari penulisan awal sampai akhirnya bisa sidang. Tentunya selain aku berterima kasih sama dosen pembimbing, dosen penguji, dan juga laptop yang udah banyak ngebantu aku, berjuang bersama sampai titik akhir, nggak lupa juga support dari keluarga, sahabat, dan temen-temen tuh berhargaaa banget buat aku. Ayah sama bunda yang nggak nuntut banyak sama aku, selalu nyemangatin, nyuruh aku tidur, jangan kecapekan, atau pujian yang ayah kasih pas PI aku udah di-print buat persiapan sidang (ayah baca terus katanya bagus huhu). Ya pastinya keluarga yang tau banget juga ya aku gimana selama proses ini. Kalau lagi ke Bandung atau Sumedang pasti bawa laptop ngerjain ini, atau di mobil juga sambil nyicil revisian, atau pas lagi makan di rest area juga sambil nenteng-nenteng laptop, buka file PI lagi dan lanjut rapiin revisian wkwkwk. Rai yang udah sering banget deh ya jadi tempat keluh kesah aku, tiba-tiba aku nyamper dia cuma ngeluh 'aaaa ini belum kelar' 'ini susah banget nyarinya' dll. Khansa juga yang, duh suka lucu sendiri aku, tiba-tiba dia bilang 'kakak semangat ya' 'kakak jangan stres ya' huhu :') Sahabat aku, Nada, yang juga selalu support dan ngeyakinin kalau aku pasti bisa. Temen-temen kampus aku juga, terutama Nisa, Ardya, Aca, Nadine, Alma, Widi, Linda, dan Erza yang selama periode ini tuh saling support satu sama lain, temen misuh, saling bantu juga, ya pokoknya maju tuh barengan, nggak sendiri-sendiri. Dipa, Indah, Nipa juga yang jadi tempat kita berkeluh kesah satu sama lain. Teman online aku, Safa, yang juga taulah perjalanan aku ini, selalu ngasih dukungan dan jadi tempat aku cerita juga. Dan spesial banget nih, super duper terima kasih banyak buat Nisa dan Dipa yang udah bantuin aku terkait nomor halaman dan kawan-kawannya :') 

Salah satu potret aku buka laptop di mobil buat revisian

Terakhir, sebelum aku tutup cerita kali ini. Di atas aku ada nyinggung soal Stray Kids dan lagunya yang juga udah ngebantu aku selama proses aku ngerjain PI ini kan ya. Pastinya nggak semua lagu juga ya cocok buat momen ini lah. Jadi aku mau sekalian share aja ke kalian, beberapa lagu, top 5 deh ya dari lagu Stray Kids yang udah ngebantu aku buat terus jalan dan bangkit selama proses ini. Bisa kalian cari sendiri juga nanti liriknya itu kayak apa :D

1. Streetlight

2. Silent Cry

3. Secret Secret

4. Scars

5. Grow Up

Ya sebenernya masih ada lagu lain sih.. Kayak My Pace, The Tortoise and The Hare, Mixtape 3 (For You), duh nanti malah nggak kelar-kelar list lagu ini :') Intinya sih ya, siapa tau dari kalian ada yang lagi capek dan butuh beberapa comfort words, semoga lagu yang aku rekomendasiin di atas juga membantu kalian ya. Karena buat aku sendiri, itu ngebantu aku banget. Relate juga sama kondisi aku waktu itu. Hehe yaa gitu deh ya!

Sekian cerita aku kali ini! Semoga pengalaman aku ini juga bermanfaat untuk kalian ya. Bisa diambil hikmahnya, hal-hal baik yang bisa dicontoh disini. Pokoknya yang perlu kalian inget itu adalah kalian nggak sendiri! Kita semua lagi berproses sama-sama. Tapi mungkin ya jalannya nggak sama, plek ketiplek gitu antara aku, kamu, kalian, dan orang-orang di sekitar kita. Kalau lagi capek, istirahat dulu. Jangan dipaksain dan ngebiarin pikiran-pikiran negatif malah ngebawa kalian ke hal-hal yang nggak baik. Oke?

Terima kasih udah mau baca cerita aku ini! Sehat selalu semuanya!

Buket dari Indah, Dipa, Nipa! Walaupun kayak udah lama banget (sebulan deh ya) tapi jadinya emang nggak aku sangka sama sekali
Buku dari Nada!

No comments: