Tuesday, November 13, 2018

Dauroh Quran?

Assalamu alaikum semua!

Apa kabar? Semoga semuanya sehat ya! Teruntuk teman-temanku yang lagi kuliah juga semangat teruuus! Kalian udah ngerasain lebih dulu kehidupan 'sebenarnya' (sebelum kerja pastinya) dibanding aku, jadi yaa kalian harus selalu bersyukur dan juga semangat, okay?

Tuh kan, belum apa-apa udah 'ceramah' aja aku :'D Tapi bukan bermaksud begitu kok, aku cuma pengen nyemangatin kalian aja, sekalian jadi pengingat gituu biar kalian selalu dalam keadaan baik hehe.

Disini aku mau berbagi cerita aja sih. Tentang apa hayo kira-kira?

Hmm. Jadi ini tentang pengalaman baru aku. Sekaligus jadi salah satu 'jalan' aku yang tanpa pernah aku bayangin sebelumnya aku bakal ada di jalan ini. Karena ya dulu pas aku SMA apa yang aku bayangin tuh ya 'biasa' aja, kayak apa yang 'seharusnya' anak-anak SMA kayak aku ini jalanin selanjutnya. Ya kuliah kan? Atau diluar sana mungkin aja ada yang mau kerja, tapi ya kebetulan temen-temen sekitar aku jalan selanjutnya juga memilih kuliah. Jadi ya saat itu 'peta perjalanan' yang udah aku bayangin itu masuk kuliah-dapet temen baru-masuk ke dunia yang baru. Ya begitulah singkatnya. Tapi ternyata aku dapet temen baru dan masuk ke dunia baru itu dengan jalan yang berbeda.


Pas aku nggak lolos SBMPTN dan juga dari test mandiri yang aku ikutin juga nggak ada yang keterima tuh aku udah kayak gimana ya, bingung. Karena jujur ada aja 'tekanan' dari luar yang dateng, padahal 'tekanan' dari dalem aja ga kelar-kelar :'D Tapi ya jalanin aja ya. Waktu itu aku juga mikir emang salah akunya belum bisa keterima di tempat yang aku mau. Sebisa mungkin ngendaliin semua perasaan yang ada. Dari awal juga bunda udah bilang kalo misal aku nggak keterima dan nggak bisa kuliah tahun ini, ntar aku ikut program ngafal Quran gitu. Aku ya setuju aja. Sampe akhirnya aku ada di titik yang waktu itu kita bicarain. Berbagai tempat bunda kasih tau, dari yang deket sampe jauh, dari yang cuma berapa hari sampe berbulan-bulan. Aku juga nggak begitu tau sih bunda tau semua tempat itu darimana, jadi ya aku tau dari bunda aja deh pokoknya XD. Sampe akhirnya ada deh satu tempat yang akhirnya itu menjadi 'rumah' aku untuk beberapa hari.

Perasaan aku saat itu apa? Lupa juga sih aku, udah lewat kan soalnya xD Tapi kalo dipikir-pikir lagi sekarang ya campur aduk. Di satu sisi banyak yang aku takutin dan khawatirin. Aku itu termasuk anak yang nggak punya begitu banyak temen kan, karna ya bayangin aja dari aku SD sampe SMA aku disitu-situ aja, dan aku juga anak rumahan gitu, jadi nggak banyak keluar, kalo keluar ya paling kalo gak sama kelurga ya sama temen sekolah aja gitu. Karena itulah aku takut gimana kalo nggak punya temen disana. Gimana cara mulai ngobrolnya. Aku juga mikirin soal makanannya. Kenapa? Aku itu anak yang ya 'agak' pemilih, susah makan juga, dan kalo makan lama. Aku ya udah mikir aja kan gimana kalo disana makanannya yang aku gak suka, gimana kalo di waktu pas makannya dan di paksa pokoknya harus abis. Wah tamat udah aku kalo gitu. Ya pokoknya banyak yang aku pikirin. Tapi di sisi lain juga aku udah mulai bisa menerima. Aku mikir ya ini toh baik juga kan, terus juga ya ini salah satu yang bunda pengenin. Masa iya setelah aku ngecewain berapa kali karna ya urusan kuliah ataupun lainnya, aku juga harus ngecewain karna ini? Aku berharap ya aku bisa bikin bunda sama ayah seneng karna ini. Hmm ya intinya dibalik berbagai macam perasaan yang aku rasain itu aku berusaha buat terlihat tenang dan baik-baik aja akan hal itu.

Oke, udah fix kan aku bakal disana. Pokoknya yang urusin itu bunda deh. Kayak ya ngehubungin orangnya dll. Sampe akhirnya ada kabar terbaru kalau ternyata ada test. Oke. Jadi ada testnya kawan. TEST. Huuh. Aku udah takut aja mau apaan lagi testnya itu. Ternyata testnya bukan dateng ke tempatnya, tapi lewat telepon gitu. Hayoloh mau gimana lagi. Aku sama bunda udah disuruh buat nyiapin hafalan lagi. Udah ada tuh tanggalnya, jadi kayak ntar bakal ditelpon antara tanggal segini sampe segini pokoknya. Kebetulan waktu itu aku masih magang di TK, jadi bunda ngomong tuh ke orangnya kalo dari pagi sampe dzuhur aku ada kegiatan, jadi ya kalo ditelpon jam segitu akunya gak bisa. Berasa orang penting gak sih hahaha xD Jadi ya selama tanggal yang udah di tentukan itu aku gak tenang, nunggu ditelpon tapi gak dateng-dateng. Bikin was-was!

Sampe akhirnya.....

Ada tuh satu hari itu aku dikasih tau bunda bakal ditelpon. Aku disuruh buat merhatiin HP, jangan di silent, jangan tidur, wah pokoknya bener-bener harus siap deh. Sampe ya aku ketiduran juga karena nungguin itu di kamar. Eh tiba-tiba bunda ke kamar, ngebangunin aku dan bilang kalo ini udah ditelpon ke HP bunda! Wah! Bayangin dong, baru bangun tidur udah di sodorin HP buat test! Jadi dengan suara khas orang bangun tidur itu aku jawablah telponnya. Ternyata belom di test kawan. Disitu ya lebih kayak di wawancara sih. Aku ditanya-tanya aja gitu, sampe kayak 'deal' gitu kalo selama disana nggak megang HP. Ah gimana ya jelasinnya. Jadi aku ditanya beberapa hal, terus orangnya juga kayak mengkonfirmasi kalo aku tuh bersedia gitu dengan biayanyakah sampe peraturan yang nggak boleh megang HP selama disana. Terus aku akhirnya dikasih tau soal testnya. Testnya itu kita disuruh bikin video yang isinya kita baca surat Al Fatihah, surat Maryam ayat 1-5, dan surat An Naba & Al Buruj (matanya harus merem). Jadi khusus 2 surat itu pas baca kita harus merem, ya buat mastiin kita nggak liat gitu. Nggak lupa juga pas awal video kita sebutin nama kita dan kota asal kita. Tenggat waktu pengumpulan videonya 17 Agustus, dan kalo nggak salah jarak waktu antara aku ditelpon dan tenggat waktunya itu antara 3-4 hari. Yap, jadi dengan sisa waktu segitu aku harus mempersiapkan semuanya.

Jadilah kan ya aku ngafalin itu surat yang disebutkan. Aku ngafalin surat Maryam yang sebelumnya belom pernah aku hafal. Tapi ternyata kalo yang surat Maryam boleh dibaca, jadi gak harus dihafal. Ya aku semacam salah denger info gitulah :') Tapi ya tetep aja pas bikin video itu aku bacanya merem, pokoknya ya aku ngebaca yang aku hafal. Kalo surat An Naba sama Al Buruj itu aku ya hafalin lagi, karna ya gak begitu lancar aku, apalagi Al Buruj. Masih inget banget aku dulu pas SD kan harus nyelesein juz 30 terus dikasih sertifikat. Nah di sertifikat itu surat At Thariq sama Al Buruj doang yang nilainya 88, sisanya 90. Seinget aku sih ya begitu. Wuah betapa nyeseknya kan :'D Oke balik lagi. Aku nyiapin hafalan itu pokoknya. Setelah 'keluar' dari sekolah, yang dulunya kalo sekolah kan kita ngafalin surat, setelah udah lulus ya aku udah nggak sesering itu ngafalin kayak pas sekolah. Eh karena ini aku jadi ngafalin lagi. Ada hikmahnya juga kan yang bisa diambil?

Tibalah saatnya aku bikin video buat test itu. Sebenernya aku tuh udah hafal surat di atas dari ya hari sebelumnyalah, cuma aku tuh kayak ya nyari waktu yang pas buat bikin videonya. Kan aku gamau ya lagi baca surat gitu ngadep HP eh ada yang masuk kamar. Aku juga nunggu di bawah agak berisik, jadi pas aku di atas ntar baca surat nggak kedengeran gitu WKWK. Ribet banget ya maunya xD Oke, aku siapinlah ya itu HP buat ngerekam aku. Posisinya itu di meja belajar, aku duduk di kursinya. Sumpah grogi aku! Hahaha. Padahal nggak ada yang ngeliat kan, cuma tetep aja gitu. Sampe udah aku mulai kan itu ngerekamnya, itu ada jeda dulu lama.... atau nggak ntar aku ngomongnya agak gimana gitu, yang bikin itu diulang. Hahaha bener-bener dah xD Tapi ya emang bener deh, nggak bisa deh aku ngerekam kayak gitu. Apa faktor karna ini ntar diliat orang ya? Buat test gitu kan. Hmm entahlah ya. Jadi mikir aku, orang yang biasa ngevlog hebat juga ya! Hahaha.


Udahlah ya kan itu ngerekamnya. Abis itu aku kirimlah ke whatsapp panitianya itu. Tapi karna durasi videonya sekitar 8 menitan, jadinya harus di potong-potong deh itu videonya. Btw aku ngirim videonya pas di tanggal 17nya XD Makanya pas ngirim ya deg-degan. Pas udah kekirim tuh rasanya kayak yaudah pasrah aja gitu :'D Mana awal-awal tuh cuma ceklis satu lagi! Beuhh. Takut kan. Eh setelah beberapa lama terus di cek lagi udah ceklis 2 dan biru, artinya sudah dilihat! Hahaha bismillah ya!

Pengumumannya tuh tanggal berapa ya. Aku lupa. Wait.

Ah. Tanggal 18 Agustus kita pergi tuh ke Revo Town. Kita makan di Ichiban Sushi. Eh tiba-tiba bunda bilang udah ada dong hasil testnya! WAAH. Langsung tuh kan diliat. Ternyata dikirim link gitu google drive. Dicarilah nama aku. Hasilnya.....



AKU LULUS!

HAHAHA YAAMPUN.

Seneng? Jelas!

Gimana ya. Nyesek aja gitu kalo ini juga nggak lulus :') Kata Rai aja gini nih "akhirnya ada juga yang lulus" atau apalah dia ngomongnya. Maksudnya tuh ya akhirnya setelah 'kegagalan' aku di test sebelumnya buat masuk PTN itu aku bisa juga lulus di test yang ini. Ya emang sih ya tulisan 'maaf anda tidak lulus blabla' itulah lumayan berbekas buat aku. Berbekas sakit hatinya maksudnya hahaha. Karena ya kalo di total dari SMPTN sampe mandiri itu, berarti aku udah menerima 'kata maaf' itu.............. 5 kali. HAHAHA. Mungkin ada orang yang lebih dari aku. Tapi buat aku segitu udah sangat banyak. Cukup banyak untuk membuat down. But kita mau nggak mau harus bangkit kan? ;)

Langsung heboh deh abis itu. Ngomongin soal itu. Bunda bilang gini nih,

"Gapapa nggak lulus urusan dunia. Seenggaknya urusan akhirat lulus"

Asek. Padahal mah pas menerima 'kegagalan' beruntun dari anaknya ini juga agak gimana ya hatinya xD Tapi aku seneng seenggaknya aku bisa bikin bunda sama ayah seneng karna ini. Hehehe alhamdulillah. 

Happy! Ini pas kita lagi pergi itu! 

Oiya, daritadi aku cerita panjang lebar tapi belum ngasih tau ya aku test buat masuk kemana? Oke teman-teman semua, jadi 'rumah' baru aku itu adalah......... 

KAMPOENG QUR'AN CENDEKIA

Itu bertempat di Bandung, lebih tepatnya di Cihanjuang, Parongpong. Yap jadi ya masih deketlah ya sama Bekasi hehe. Tapi kita nggak pernah sih ke daerah sana. Jadi ya ini baru pertama kali. 

Disanalah aku akan menjalani hari-hari baruku selama 40 hari. Programnya emang 40 hari. Sebulan lebih. Nggak pernah deh aku seumur-umur pergi selama itu. Rekor aku sebelum dauroh ini aja tuh pas ke Pare waktu kelas 9 bareng temen-temen (acara sekolah) dan itu selama 2 minggu. Itu salah satu kenangan terbaik yang aku punya sih. Bener-bener quality time bareng temen-temen. Bahkan sampe sekarang tuh kalo inget-inget jaman pas di Pare masih selalu kebayang, masih lucu gitu, apalagi kalo 'mengenangnya' bareng temen-temen di kelas sambil ketawa ngakak inget kejadian inilah itulah. Uh jadi kangen mereka :( oke balik lagi. Ini aku ikut program yang batch 5. Buat lebih lanjutnya kalo kalian tertarik bisa langsung cek webnya ya! 


Hmm mungkin segitu dulu ya cerita kali ini. Baru awal-awal aja udah sepanjang ini, gimana nanti pas aku nyeritain hari-hari disana coba? XD Bener-bener harus ngumpulin niat ini mah. Ini aja rekor loh aku ngetik tanpa 'khilaf' ke tab sebelah, entah itu youtube atau pinterest xD Hanya ditemani lagu dari spotify. 

Terima kasih atas waktunya ya! Semoga tulisanku ini bisa menghibur dan bermanfaat buat kalian hehe. Tunggu juga ya kelanjutan ceritanya! Ini baru awal dari cerita yang saaaaangat panjang! Dan juga mengesankan. Buat aku pribadi sih hehe.

Nih ada sedikit quotes untuk mengakhiri cerita pertama di seri DQ5 ini. Udah biasa sih quotesnya, cuma ya ini mewakili ceritaku ini hehe. Aku undur diri ya!

No comments: