Friday, May 31, 2019

Beginning

Assalamu alaikum semua!

Nggak kerasa ya kita udah masuk di hari-hari terakhir bulan Ramadhan. Berasa cepet banget ngga sih kalian? Kok aku ngerasanya waktu udah kayak flash aja gitu, cepet banget sampe ngga berasa. Tapi ya apa pun yang kita rasain di bulan Ramadhan ini, semoga aja puasa kita dilancarkan sampai hari terakhir ya! Semoga kita bisa ketemu bulan Ramadhan tahun depan juga :)

Sambil nunggu buka puasa nih, aku mau lanjutin cerita dauroh aku. Tumben kan bisa update dengan cepat aku hahaha xD Semua memang tergantung niat ya kawan. Eits tapi bukan cuma itu aja sih, bisa karna berbagai faktor lain juga kayak mood, timing, dan niat. Ya emang sih niat yang paling penting hehe :'D Oke, semoga aja di minggu-minggu liburan ini, yang emang bener-bener liburan untuk hampir seluruh masyarakat Indonesia, aku bisa lebih rajin buat update blog ya.

Keep your eyes on me, asek.

Oke langsung aja ya.

Seinget aku kita berangkat tuh H-1, itu pun malemnya. Lupa sih karna apa, tapi kayaknya karna biar bisa ikut semuanya, kan kita berangkat tuh hari Jumat, 7 September 2018. Kalau emang hari Jumat kan berarti ayah masih ngantor, Raihan sama Khansa juga masih sekolah, jadinya malemnya deh. Rasanya berat gitu kan ninggalin rumah, bakalan nggak ketemu dalam waktu yang lama :') Pas udah mau keluar kamar tuh rasanya wuuh, kayak kosong banget gitu itu kamar. Belom apa-apa udah mellow kan tuh.


Kita nginep di Ammeerra Hotel, Bandung. Itu lokasinya lumayan deketlah sama tempat dauroh aku itu. Ya ngga juga sih, lumayan juga, lewatin ITB, ya pokoknya lebih ke pelosok lagi. Kita nginep disitu karna ayah tau juga kan tempatnya, itu wilayah Telkom gitu. Gimana ya jelasinnya, takutnya aku salah juga kan, cuma hotelnya ini bukan langsung ada di pinggir jalan gitu loh. Jadi kita masuk ke gerbangnya itu, di dalemnya ada kantor, wisma gitu, mesjid, dll. Katanya dulu ayah pernah kerja disini, kalo aku ngga salah inget ya xD Enak sih tempatnya, luas gitu terus adem, tertata juga semuanya. Oke maaf ya kalau kalian susah bayangin dan malah dibuat sendiri sama ilustrasi aku ini :'D Tapi kalau kalian mau tau lebih lanjut bisa liat disini.

Kita nyampe di hotelnya itu tengah malem, bisa jadi dini hari malah. Tau sendiri kan jalanan macetnya kayak apa. Ya seinget aku dini hari sih, kalau mau nunggu subuh juga bisa itu kayaknya. Cuma aku udah pasti disuruh istirahat kan xD Walaupun awalnya ngga bisa tidur lagi sih aku, tapi ya dipaksain aja jadinya.

Paginya kita udah siap sekitar jam 6-an. Kita sarapan dulu tuh, udah rapi aku pake gamis dan kerudung syar'i yang tidak pernah aku pakai sebelumnya xD Terus berangkat deh ke tempat daurohnya, tapi ua sama Rai ngga ikut karna masih tidur. Ya emang masih pagi kan ya itu. Jadinya cuma ayah, bunda, sama Khansa deh yang nganter. Ngga sempet perpisahan sama Rai dulu aku tuh :') Oh iya, kita udah siap sepagi itu karna pembukaannya jam 8 pagi, malah di jadwalnya udah registrasi jam 6. Buat peserta yang dari luar pulau Jawa gitu bisa udah dateng sebelumnya, jadi udah nginep disana gitu loh.

Detik-detik sebelum berpisah dengan semuanya ft koper besar

Oke, maaf ya kalau lebay caption di atas. Aku lampirin itu sebagai tambahan aja, kali aja kan kalian mau liat juga koper besar yang aku maksud gimana. Di foto itu emang ngga begitu keliatan sih besarnya, tapi irl lumayan kok, ya kalo dibandingin sama peserta dauroh yang lain koper aku tuh termasuk gede, mereka standar gitu loh, malah ada juga yang kecil, kan berasa rempong banget ya aku :') Tapi ada juga sih yang kayak aku, hehehe. Buat ukuran aku yang kecil gini ya itu koper gede sih. Sekian. 

Perjalanan ke tempat daurohnya cukup lancar. Faktor masih pagi juga mungkin ya. Udaranya tuh, beuh, seger. Jalanan buat sampe kesananya tuh ngga selalu jalan gede gitu, ada jalan kecilnya juga, pokoknya emang bener-bener terpencil sih. Bukan dalam konteks negatif, tapi dalam artian ya tempatnya emang ada di dalem gitu, bukannya yang bisa kalian jumpain di pinggir jalan, harus masuk dan masuk lagi gitu. Itu bener-bener daerah yang baru sih buat aku. Awal-awal baru lewat mah nggak akan hafal aku, udah berkali-kali juga nggak jadi jaminan aku bakal hafal sih, tapi seenggaknya familiar xD 

Pas udah nyampe tempatnya, ntah karna itu di wilayah yang lebih dalem lagi dan mungkin lebih tinggi, udaranya dingin banget. Beneran deh. Aku langsung pake minyak kayu putih :'D Kalau ngga salah lumayan berangin juga, ditambah ya masih pagi gitu kan, mantap sih itu. Aku ada foto tempatnya, tapi ini aku ambil dari atas. 



Nah jadi kita dateng dari area perumahan itu tuh, registrasinya di salah satu rumah itu. Kantornya juga kali ya itu, kurang tau sih aku. Pas kita dateng ada orang gitu yang nyambut di deket mesjid itu tuh sambil bawa kamera, kita dikasih tau kalau registrasi dulu disana. Yaudah deh kita dianterin kesana. Di dalem udah ada panitianya gitu kali ya, ada 2 orang cewe, yang satu pake cadar. Yaudah kan salaman gitu, terus ngapain lagi ya lupa, ya di data gitu kali ya, dikasih tau juga sama bunda kalo aku tuh suka nggak tahan dingin dan disini udaranya sejuk banget (tapi lebih ke dingin, beneran deh dingin). Terus aku disuruh ke dalem gitu buat test STIFIN. Yap, jadi salah satu programnya tuh ada itu. Aku sama sekali nggak tau kan itu testnya kayak gimana, tapi ya aku nggak ada persiapan apa-apa juga sih kayak misal ngafalin materi MTK gitu :) Aku udah pasrah aja WKWKWK. Disitu ada 1 bapak-bapak gitu, baik sih keliatannya, ramah gitu, terus aku ditanya kan ya data diri gitu kalau nggak salah. Terus disuruh cap jari, duh apa ya namanya, jadi ya ada alatnya gitu terus satu-satu jari aku di scan gitu kali ya disitu. Tapi aku bilang kan kalau jari aku berminyak bekas minyak kayu putih, dikasih tisu deh aku disuruh lap dulu xD Udah deh gitu doang, ternyata cuma gitu testnya :'D Untung deh ya nggak ditanya yang lain. Aku balik lagi kan ke depan, terus aku dikasih kantong gitu warna biru tua, ada tulisan KQCnya gitu, di dalemnya ada Al Quran, buku gitu, sama 2 kantong warna kuning yang nantinya itu buat tas laundry.

Udah kan tuh registrasi sama test STIFInnya, kita balik lagi ke deket mesjid itu. Terus aku sama orang (panggil akang aja deh ya biar enak xD) yang tadi nganterin kita itu dipanggil, mau di videoin gitu dong :'D Aku mau nolak gimana caranya kan, gaenak juga, katanya buat dokumentasi gitu. Yaudah deh kan jadinya aku di videoin gitu di depan mesjidnya, cuma disuruh nyebut nama, asal kota, kesan pertama nyampe disana, sama motivasi buat menghafal Quran kita tuh apa. Terus aku foto juga disana bareng-bareng sekeluarga. Btw video yang aku maksud tadi udah ada di youtube! Jujur, aku baru nonton barusan :'D Malu sendiri juga kan ada akunya disitu. Aku baru tau tangan aku di sensor OMG XD Gara-gara pas megang HPnya itu ya lengan bajunya turun kan ya, ternyata ditutupin :'D Mana kesan aku tuh singkat padat jelas dan ga berbobot banget lagi :') kalo dibandingin kesan peserta yang lain punya aku tuh paling ya begitulah :'D Kalian coba tonton aja, biar ada bayangan juga tempat disananya gimana, registrasi, test STIFIn, dllnya. Kalian bisa liat disini ya!


Aku ngelongok ke dalam mesjidnya kan, ternyata udah ada banyak juga orangnya. Aku gatau harus gimana :'D Aku diem dulu aja gitu kan deket mobil sama ayah bunda, tapi akhirnya disuruh masuk juga aku :') Yaudah deh aku masuk, tapi aku cuma bawa tas ransel aku sama tas yang dikasih tadi. Pas di dalem, wah kikuk banget aku :'D Kebanyakan pada pake baju biru dongker yang ceweknya tuh, jadinya aku makin gabisa bedain gitu kan ya, keliatan mirip semua :'D Terus akhirnya disambut gitu juga aku, kebanyakan dari mereka udah kenal kayaknya sih, terus ditanyain gitu deh aku siapa namanya, asal darimana, kalo ngga salah sih wkwkwk lupa juga aku. Aku ditanyain juga udah sarapan apa belom, ditawarin juga gitu, aku bilang udah sarapan deh. 

Ngobrol-ngobrol aja kita, bukan aku sih yang kebanyakan ngomong wkwkwk, aku mah dengerin aja kan, sambil liat-liat situasi sekitar kayak gimana. Terus nggak lama aku keluar lagi kan nyamperin ayah bunda, ngobrol lagi gitu sambil bercanda-bercanda gitu sama Khansa, nggak lama bunda ayah pamit deh :'( Sebelumnya bunda ayah udah nyimpen koper aku di tempat aku nginep nanti, tapi aku masih nggak tau kan dimana, ya gitu deh. Yaudah salim kan tuh, pelukan, di cium wkwkwk terus pada pulang deh. Aku sendirian, hiks.

Aku masuk lagi kan ke mesjidnya, kalo nggak salah mereka lagi ngelingker gitu loh terus perkenalan lagi, tapi karna aku tadi dari luar jadinya aku kelewatan :'D Yaudah aku gabung juga kan, ternyata sebelah aku orang Bekasi juga! Dan seumuran omg hahaha, akhirnya dapet temen walaupun ya masih kaku belom deket-deket banget. Aku nyoba buat ngafalin nama-nama yang lain tapi ya gimana, sulit juga, aku butuh waktu #waelah. Ada juga orang yang baru dateng lagi, dia pake baju tunik gitu kalo ga salah warna abu-abu, kerudung segiempat abu-abu gitu juga, tapi bukan abu tua kayak aku gitu loh, ini lebih muda, terus pake kacamata juga dan aku ngeliatnya itu lensanya kayak hitam tapi nerawang juga gitu loh keliatan matanya. Secara keseluruhan kalo dibandingin sama aku atau yang lain pake gamis-kerudung panjang gitu, buat aku sih ya, dia lebih fashionable gitu loh. HAHAHA duh maapin ya :( kan ini mah kesan pertama aku yang tidak tau apa-apa soal teman aku nantinya. Kalo diliat juga kan kebanyakan pakenya warna dongker tuh, ada sih yang cerah juga, kalo aku nggak salah inget cuma aku sama dia yang sama pake nuansa abu gitu. Ke depannya juga (ternyata) dia jadi salah satu orang yang lumayan deketlah sama aku, selama disana aku berasa punya kakak gitu loh, kan pengen ya aku yang anak sulung ini ngerasain gimana sih punya kakak tuh :( eh bisa ngerasain deh disini hehehe. Nggak lama acaranya di mulai deh.


Kalo kalian liat video pembukaan Dauroh Quran batch 5 yang aku kasih linknya di atas tadi pasti udah ada bayangan gimana acaranya. Makanya biar enak mending kalian tonton dulu videonya ;) Pas pembukaan ada pembacaan ayat suci Al Quran, aku lupa sih itu surat apa hehehe, tapi itu bacaannya bagus deh, walaupun lambat gitu tapi nada pas bacainnya enak. Mungkin kalo aku yang baca kayak gitu nggak bakal nyampe nada sama napasnya :'D Kita nggak tau itu siapa yang baca, wong kita aja baru kan disana wkwkwk, tapi ternyata beliau ustadzah yang nanti bakal ngebimbing kita buat menghafal Quran disini. Namanya Teh Kiki. Orangnya tegas gitu sih, apalagi kalo ntar kita nyetor hafalan tuh, tapi diluar itu baik banget deh. Ntar deh pasti aku ceritain kayak gimana hehehe. Setelah itu dilanjut pembukaan sama ketua DQ ini, lupa sih ada berapa yang ngomong, yang pasti ustadznya ya, petinggi-petingginya juga gitu, kepala ini ketua itu dll. Terus dibagiin juga baju buat kita. Baju ini tuh nanti dipake kalo pas olahraga. Warnanya abu sama merah. Sempet rame gitu sih kita pas dibagiin bajunya, ngukur kira-kira pas sama kita apa engga, gitulah. Aku lupa sih mesennya ukuran apa, M kali ya, abisnya sekarang kalo mesen S udah nggak boleh sama bunda, takutnya ntar kekecilan, tapi baju aku gede juga sih di aku wkwkwk, ya emang modelnya gitu juga sih kayak emang panjang gitu. Udah kelar kan sambutan sama pembagian bajunya, kita lanjut ke training STIFIn itu. Udah keluar ternyata hasilnya! 

Jadi kan dibagiin tuh hasilnya per orang, ya bentuknya semacam sertifikat gitu sih bukannya cuma kertas HVS biasa. Terus dijelasin maksudnya tuh kayak gimana. Naah pas aku dengerin penjelasannya, itu tuh mirip kayak yang dulu Pak Amin kasih tau ke kita di sekolah. Kalo nggak salah sih pas kita kelas 12 deh. Kalo ini kan testnya dari sidik jari kita, ah ya sidik jari namanya aku baru inget hahaha xD Kan di awal aku bilangnya cap jari :'D Maafin ya kawan. Nah kalo sama Pak Amin di sekolah itu pake pertanyaan, kalo nggak salah nih ya jadi nanti per nomer ada beberapa kegiatan atau sifat gitu, kita pilih yang menurut kita tuh kita banget gitu. Kalo nggak salah juga ada empat pilihan deh, kanan atas-kiri atas-kanan bawah-kiri bawah. Terus nanti dihitung misal kanan atas totalnya ada berapa, kiri bawah berapa, dan seterusnya. Baru deh dikasih tau hasilnya, misal kalo kita lebih banyak yang kanan atas berarti kita tuh masuk ke kategori apa, gitu. Cuma sih di training yang sekarang ini penjelasannya lebih lengkap. Hasil yang kita dapet itu, yang semacam sertifikat, disitu banyak sih penjelasannya, misalnya cara belajar kita gimana, clue diri kita apa, intisari tentang kita apa, ah banyak deh pokoknya. Banyak juga hasil disitu yang kayak 'asing' buat aku, aneh gitu loh, contohnya tuh kekuatan jasmani sama fungsi tubuh. Mungkin itu lebih ke 'kita tuh gimana sih orangnya' kali ya? 


Aku baru ngeh ini mirip sama yang pernah Pak Amin sosialisasiin ke kita tuh pas liat penjelasan itu. Itu ada 2 kategori kan per kecerdasan, kayak Ti sama Te, nah itu tuh maksudnya kita masuk ke introvert atau ekstrovert. Kebetulan hasil tes STIFIn aku disitu tuh Ii, alias intuiting introvert. Agak kaget sih aku, karna waktu yang sama Pak Amin di sekolah aku tuh hasilnya feeling xD Tapi pas dengerin penjelasannya ya aku masuk juga sih ke intuiting itu. Seinget aku, kata orangnya nih, kita kan fenotif 100%, nah itu tuh terdiri dari gen 20% + lingkungan 80%. Jadi aku sih nyimpulinnya hasil yang ini lebih ke gen aku, karna dari cap jari juga kan, kalo di sekolah karna yang pengaruh lingkungan, kan kita milih sesuatu yang lebih ke kita tuh apa, kalo kita di lingkungan yang beda, jadi pribadi yang lebih baik lagi gitu atau gimana, bisa aja kan hasilnya beda. Jadinya ya ini nggak harus banget jadi patokan kita ngeliat diri kita tuh gimana, tapi ini bisa jadi gambaran sendiri buat kita lebih ngenalin diri kita sendiri. Panjang sih kalo mau dijelasin kayak gimana, nanti deh ya aku bikin postnya sendiri khusus STIFIn ini. Kalo kalian kepo dari sekarang ya bisa aja search sendiri STIFIn tuh apa, cuma kan kali aja ada yang males harus nyari-nyari lagi, bolak-balik buka tutup satu web ke web lainnya atau gambar satu ke gambar lainnya, jadi nanti aku bikin jadi satu post biar kalian lebih enak bacanya gausah mencar kemana-mana :D Tapi ya udah pasti kalo kalian mau jawaban yang lebih meyakinkan, bisa di cek sendiri ke web resminya, aku kan ini berdasarkan apa yang aku dapet dari training itu tuh, bisa lupa inget lupa inget xD Tapi tenang aja, aku pasti nyari-nyari infonya lagi kok biar nggak ada salah paham :D 

Training STIFIn itu emang ada jeda ishomanya sih. Kalo yang pertama kan itu posisinya di mesjid ya, nah yang kedua ini di asrama putri. Sekalian nih aku ceritain perjalanan kita buat sampe ke rumah kita selama disini tuh gimana. Jadi kan posisi awalnya kita di mesjid tuh, itu dibawah kan, nah asrama putri tuh ada di atas :') Tau nggak, tangganya banyak banget :') 


Duh maaf ya aku nggak ada foto yang lebih jelas dari ini :'D Ini aku fotoin dari depan mesjid. Nah ntar keluar dari pager itu, ada tangga deh sampe atas itu. Bener-bener sampe atas. Kebayang nggak sih :') Rumah-rumah yang ada disitu tuh rumah anak mukim. Anak mukim tuh anak-anak yang sekolah disini, kalo nggak salah cuma SMP-SMA deh. Kalo yang disekitaran kita naik tangga ke atas itu rumahnya anak mukim yang laki-laki, kalo yang perempuan deket sama kita, maksudnya satu rumah tapi beda wilayah gitu. Jadi seperti yang aku jelaskan tadi, perjuangan kita buat naik ya lumayan juga :') Kan kebayang ya kalo misal ntar kita harus naik turun itu tangga tiap hari, duh nggak kebayang deh, gempor juga ini kaki. 

Pas pertama kali liat rumahnya ya lumayan sih, kan emang sederhana juga ya, buat aku bangunannya masih bangunan lama gitu. Pager di balkonnya mirip kayak di Sumedang, kaca jendelanya juga mirip deh kayaknya, nah yang paling penting nih, lantainya sama kayak yang di Sumedang! Kan kalo lagi mellow homesick gitu jadi makin kerasa ya, walaupun beda rumah sih bukan yang di Bekasi. Makanya aku suka sih, lantai Sumedang tuh kan enak ya dingin adem gimanaaa gitu, mungkin faktor wilayah juga sih ya xD Terus diluarnya ada tangga melingker gitu, jadi berasa kesan-kesan jaman dulu banget gitu, aku suka sih jadi kayak istana masa :'D Ya itu pemikiran aku doang sih, vibe yang aku rasain dari rumah itu tuh kayak gitu. 

Kita masuk pertama kali bukan dari pintu yang aku deskripsiin di atas sih, bukan dari tangga melingker itu, tapi dari ada deh pintu satunya lagi. Kalo dari yang tangga melingker itu langsung ke ruang tengah gitu loh, kalo dari pintu satunya itu ke dapur. Nah awalnya aku bingung kan disimpen mana kopernya sama bunda, wong nggak dikasih tau dimananya, taunya cuma udah disimpen di asrama, dah titik. Aku aja masih baru kan sama rumahnya, masih belom tau letak-letak dan sebagainya. Akhirnya aku ke lantai atas, ternyata disana koper aku! Btw belom apa-apa satu roda koper aku udah patah gitu loh :'D Katanya pas dinaikin itu ya ntah sih emang terlalu berat bobot kopernya atau karna udah lama juga itu koper jadinya ya begitu deh. Jadinya tidak bisa berdiri dengan tegak. Eh aku lupa sih itu roda patah pas itu atau kapan, tapi pokoknya roda koper aku jadi begitu. 

Ini tangga buat ke lantai 2
Itu kamar di lantai 2. Paling kanan kamarnya Pipit, sebelahnya kamar Ica.

Terus kan aku nyari kamar aku yang mana tuh, tapi di lantai atas itu nggak ada nama aku. Di atas ada 3 kamar kan, tapi yang satunya kamar panitia. Akhirnya aku leha-leha aja tuh di salah satu kamar disitu, itu kamarnya Teh Fanisa, Ica, sama Mba Nana. Kita ngobrol aja tuh kan, aku, Ledi, Ica, sama Teh Fanisa, kayak ya cerita mau ambil jurusan apa nanti karna kita walaupun beda tahun lulusan tapi tahun depan sama-sama mau SBMPTN. Terus Ica juga cerita kalo dia emang sering ikut dauroh kayak gini, terbang dari sini ke sana, udah menjelajah Indonesia dia tuh kayaknya xD Lucu aja sih, aku baru kali ini dapet temen yang emang beda-beda gitu kan, tapi baik-baik semua. Teh Fanisa itu orang Sumedang, Ica tuh Balikpapan kalo ngga salah, aku sama Ledi dari Bekasi. Oke balik lagi. Kamarnya enak sih, adem gitu loh. Terus kamar sebelah itu kamarnya umi, Mba Laeli, Pipit, sama Mba Rini. Yaudah kan tuh berarti ada beberapa dari kita yang emang belom dapet kamar dan bingung ada kamar dimana lagi. Katanya ada tuh dibawah, kita ke bawah kan jadinya, tapi di bawah tuh adanya ya aula gitu ntar tempat kalo kita ngafalin disana. Eh nggak taunya pas kita masuk ke dalem lagi disana ada ruangan dong dan ternyata itu kamar kita! xD Nama kamarnya Khadijah, disitu ada aku, Ledi, Darin, Opi, sama Teh Mesa. Jadi ya kamar kita tuh nggak ada pintunya, pintunya ya pintu aula itu xD Disitu lebih ketutup sih, nggak ada udara masuk gitu, nggak ada jendela kayak di kamar Teh Fanisa. Tapi enak kok, tetep adem dan nyaman. Hal penting lainnya, jadi deket kalo mau mulai ngafalnya kan tinggal keluar kamar xD

Mengingatkanku akan sesuatu
Tempat kita kumpul buat ngafalin surat disini
Tuh keliatan kan di sebelah kiri ternyata ada ruang lain lagi
Pojok tersembunyi di Ruang Mina yang ternyata jadi kamar kita! Lumayan luas loh itu!

Yaudah tuh jadinya aku naik ke lantai atas lagi kan buat ambil koper aku. Bayangin dong aku harus ngegotong itu koper gede yang secara teknis juga udah agak rusak kan. Tapi ya tetep aku lakuin sendiri, wong yang lain kan sibuk sendiri juga, Ledi juga bawa koper gede kayak aku jadi ya kita senasiblah ya, walaupun aku lebih mungil xD Akhirnya kamar kita sudah ditemukan! Kita langsung milih kasur kan. Kasur disitu kelebihan sih, kasurnya ada tujuh padahal kita kan cuma berlima. Terus kita milih bagian rak buat nyimpen baju-baju kita. Itu waktu ishoma kan pokoknya, jadi ya kita beres-beres dulu dikit, rebahan, abis itu baru sholat, terus makan deh. Wah menu makan siangnya sangat banyak bung! Nasi kotak gitu, isinya ada nasi, capcay, ayam goreng, sambel, tempe goreng, sama kerupuk. Terus ada pisang juga. Mungkin buat kalian segitu mah porsi biasa, tapi buat aku segitu ya banyak. Biasanya aku suka nggak abis kan kalo makan nasi kotak gitu. Tapi kayaknya ini aku abis deh. Hahaha gatau juga sih xD Selesai ishoma kita lanjut training STIFIn itu, di aula yang kita pake buat makan tadi. Tapi di kasih sekat penghalang buat akhwat sama ikhwan pastinya. 

Kita selesai training STIFIn tuh jam 5an kalo nggak salah. Eh enggak deh, lebih lama lagi kayaknya, mau deket-deket maghrib. Itu juga belom bener-bener kebahas semua sebenernya karna keterbatasan waktu. Tapi ya ilmunya udah banyak banget sih yang kita dapet. Abis itu kita langsung sholat maghrib. Kita sholat bareng anak mukim di tempat mereka, ini khusus akhwat ya, peserta ikhwan ya kembali ke asalnya wkwkwk. Aku sholatnya telat tuh, lupa sih kita tuh makan dulu baru sholat atau gimana jadinya aku telat. Bisa juga karna emang ngantri toilet sih. Gatau deh aku hehe lupa. Aku ingetnya tuh pokoknya Teh Mesa juga telat kayak aku. Btw waktu itu aku belom deket sama Teh Mesa, gatau deh udah tau nama apa belom malah itu, tapi Teh Mesa tuh orang yang aku ceritain di atas, orang yang datengnya agak telat terus penampilannya cukup memukau aku sih karna terlihat beda dari yang lain xD Kita sama-sama masbuk kan itu, terus Teh Mesa nyuruh aku yang imam kan, mana kalo sholat maghrib mah dilafalin kan :') Cuma ya karna nggak enak dan segala macemnya jadinya aku nggak bisa nolak juga, yaudah deh :" Teh Mesa, teteh kalo baca ini inget nggak ternyata kita hari pertama aja udah ada moment bareng? xD Mana sama-sama pake baju nuansa abu, kita pake kacamata juga dan mirip lagi kacamatanya! Belom lagi pas pembagian kelompok buat ambil makan, jadi dipasang-pasangin gitu ntar per hari kita ambil makanan hari itu ke dapur terus dibawa ke rumah, aku sama Teh Mesa ternyata barengan! Lupa sih pembagiannya itu kapan hehe. Aku seneng sih bisa deket sama Teh Mesa (pada akhirnya, awal-awal mah masih kikuk diem gitu kan aku wkwk). Oke aku gamau spoiler terlalu banyak disini hahaha. 

Hari ini jam 9 malem aja udah sepi. Mungkin karna capek juga kan acara dari pagi, terus kita juga masih belom deket banget satu sama lain. Lain cerita kalo udah hari ke berapa mah. Hari ini aku juga nggak mandi WKWK. Soalnya kan tadi baru kelar acara aja jam berapa, udah mepet kan, jadinya ya yaudah deh. Lagian disini mah adem juga, nggak sepanas itu kayak di Bekasi kan. Aku nggak ganti baju juga karna males dan hemat baju. Disini aku belajar banyak sih, terutama soal gimana aku nge-manage segala hal. Btw posisi tidur aku di tengah-tengah tuh. Kalo disejajarin nih urutannya ada Opi, Darin, aku, Ledi, baru deh Teh Mesa. Tapi tetep ya satu kasur satu orang wkwkwk. Oh iya, kebetulan kasur kita tuh bukan yang polos banget gitu, gimana ya jelasinnya, jadi nggak dikasih sprei juga nggak masalah, tapi itu emang balik lagi tergantung masing-masing orang sih, tapi aku karna sayang aja kan spreinya jadi nggak aku pake deh xD Kalo nggak salah Darin juga nggak masang spreinya, kalo yang lain aku lupa sih hehe. 

Kita udah disuruh tidur jam 9 itu. Tapi aku nggak bisa tidur. Langsung homesick dong aku, sedih banget deh. Baru juga hari pertama kan. Kangen semuanya aja gitu, kangen rumah, temen, kamar, suasana biasa di rumah, semua deh jadinya dikangenin. Biasanya mah jam 9 di rumah masih ngapain kan aku. Yaudah kan tuh aku diem aja gitu kan mikirin ini itu, tapi akhirnya bisa tidur juga sih aku. 


Yap, kira-kira begitulah hari pertama aku disini. Emang nggak bisa dibilang yang aku ceritain ini persis sama kayak pas hari H nya itu karna ya aku juga udah agak-agak lupa kan, tapi ya mendekatilah hehe. Keliatannya juga mungkin untuk hari pertama tuh aku biasa aja, tapi sebenernya nggak gitu juga kok xD Terus ya buat nama juga hari pertama aku nggak langsung hafal nama semuanya, nama yang aku sebutin diatas juga itu nama panggilan yang akhirnya kita pake sehari-hari, ada beberapa yang nama aslinya ya bukan itu. Tapi nggak jauh banget kok bedanya, kayak kata baku dijadiin non-baku aja gitu, contohnya nama asli Opi tuh Khofifah, tapi disuruh manggilnya gitu aja. Begitu deh ceritanya hehe. 

Pas pertama kali aku ngeliat mereka juga entah kenapa aku ngerasa familiar aja gitu. Jadi bukan sesuatu yang asing banget buat aku. Nggak ngerti juga sih ya aku kenapa bisa gitu. Mungkin ini yang dinamakan garis takdir? #apasih 

Semoga aja cerita aku ini bisa bermanfaat dan menghibur kalian semua ya! Buat hari pertama ini aku belajar walaupun aku di tempat baru dan menjalani sesuatu yang nggak pernah aku bayangin sebelumnya, itu tuh nggak seburuk yang aku kira. Jalanin aja. Kuncinya ya itu, let it flow. Semuanya udah ditakdirin buat kita kok sebelum kita lahir ke dunia ini, kita tinggal jalanin aja dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa, harus ikhlas! Terus ya sebisanya kita nikmatin biar nggak berasa juga kan, kitanya juga jadi seneng akhirnya. Enak deh buat kita. Win-win solution. 

Sekian cerita kali ini! Ini baru awalan cerita dauroh aku, perjalanan kisah ini masih saaaaaangat panjang! Jangan bosen-bosen ya ngikutin seri dauroh aku ini :D Makasih buat kalian yang masih suka ngunjungin blog aku ini, walaupun nggak banyak tapi itu berarti banget deh buat aku :') Kita ketemu di post selanjutnya ya! 

No comments: