Friday, June 16, 2017

#EdisiRamadhan : Takjil on the Road!

Assalamu'alaikum semua!

Wah, nggak kerasa ya Ramadhan kali ini udah lewat dari setengah bulan aja! Jangan disia-siakan ya waktu yang masih ada, perbanyak amalan-amalan baik, karena kan ibadah yang kita lakuin di bulan Ramadhan pahalanya dilipat gandakan beerrrtubi-tubi! Kita sama-sama belajar jadi lebih baik ya! Gini-gini aku masih banyak kurangnya juga kok hehe..

Nah, kali ini aku mau ceritain nih, pengalaman pertama kali aku ikut takjil on the road yang diadain sama sekolah, tepatnya oleh rohis OSIS SMIT Al Marjan. Awalnya aku sama sekali gak ada niatan buat ikut tuh, malah baru tau jadi ada program ini pas liat grup di line. Ikutin ceritanya ya!


Hari Jumat kemarin, tepatnya tanggal 9 Juni 2017, SMIT Al Marjan udah libur, yang masuk cuma yang ada keperluan aja, misalnya tambahan nilai. Like me ahaha duh duh. Padahal aku berencana Jumat udah gak mau ke sekolah, udah selesai gitu urusannya, eh masih ada tambahan nilai fisika aku (ya salah aku sih karna tiap mau tambahan diundur mulu wkwk). Jadinya, aku jam 11 kurang cus berangkat ke sekolah!

Di kelas tuh udah ada Dipa, Indah, sama Hani lagi tambahan nilai juga, jangan lupain Pak Dede yang lagi ngawasin disana hahaha. Aku rencana mau tambahan yaa menjelang jumatan aja gitu, tapi eh tapi dikasih waktu sama Pak Dede buat belajarnya dan harus mulai ngerjain itu soal :') Pas dikasih soal, WAH ITU 10 SOAL YANG AKU GAK TAU SEMUA PAS ULANGAN T^T Miris sekali ya ampun huhu. Menjelang jumatan Pak Dede ngasih tau kalo udah selesai kumpulin aja di meja, okelah oke. Pas ditinggal, wiih aku langsung buka buku nyari jawaban jalan-jalan karna bosen berkutat dengan itu soal satu ahahaha. Setelah lama santai-santai, ngobrol-ngobrol, akhirnya 2 soal yang sama sekali aku gak tau itu jawabannya apa aku isi, ngasal wkwkwk #studentlife #hasnajugamanusia

Lama-lama Hani, Indah, Dipa pulang tuh. Trus mulai dateng juga tuh cowok-cowok yang bakal ikut takjil on the road. Kenapa aku gak pulang? Karena aku masih ada urusan dengan sang PJ Rohis, Pojan. Sebagai bendahara yaa ada lah ya kaitannya sama perintilan-perintilan buat acara mereka wkwkwk. Sebenernya karna aku males pulang juga sih /yha

Nungguin Pojan dateng tuh, bosen kan aku, dieemm aja aku diantara mereka yang lagi sibuk nyari inilah itulah, atau gak aku foto-foto pake kamera Aziz wkwkwk. Pas Pojan dateng, selesai kan itu urusan aku sama dia, tapi aku males pulang :( akhirnya aku bantuin mereka ngepackin makanannya deh. Makanan yang baru ada disitu tuh kurma sama hmm lontong/lemper ya itu? Ya sejenis itu pokoknya. Katanya ada risol juga, cuma belom diambil aja karna itu risol siap jam 2. Jadi aku bantuin yang udah ada aja deh!


Lagi pada nyiapin tuh! Dibalik foto itu masih ada banyak orang yang bantu kok, gak cuma mereka doang!^^


Nah, masuk ke pembahasan "kenapa sih Hasna ikut juga?" "itu acaranya kan kebanyakan cowok." Jadi ya, untuk meluruskan, kali aja ada diantara kalian-kalian yang salah paham karna aku ikut, nih bakal aku jawab. Pertama, karna aku gabut HAHAHA /alasanmacamapa. Ya kan bosen aja gitu ntar pulang-nunggu buka-ya pokoknya gitugitu doang, jadi aku ikut deh. Tapi, aku gak akan ikut kalo aku cewek sendiri, aku ikut karna ada Ka Bella juga, kita sama-sama pengen ikut tapi gak ada temen, jadinya ya bisa dibilang kayak simbiosis mutualisme deh, saling menguntungkan ;D Ya yang paling penting, aku pengen ikut karna mau tau aja gitu rasanya, for the first time gitu loh :o

Setelah memutuskan untuk ikut, aku pulang dulu dianter Ka Bella (luvluv banget deh dianter gitu hehe), soalnya aku jam 3 mau ngaji di rumah sama Pak Dayat. Pas banget aku selesai ngaji, Ka Bella ngeline mau siap-siap dulu-sholat-baru deh otw ke rumah aku lagi buat jemput (luvluv). Aku langsung siap-siap juga, and no mandi, karna gak sempet, males, dan ya mandinya ntar aja pas pulang kan udah kucel tuh wkwkwk. Ka Bella dateng, berangkat deh kita ke sekolah!

Pas udah nyampe sekolah tuh, pas masuk kelas gataunya lagi pada briefing. Jadi lagi pada bahas penempatan final bakal dibagiin takjil dimana aja, dan siapa aja yang bakal ada di spot-spot itu. Awalnya ada 2 spot, di Sumir sama dibawah kolong jembatan jalan tol. Pokoknya disitu deh ya, jangan tanya itu dimana sama aku karna ya aku kurang paham soal jalan hehe. Pas penempatan anak-anaknya pada ribut tuh, kayak "ah Nawap disitu aja bu" "yang ceweknya jangan disini bu", ya aku mah terima jadi ajalah ya, yang penting sama Ka Bella wkwkwk. Akhirnya di Sumir itu ada Pojan, Aziz, Ka Aldi, Didan (seinget aku), yang dibawah jembatan jalan tol ada Zidan, Akbar, Aldo, aku, Ka Bella, sisanya tinggal nyesuaiin aja dimana, sisanya tuh masih ada Ka Iki, Ka Hisyam, Nawap, Faris, sama guru juga. Selesai briefing, kita langsung siap-siap buat berangkat!

Jangan lupa tuh turunin kardus-kardus yang isinya takjil. Jadi ada sekitar 6/7 kardus, aku lupa hehe, isi satu kardus ada 25 takjil yang udah di bungkus deh pokoknya, jadi kalau dikasih gampang. Ada tambahan juga sekitar 30 takjil dari mamanya Aditya. Btw aku juga ikut angkut-angkutin kardus kebawah loh! Berat sih, tapi ya masih bisalah aku angkat ahahaha. Sambil nunggu yang lain, ada yang ngambil motor dulu gitu, aku ke kamar mandi dulu deh (penting banget ya Has). Pas udah pada siap di depan tuh, udah ngumpul anak-anaknya, gurunya, motornya, takjilnya, kita berangkatt! Tapi sebelumnya agak lama sih kita berangkat, nunggu dulu yang lain. Kita gak langsung ke pos masing-masing juga, tapi mau ke mesjid apa dulu gitu, jadi itu kayak basecamp kita gitu deh, biar pada tau dulu itu dimana jadi kita semua kesana dulu.


Nah itu final takjil yang kita siapin, begitu bentuknya. Disitu kita siapin label ada bacaan doa buka puasanya. 

Di jalan, wahh udah macet tuh. Yaiyalah, wong orang-orang udah pada keluar kan nyari makanan minuman buat buka. Kita juga berangkat soalnya ya mepet gitu waktunya, jam 5 lebih :') Kita juga sempet tunggu-tungguan di jalan, karena kan yaa gak semuanya ngebut gitu loh, jadinya ada yang ketinggalan di belakang (aku termasuk di depan karna ya Ka Bella ini loh yang bonceng aku) #iykwim. Oh ya, permotor juga bawa kardus masing-masing, aku lupa sih pembagiannya, ada yang bawa 2 kardus apa engga, atau cuma 1 kardus, atau cuma ya kresek-kresek sisa takjil lain (kayak yang Aditya kan beda tuh di kresek sendiri, itu aku yang pegang). Nah pas di jalan aku liat jam mulu kerjaannya, soalnya ya udah mepet banget ya ampun waktunya. Akhirnya, pas kita udah mau deket (gatau sih deket apa engga) sama mesjid itu, kita puter balik lagi langsung aja ke bunderan bawah jembatan jalan tol, buat bagiin takjilnya, karena waktu juga udah nunjukkin jam set6 lewat. Banyak juga yang ketinggalan, gatau pada dimana, pokoknya yang udah di tkp tuh ada aku, Ka Bella, Ka Iki, Ka Hisyam, Pojan, Ka Aldi, Pak Rusman, Pak Aji. Sisanya ya nyusul. Pojan sama Ka Aldi bagiin takjil di daerah mobil yang lagi macet, kalo aku, Ka Bella, Ka Iki, Ka Hisyam bagiin di bunderannya itu. Aku awalnya masih kagok sih buat bagiin, baru pertama kali juga jadi agak-agak gimanaa gitu. Pas ada angkot lewat aja tuh, Ka Bella kan ngasih buat supirnya, nah penumpangnya di dalem cuma 1, mbak-mbak gitu lagi main hp, aku ngelongok aja ke dalem terus ngasihin itu takjil sambil bilang "mbak ini buat buka", ya ampun kalo diinget-inget lagi kan awkward banget ga si :'D, Ka Bella aja sampe kayak kocak sendiri liatnya aku kayak gitu. Terus ada juga bapak-bapak sama anaknya 1, perempuan masih kecil, aku kasih aja kan itu aku samperin, seneng deh liat muka bapak sama anaknya seneng gitu dikasih takjil. Gimana ya, ya seneng aja gitu. Emang deh ya, kalo kita ngasih sesuatu ke orang lain, bukannya orang yang kita kasih yang seneng, tapi kitanya yang ngasih justru yang seneng. Pas banget aku nemu itu kata-kata di postan ig siapa gitu, jadi kalo ada salah-salah kata maapin ya, aku lupa juga soalnya gimana kata-katanya, tapi intinya ya begitu :')


 Asik banget kan Aldo jadi maskot Alma =D


Makin lama makin abis kan itu takjil. Apalagi yang di bagian Pojan sama Ka Aldi, menurut cerita mereka, wuh disana mah cepet abis, apalagi kalo udah angkot, sekali ngasih bisa berapa takjil, alhamdulillah ya. Nah baru deh berdatangan Aziz, Didan, Aldo, Akbar. Ada lagi stock takjilnya, dibagiin lagi. Begituuu terus sampe akhirnya adzan maghrib. Kita buka disana. Untungnya aku bawa minum sendiri, jadi aku minum itu dulu, aku tawarin ke Ka Bella juga, soalnya ya takjil yang kita bagiin gak ada sisa buat kita, ya emang buat mereka juga kan. Ada juga yang pergi dulu buat beli minum. Gak lama, Nawap sama Faris baru dateng. Menurut cerita, Nawap itu dia nungguin di mesjid yang awal jadi tempat janjian kita, dieemm aja disitu, Bu Yuni sampe geli sendiri gitu sama Nawap yang ya begitu, bagus gitu patuh, tapi responnya lama :'D Nah di Nawap masih ada tuh takjil, melimpah lagi, dibagiin lagi, masih macet tuh mobil kan, tapi ada juga yang kita makan buat buka. Setelah lama kita disitu buat buka puasa, kita jalan lagi ke mesjid buat sholat, tapi bukan mesjid yang awal tempat janjian kita, ini di mesjid yang deket sama tempat kita makan nanti.  Karena mesjidnya di pinggir jalan, dan penuh tuh tempat buat parkirnya, kita parkir di depan gatau deh itu pabrik atau apa, pokoknya disitu lumayan bisa buat parkirin motor-motor kita. Nah karena kita parkir di luar gitu kan, jadinya yang cowok sholat duluan, kita yang cewek nungguin disitu. Kita duduk aja di depan pager itu, di pinggir jalan, ngobrol-ngobrol, walaupun ya keadaan kita begitu, cuma yang kayak gini nih yang jadi unforgettable moment banget #asik. Kalau di rumah kan biasanya kita, termasuk aku sendiri, suka lebih ke main hp terus, jadi kurang respect sama apa yang ada di sekitar kita, nah kalo aku kemarin itu, aku jadi lebih merhatiin gitu di luar gimana, kehidupan orang di luar gimana, bangunan-bangunan, awan, langit. Ya sebenernya karna aku gaada paket kuota juga sih, jadi ya aku gak main hp /merusaksuasana



Kualitas foto emang kurang, tapi bisa diliat kan wajah-wajahnya gimana^^

Pas yang cowok udah selesai sholatnya, gantian kita deh yang sholat. Mereka gak nunggu kayak kita disitu, tapi langsung ke tempat makannya aja. Sekalian motor-motornya juga di parkir disana, motor yang dipake Ka Bella sama Bu Yuni dibawa sama anak cowok juga. Lumayan enak sih mesjidnya. Selesai sholat kita foto-foto dulu gitu wkwkwk. Baru deh kita jalan ke tempat makannya, gak jauh kok, tinggal nyebrang terus luruuus aja, terus belok kiri. Kita makan di rumah makannya keluarga Bu Novi, rumah makan padang gitu. Pas nyampe disana yang anak cowok udah selesai aja tuh makannya /iyalah. Btw Pak Rusman sama Pak Aji udah pulang duluan, soalnya Pak Rusman harus jemput anaknya. Zidan, Aldo, Akbar juga mereka balik duluan sebelum sholat itu. Jadi pas kita jalan mau sholat mereka udah gak ada. Balik lagi ke yang tadi. Aku awalnya pesen ayam bakar aja, gak pake nasi, karena ya aku udah kenyang (padahal cuma minum air putih sama kurma) dan gak terlalu pengen makan gitu, eh tapi disuruh Ka Bella pake aja, ntar kalo gak abis dia yang makan wkwkwk. Yaudah aku iyain aja. Pas nyampe makanannya, terlihat enak.... Akhirnya aku makan juga itu nasi ahahaha :D Abis enak, aku suka sama bumbu diatas nasinya, bikin lahap lagi lahap lagi, sambelnya juga enak (duh ini ngomongin makanan, jadi pengen). Tapi akhirnya aku gak abis juga, tinggal dikit nasinya, dan aku yaa suka keburu kenyang pas udah dikit gitu, jadinya dimakan Ka Bella dehh. Alhamdulillah kenyang. Tapi Ka Bella masih belom kenyang. Yha.

Jadi kita ngumpul disitu

 Pas baru banget buka puasa nih

Alhamdulillah ya sesuatu /apasih

Trus yang cowok juga sholat isya dulu. Kita nungguin di tempat makan. Pas mereka balik, kita gak gantian sholat kayak tadi, tapi langsung pulang wkwk. Btw yang nyiapin makanan-makanannya, entah itu kakak/adik Bu Novi (ini juga denger-denger) mirip sama Pak Zein masa :o Pas aku bilang kayak gitu ke Ka Bella, ternyata Ka Bella juga mikir sama! Wah wah.

Pokoknya abis itu kita kembali ke rumah masing-masing. Aku dianter pulang sama Ka Bella lagi. Padahal belom mau pulang #heh. Oh ya, kan Ka Bella kalo bawa motor yaa begitulah kan, itu kerudung aku yang bagian depan, yang bagian menjulang ke atasnya itu(?) sampe masuk ke bagian dalem coba saking ngebutnya. Untung biasa. Untung aman. Untung gak kenapa-napa.


Yap, itu dia cerita takjil on the road pertama aku! Banyak sih pelajaran yang aku ambil, dan nambah pengalaman juga. Kalau tahun depan ada lagi, aku pengen ikut deh! Syaratnya ada temen ceweknya juga sih hehe.

Pelajaran yang bisa aku ambil tuh, ya kayak yang tadi aku bilang diatas sih. Nggak ada ruginya kita mau ngasih sesuatu ke orang lain, malah kalo kita ngeliat mereka seneng akan pemberian kita, kitanya juga yang balik seneng liatnya. Trus banyak juga orang di luar sana yang nasibnya gak seberuntung kita, buat buka puasa aja belom tentu mereka punya. Jadi ya kita juga harus banyak-banyak bersyukur sih, karna kadang kita lupa kan soal itu. Aku juga. Ini pengalaman baru buat aku, seru, dan ya aku jadinya sehari aja kerjaannya gak cuma main hp doang, tapi bisa keluar dan melihat dunia /asik. Oiya, kegiatan kayak gini juga, ya bareng sama temen-temen, diluar, ngelakuin hal positif, buat aku sendiri itu jadi kayak buat ngecharge diri aku gitu. Jadinya kita lebih berpikiran positif, aura-aura kita tuh pengennya kita berbuat baik gitu loh, gimana ya, tentram aja gitu kalo aku, nyaman. Kalau ngedekem aja di kamar kan biasanya tuh ada aja aura-aura negatif yang suka keluar dari pikiran kita, hati kita, jadinya ya keluar kayak gitu tuh emang perlu sih.

Sekian cerita dari aku. Semoga bermanfaat dan menghibur ya!

Terima kasih buat teman-teman, kakak-kakak, dan juga bapak ibu guru buat hari ini!

Oh iya kelupaan! Kita jadinya bagiin takjil di area bawah jembatan jalan tol aja, gak jadi yang di Sumir itu (aku juga gak tau itu dimana). Intinya pada ngumpul semua disitu deh! Kita juga sempet ketemu Azra, Anas, Raka yang entah kenapa mereka bisa nyampe situ juga sih wkwkwk. Udah gitu aja. Hehe.

Sekali lagi, terima kasih semua!

Note: Maafkan kualitas foto yang kurang ya! Lumayan susah juga nih buat ngeabadiin momentnya hehe. Foto yang aku post mewakilkan kita semua ya pokoknya^^



4 comments:

Unknown said...

Masyaalloh hebat nak, barokallahu yaa... Terimakasih atas kerjasamanya nak

Ridhohebat said...

Kereeeeeeeen

Unknown said...

Alhamdulillah.... Akhirnya blognya update lagi hehe....

Sumaryadi said...

Dah lama ya postingan terakhir.. mana postingan terbarunya?