Thursday, December 22, 2022

Holy Mother

 Halo!

Aku mau review karya lain dari Akiyoshi Rikako, yaitu Holy Mother! Sebenernya ini udah cukup lama ya aku belinya, tapi karena beberapa alasan (sebagian besar udah pasti karena urusan kuliah) jadilah aku baru baca bukunya beberapa bulan terakhir ini. Aku bacanya juga cukup makan waktu sih, kayak baru selesai baca tuh di awal bulan ini. Padahal bukunya nggak tebel juga, dan seru! Asli. Aku bacanya lama bukan berarti novelny boring ya. Nggak sama sekali. Kayaknya karena aku udah lama nggak baca jadi kadang fokusnya suka buyar dan ya kepotong sama urusan lainnya. Tapi aku nggak nyesel sama sekali udah baca buku ini. Justru lebih ke kesel sih, karena....

Buku ini di luar nalar banget.

Aku udah baca beberapa buku karya Akiyoshi Rikako. Walaupun aku nggak terlalu inget semua jalan ceritanya karena itu udah lama banget juga dari terakhir aku baca, tapi kalau udah nyebut nama penulis satu ini, pasti yang tertanam di otak tuh ceritanya yang plot twist abis. Buku karya Akiyoshi yang aku baca sebelum ini tuh kalau nggak salah Memory of Glass. Aku tulis review-nya juga disini. Dan itu bener-bener meninggalkan kesan yang 'wah' buat aku. Karena selain dari ceritanya yang emang udah pasti soal kasus-kasus gitu ya, tapi di novel itu tuh ada bumbu romansa yang yaa, bisa aku bilang bittersweet gitu? Jadi kesan aku buat buku itu emang lebih ke tersentuh dan miris aja sama cerita si tokoh utamanya.

Nah, kalau kesan dari buku ini?

Pertama, udah pasti ini di luar nalar. 

Plot twist-nya nggak kira-kira. 

Aku selesai baca buku ini tuh langsung misuh. Rasanya kalau ada waktu mah mau aku baca ulang lagi. Mau merhatiin lebih detail lagi bagian-bagian yang emang dari awal aku udah ngerasa janggal dan nyambungin semuanya. Beneran deh, output dari setelah aku baca buku ini cuma misuh doang. Rasanya mau ngasih tau ke semua orang kalau ada nih satu buku yang plot twist-nya emang nggak main-main dan kayak wow?? Bisa-bisanya??

Oke, daripada aku misuh sendiri tapi kalian belum tau konteks lebih detail soal cerita dari bukunya gimana, kita masuk ke sinopsis dari buku ini ya! 

Sinopsis:

Terjadi pembunuhan mengerikan terhadap seorang anak laki-laki di kota tempat Honami tinggal. Korban bahkan diperkosa setelah dibunuh.

Berita itu membuat Honami mengkhawatirkan keselamatan putri satu-satunya yang dia miliki. Pihak kepolisian bahkan tidak bisa dia percayai.

Apa yang akan dia lakukan untuk melindungi putri tunggalnya itu?

☺☺☺

Nah, kalian udah tertarik belum nih kalau diliat dari sinopsisnya? 

Sebenernya, dari judul buku, cover, sampai sinopsisnya tuh semuanya udah bikin penasaran nggak sih?Kayak cerita apa sih yang bakal disajikan dengan judul Holy Mother? Kalau dari kesan pertamanya mungkin lebih ke yaaa, seorang ibu yang punya anak perempuan dan dengan kasus yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya itu ngebuat dia khawatir dengan keselamatan putrinya. Kalau semendasar itu ya masih bisa dimengerti ya. Wajar. Ibu tuh bakal ngelakuin segala cara demi melindungi anak-anaknya. Apalagi kalau proses dari akhirnya dia bisa punya anak tuh sesulit itu. Beneran kayak nyakitin diri sendiri, nggak cuma dari fisik tapi juga psikisnya. Itu dari apa yang aku tangkep dari cerita bukunya ya. Dan itu bakal jadi salah satu part yang kalau kalian udah selesai baca buku ini, bakal terheran-heran dan mikir keras buat bikin semuanya masuk akal. 

Seorang ibu akan melakukan segala cara buat melindungi anaknya. Understandable

Selama aku baca buku ini, aku bisa ngerti segala effort yang dilakuin si ibu buat ngelindungin putrinya. Mulai dari hal kecil yang itu umum terjadi di lingkungan kita sampai di tengah cerita tuh udah makin ekstrim tapi ya oke, dengan semua alasan yang ada tuh emang wajar si ibu begitu. Tapi, pas udah makin akhir dan sisi lain dari cerita ini mulai dikupas, aku bener-bener kayak.... hah? Serius? Aku nggak tau ya ini aku yang bodoh sampe nggak bisa mikir kesitu atau penulisnya yang kelewat pinter buat bikin alur ceritanya tuh dipelintir sejauh itu. Ini aku yang lagi dibodohin atau ibunya yang kelewat genius? Sampe anaknya sendiri aja kaget kalau si ibu begitu, lah gimana aku yang cuma sebagai pembaca?😭

Buat alurnya sendiri maju mundur gitu ya. Tapi nggak yang maju-mundur-maju-mundur gitu, ini lebih ke pergantian point of view juga. Jadi untuk alur yang mundur tuh ya kayak pas di bagian 'sisi lain' pembunuhan tersebut atau nyeritain masa lalu si tokoh-tokohnya. Kalau dari jalan ceritanya sendiri tuh nanti kita bakal dibawa ngeliat dari sisi si ibu (Honami), Makoto, dan dua detektif (Sakaguchi dan Tanizaki) yang bertugas menyelidiki kasus tersebut. Pergantian cerita dari keempat tokoh tersebut juga nggak yang bikin pusing kok, malah kita berasa kayak lagi nyusun puzzle. Mulai menerka-nerka jalan ceritanya bakal dibawa kemana, siapa pelaku pembunuhannya, dan benang merah apa yang bakal ngehubungin semuanya di akhir. Karena kalau dari pelaku sendiri kan sebenernya udah ketauan ya di awal, tapi emang bakal ada fakta-fakta baru yang bikin kita terkecoh dan ya itu, ngerasa dimainin deh pas bacanya. 

Nah terus, biasanya kan aku suka masukin juga kata-kata bagus yang ada di buku tersebut. Tapi karena buku ini emang lebih terfokus ke kasus dan penyelidikan dari pembunuhan itu, ditambah ya bumbu-bumbu lainnya, jadi aku ngerasa nggak ada sih buat kata-kata bagus itu. Mungkin aku yang nggak nyadar juga sih, karena emang udah fokusnya baca ceritanya aja tuh, soalnya seru kan berasa lagi jadi detektif juga kita. Ditambah dengan segala plot twist-nya. Berasa udah nemuin titik terang eh nyatanya ada kunci lain yang belum kebuka dan itu adalah titik terang yang sesungguhnya😀

Sebenernya aku mau jabarin cerita dari buku ini tuh kayak apa. Atau hal-hal apa yang bikin aku tuh nggak habis pikir kok bisa ya begitu. Tapi nanti malah spoiler banget lagi. Siapa tau ada yang tertarik buat baca kan. Soalnya kurang seru nanti kalau kita udah tau 'titik' mana aja yang harus diperhatiin lebih lanjut dan 'persimpangan' mana yang sebenernya itu tuh jebakan. Pengemasan dari cerita ini keren banget sih. Di awal kan udah dijelasin ya masa lalu Honami di mana perjuangan dia buat akhirnya punya anak, dan dari sisi itu aja tuh udah jadi alesan yang kuat buat 'latar belakang' dari cerita ini. Tapi oh tapi, benang merahnya nggak berhenti disitu aja. Ada benang merah lain yang lebih mencengangkan. Aku sampe mikir dulu pas udah baca bagian akhir. Reaksi aku tuh kayak 'bentar...' 'ini gimana....?' 'dia tuh...?' 'mereka jadi sebenernya...?' HAHAHA penasaran nggak nih kalian semua😔

Efek dari aku nyelesein buku ini adalah aku mau misuh-misuh ke orang dengan jalan cerita dan semua plot twist yang ada. Jadi 'korban' aku disini adalah Ardya. WKWKWK. Setelah shift aslab kita selesai, sambil nunggu dijemput tuh aku cerita ke dia. Beneran cerita yang dari awal sampai akhir. Itu pas cerita kayaknya aku berkali-kali ngomong pembunuhan. Dan aku ceritanya juga menggebu-gebu karena biar dia tau sefrustasi apa aku sama buku ini. Kakak-kakak lain di lab yang belum pulang dan mau nggak mau ngedenger juga obrolan kita berdua (atau lebih tepatnya celotehan aku yang menggebu-gebu) kayaknya heran dan ngeri sendiri ya sama semua kata-kata yang keluar dari mulut aku. Pembunuhan, diperkosa, si ibu, Makoto, anaknya anak ini, dipotong, trauma. Kira-kira itu gambarannya. Aku mikir keras bagian mana yang bisa aku reveal tanpa ngasih spoiler yang amat besar buat keseluruhan ceritanya. 

Oh iya, reaksi aku di atas itu nggak berlebihan ya. Emang pantes ini buku dibilang semua hal itu. Karena aku kan nyari juga ya review dari orang-orang di google, masuk tuh ada di goodreads beberapa review orang, dan emang semuanya pada berapi-api!! Aku sampe ngakak sendiri pas baca karena ya aku ngerti rasanya gimana dan berasa ada temen juga gitu. Salah satu komentar disitu yang paling berkesan buat aku tuh ini, 

"You think you know what plot twist(s) is? You clearly haven't read this book ;)"

AND YEAH! Aku setuju 100%. Kayaknya aku bakal susah move on dari buku ini karena plot twist yang dikasih tuh beneran semengesankan itu. Mengesankan dan juga mengesalkan sih. Karena bisa-bisanya semua hal gila yang udah terjadi tuh ada di lingkup sekecil itu. Kalian udah sering denger atau bahkan ngalamin sendiri kan kayak temen kita yang sekarang ternyata temennya temen kita yang dulu. Jodoh kita ternyata malah orang-orang di sekitar kita atau sadar nggak sadar tuh pernah bersinggungan sama hidup kita. Kira-kira ya begitulah inti dari buku ini. 

Salah satu hal yang bisa kita ambil dari cerita di buku ini adalah seberapa berarti anak buat sang ibu. Kondisi tiap orang emang beda-beda. Mungkin nggak semuanya bisa ngerasain kasih sayang sebesar itu dari ibunya. Tapi di buku ini digambarkan kalau sosok anak tuh emang berharga buat ibu. Aku udah bilang sih di atas kalau di buku ini tuh aku nggak nemu quotes gitu yang bisa aku bagi ke kalian, tapi mungkin penggalan kalimat dari sisi Honami ini bisa lebih menjelaskan semuanya,

"Jika sebelum kelahiran anak itu dalam kuasa Tuhan, maka sesudah lahir, anak itu ada dalam kuasa sang ibu. Kalau setelah ini dia bisa melahirkan anak, Honami bertekad dia akan melindungi anaknya dengan seluruh jiwa dan raganya. Apa pun yang terjadi, dia akan terus melindungi anaknya sampai tetes darah penghabisan."

Mungkin kalimat itu terdengar berlebihan. Mau gimana pun semua yang kita punya, termasuk orang tua dan anak, itu balik lagi ke Allah. Tapi kalian pasti paham kan apa yang mau disampein dari kalimat tersebut. Dan untuk buku ini, 'tetes darah penghabisan'nya emang bener-bener penghabisan. Beneran dibabat sampai akar-akarnya. Beneran sejauh itu langkah yang udah diambil ibunya. 

Oke, review untuk novel Holy Mother aku akhiri sampai sini. Bagi yang penasaran sama keseluruhan ceritanya, ayo ayo dibaca!! Dijamin nggak akan nyesel udah baca buku ini. Paling nyesel dan kesel aja karena udah dibawa kesana kemari eh ternyata oh ternyata.. hehehe. 

Terima kasih udah mau baca review aku yang didominasi misuh-misuh ini hahaha. 

Akhir kata,

Detektif 0 - Honami 1. 

No comments: