Friday, August 27, 2021

Talk Show FMBPI 2021 [Day 1!]

FMBPI, apa sih itu?

Festival Mahasiswa Baru & Pelajar Indonesia atau yang bisa disebut FMBPI ini merupakan satu event yang diadakan oleh SejutaCita bersama Partners yang memiliki visi untuk menyatukan semangat juang dan membangkitkan keinginan berpretasi anak muda Indonesia. FMBPI ini termasuk dari rangkaian talk show online gratis dengan beragam pembicara/tokoh nasional yang disiapkan khusus bagi mahasiswa dan pelajar Indonesia untuk menghadapi dan sukses di dunia perkuliahan maupun setelahnya. 

Aku pertama kali tau event ini dari salah satu temen kampus aku, yaitu Nisa, yang ternyata menjadi salah satu ambassador dan menawarkan kita untuk ikut event ini. Aku awalnya tergiur karena ini gratis sih haha, dan ternyata pembicaranya juga bagus-bagus! Pembicara bagus nan keren juga lengkap dengan materi yang nggak kalah menarik, gimana aku nggak tertarik kan? 

Akhirnya aku memutuskan untuk ikut dan mulai nanya-nanya tuh ke Nisa soal apa aja yang harus aku lakuin buat bisa daftar dan ikut acara ini. Ternyata aku harus upload twibbon di instagram! Jujur sih, upload twibbon kayak gitu tuh merupakan salah satu hal yang aku hindari, kayak ya males aja? Makanya twibbon buat FMBPI kemarin tuh jadi debut aku dalam dunia per-twibbon-an! Hahaha maaf kalau norak, tapi wah aku berasa keren sendiri deh. 

Aku juga ngajak beberapa temen aku dan ada nih yang nyantol satu, coba siapa tebak? Dia lumayan sering aku sebut namanya disini. Aku kasih satu clue nih, orangnya tuh yang waktu itu ngusulin salah satu judul post aku disini, ayo ayo inget nggak? Yap, bener, Nipa! Dia juga tertarik dan kita mulai janjian buat post poster di instagram dan twibbonnya juga. Ini jadi salah satu cerita sendiri sih, karena kita udah janjian nih misal pas hari Senin buat upload itu, tapi keburu kemaleman dan kita mikir 'yaudah deh besok aja', dan besok hal yang sama juga keulang xD 

Tapi bukan itu doang struggle kita! Ini lebih ke struggle aku sih, sebagai orang yang nggak pernah ngurusin dunia per-twibbon-an. Jadi aku nyoba buat masukin foto aku kan sesuai sama template twibbon yang udah disediain, tapi nggak pas mulu gitu loh fotonya. Hasilnya absurd semua. Ada yang terlalu nge-zoom di muka jadinya yang keliatan tuh bibir, hidung, sama mata aku :) Ada juga yang malah cuma keliatan bagian bawah gamis aku, wah kacau semua deh pokoknya yang aku bikin. Setelah aku masih berkeyakinan kuat buat terus nyoba tuh karena kepo juga kenapa bisa nggak pas mulu, akhirnya aku menyerahkan twibbon aku buat diurus sama Nipa. Aku tinggal ngasih fotonya dan taraaa! Apa yang kalian liat di instagram itu adalah mahakarya Nipa, hahaha thank you Nips! 

Pembukaan yang cukup panjang ya dengan cerita yang agak konyol itu. Tapi masih ada satu cerita lagi nih! Buat kalian yang juga daftar talk show ini, pasti taulah kalau lumayan susah buat dapetin tiketnya karena emang sebanyak itu yang berminat dan tiap kita masuk ke aplikasinya tuh pasti udah keburu habis mulu. Akhirnya waktu itu, sekitar jam 2 pagi, kayaknya aku kebangun deh, Nipa masih bangun juga dan kita ambil tiketnya di jam segitu. Tepuk tangan dulu buat kita berdua. 

Oke, udah cukup ya cerita sana-sininya, semoga cukup menghibur sebelum kita masuk ke topik utamanya!

Hari ini merupakan hari pertama talk show FMBPI! Sebelumnya aku udah nulis di kalender biar muncul itu notifnya dan nggak akan ketinggalan deh. Di hari sebelumnya aku udah nyoba login di HP tuh dan bisa masuk, pas hari H ini aku nyoba di laptop nggak bisa terus, pasti karena banyak juga sih ya yang akses. Tiba-tiba ada telepon masuk dan yap, bisa ditebak, itu Nipa yang nelpon ngasih tau kalo dia nggak bisa masuk juga. Pokoknya kita telponan setengah jam sampe akhirnya aku dapet link buat ikut talk show itu. 

Pembicara pertama kita yaitu Pak Nadiem selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Pasti udah pada tau ya sosok beliau. Jadi langsung aja nih, untuk sesi pertama ini topik yang akan dibahas itu adalah masa depan tanpa batas; yang didalamnya akan mengupas mengenai bagaimana kita mencapai aktualisasi diri dan menggapai potensi melalui strategi perkuliahan yang tepat

Topik yang sangat menarik, bukan?

Beliau sendiri bilang kalau anak muda itu punya potensi yang nggak terbatas (limitless). Kita tuh nggak akan kekurangan ide kreatif. Nah, suatu ide sendiri itu juga sebenernya hal yang 'murah', apa coba yang mahalnya? Yap, yaitu gimana kita mengimplementasi dan menerima resiko kegagalan dari ide itu sendiri. Kan banyak ya yang mungkin punya segudang ide brilian yang muncul di kepala mereka, tapi nggak semua yang mampu sampai ke tahap buat ambil langkah mewujudkan itu semua. 

Keberanian tuh menjadi hal yang sangat penting loh. Dan juga, kita harus mulai mengubah persepsi mengenai kegagalan itu sendiri. Ternyata Pak Nadiem sendiri lebih banyak mengambil hal dari kegagalan beliau loh, bukan dari kesuksesannya. Tapi kita juga seringnya gitu nggak sih? Kalau aku sendiri nih, misal pas dulu SMA dapet nilai yang nggak begitu memuaskan di suatu pelajaran, atau gampangnya sampai remedial, atau bisa juga cuma salah di satu soal yang bikin geregetan karena dikit lagi bisa dapet nilai 100. Dibandingkan pas dapet nilai sempurna tuh, aku bakal lebih inget satu soal yang salah itu, atau mungkin jawaban-jawaban yang akhirnya aku tau yang bener apa setelah ikut remedial. Dari kegagalan itu tuh malah lebih nyantol aja gitu loh. 

Ya semoga itu jadi satu contoh yang cukup relevan deh ya :')

Oke, hal lainnya yang perlu kita catat yaitu mengasah kreativitas kita dengan berinteraksi dengan orang-orang. Tempat dimana kita menyemplungkan diri, apakah di lingkungan yang isinya anak ambis atau malah leha-leha aja terus, itu bakal mempengaruhi ke diri kita sendiri. Ini juga cukup relate di aku ya. Temen-temen kelas aku tuh keliatannya kek pada cepet banget deh kalau ada tugas, berasa aku ketinggalan sendiri, jadinya mau nggak mau kan aku juga ikut cepet buat ngerjain itu juga ya. 

Nggak lupa juga, dapatkan pengalaman sebanyak mungkin dengan teamwork. Ini masih jadi salah satu PR buat aku sih, karena pengalaman aku tuh masih minim banget kalau mau dibandingin sama temen-temen aku yang udah banyak nyemplung di berbagai organisasi maupun event tertentu. Keberanian aku masih harus dipertanyakan ini biar bisa mulai melangkah ke tingkat selanjutnya. 

Ada satu hal yang sangat menarik dan paling bisa relate sama aku sih ini. Ternyata, Pak Nadiem itu termasuk disiplin buat baca buku. Buat beliau sendiri tuh baca buku udah kayak nge-gym, jadi emang dibiasain buat tiap hari tuh baca buku. 

"Saya beli buku dari yang bisa saya baca"

Aku pas denger itu berasa kek dapet alesan atau pembelaan lebih buat checkout buku yang aku mau! Hahaha. Jadi kan kalau punya banyak buku tuh selalu ada buku buat dibaca, kita tinggal milih buku mana yang mau kita baca kalau buku sebelumnya udah selesai kita baca sampai habis. Dan dari sekian buku yang masih 'ngantri' buat kita baca juga, akhirnya mau nggak mau bakal kita baca, karena kalau nggak dibaca ya, rugi sendiri kan ya di kitanya? Masa udah dibeli malah dianggurin.

Pak Nadiem juga baca buku fiksi maupun non-fiksi. Katanya, kalau buku fiksi tuh buat hati, kalau non-fiksi buat otak. Hmm, bener juga sih ya? Aku sendiri sih emang lebih banyak baca buku fiksi, novel gitu kan contohnya, tapi setiap abis baca satu novel tuh suka ada aja ide yang muncul di kepala buat aku bikin cerita versi aku sendiri. Cuma ya, semuanya balik lagi ke akunya beneran diketik apa keburu angus lagi aja tuh ide terbang kebawa angin. Kalau buat buku non-fiksi sendiri, yaa anggep aja buku-buku psikologi aku deh ya? Hahaha, harus lebih rajin lagi sih ini aku buat baca dengan serius buku-buku yang jadi referensi perkuliahan aku itu.

Kita juga dikasih tips buat membaca nih. Bukan sekedar ya baca mah tinggal baca, bukan dong. Tapi, gimana kita bisa jadi 'pembaca seumur hidup'. Kuncinya yaitu:

READ WHAT YOU LOVE

Itu juga berbekas di aku sih. Beliau sendiri tadi juga bilang kayak kita suka maksain diri buat baca hal-hal yang rumit atau nggak kita suka, karena ya contohnya misal buku itu lagi nge-tren atau gimana. Padahal, it's not our cup of tea gitu. Seenggaknya, kalau mau mulai, ya mulai dari hal yang kita sukain dulu. Kalau kita malah maksain buat baca hal yang rumit tuh malah jadi cara tercepat buat kita nggak jadi pembaca seumur hidup tersebut. 

Next ya.

Pernah nggak sih kita produktif tapi malah jadi capek sendiri? 

Padahal, menurut Pak Nadiem sendiri, orang kalau merasa dirinya produktif, atau ya suatu produktivitas sendiri itu malah harusnya ngebuat kita jadi nyaman dan damai. Nggak ada tuh orang happy karena nggak ngapa-ngapain. Kenapa? Karena kalau kita nggak ngapa-ngapain ya kita ngerasa jadi orang yang nggak berguna dong. 

Stres sendiri bisa dibagi menjadi dua, ada yang nggak sehat dan juga sehat. Stres kok sehat? Hal yang dimaksud sehat disini yaitu saat kita stres produktif, contohnya misal kita stres karena ada deadline yang harus dikejar dan diselesein, atau pas kita ada group project. Stres yang timbul dari hal-hal itu tuh malah mendorong kita. Kalau yang nggak sehat ya misalnya karena kita punya masalah dengan orang terdekat, atau mungkin secara psikologis kita sendiri. Ada satu kalimat yang tadi juga berkesan buat aku,

"Stres harus dilatih, bukan dihindari" 

Oke, mungkin itu deh ya yang bisa aku share dari sesi talk show dengan Pak Nadiem tadi. Sebenernya masih ada banyak hal yang aku dapet tadi, karena apa ya.. Kayak yang beliau bilang sendiri tadi, dan moderatornya juga ngerasain hal ini, yaitu Pak Nadiem emang kalau ngomong langsung to the point. Jadi emang berapa menit tadi sama beliau tuh nggak berasa tapi kita udah dapet banyak hal. Keren sih. Enjoy juga aku jadinya, apa yang disampein langsung masuk dan nggak ngebosenin sama sekali. 


Oke kita lanjut ke pembicara kedua kita hari ini!

Disini hadir dua perempuan hebat nih, yaitu ada Febby Rastanty dan Sabrina Anggraini. Kak Febby sendiri seperti yang kita kenal yaitu seorang aktris dan penyanyi, selain itu juga merupakan lulusan fakultas hukum Universitas Indonesia. Di lain sisi, Kak Sabrina merupakan Puteri Indonesia Riau '19 dan juga lulusan fakultas ilmu komputer Universitas Gadjah Mada. 

Belum apa-apa, aku udah ngerasa 'wah' sendiri sih sama dua kakak ini. Kenapa? Karena tadi tuh ternyata Kak Febby lagi ada di tempat pemotretannya, jadi kayak ya tetep nyempetin buat ngisi materi di tengah kesibukannya. Di lain sisi, ternyata Kak Sabrina tuh ada di Boston dan pas tadi siang disini, disana tuh masih jam setengah empat pagi! Kebayang nggak sih? Subuh gitu udah rapi cantik aja, siap buat ngisi materi ke kita. 

Nah, di sesi kedua ini bakal ngebahas topik mahasiswa asal mau, pasti bisa; yang di dalamnya dua kakak ini bakal ngebagi kisah mengenai privilege, penolakan, dan juga perjuangan. Weits, topik yang nggak kalah menarik juga ya dari yang pertama?

"Jangan ngabisin waktu untuk hal-hal yang berguna"

Itu merupakan salah satu hal yang tadi Kak Sabrina sampein ke kita. Kenapa sih kayak gitu? Soalnya hal-hal yang nggak berguna itu nantinya malah menjurus ke diri kita yang jadi insecure, dan ke-insecure-an itu sendiri bisa ada karena kita dihadapkan dengan hal-hal yang sama. Bingung nggak? 

Hal-hal yang sama disini tuh contohnya kayak pas di perkuliahan ini nih, garis kita masih cukup sama kan kayak nyari IPK yang bagus, atau antar sesama temen kita yang sejurusan. Kita ngeliat diri kita dan mereka tuh sama, ada di posisi yang sama, tapi kalau keliatannya mereka 'lebih' dari kita tuh ya 'kok bisa'? Padahal kan sama. Begitu kira-kira. 

Tapi, waktu terus berjalan, sampe makin lama semuanya terus melangkah maju, dan jalan kita sama temen-temen kita tuh udah beda. Masing-masing dari kita punya tujuannya sendiri yang mau diraih. Jadi, kalau kita mau ngebandingin diri kita sama mereka tuh udah nggak bisa loh harusnya, karena udah bukan apple to apple lagi. Wong beda, masa masih mau dibandingin? 

"Melelahkan kalau kita terus membandingkan privilege kita dengan orang lain"

Nah, kalau yang ini termasuk hal yang tadi dibahas sama Kak Febby. Kayaknya kalau ngomongin soal privilege mah nggak akan ada habisnya ya? Kita sendiri bisa liat ya dari sekitar, kalau topik ini tuh termasuk ya sensitif hampir untuk semua orang, baik yang punya privilege tertentu atau nggak punya sama sekali. Jadi ya, pasti bakal capek juga sih kalau mau terus dibandingin mah. Karena mau gimana pun, rumput tetangga tuh selalu keliatan lebih hijau dibanding punya kita.

Kak Febby sendiri tadi cerita soal perjuangannya buat akhirnya bisa masuk ke UI, yang nggak berhasil di percobaan pertama. Artinya, ada penolakan disitu. Awalnya mungkin emang bertanya-tanya, kok bisa nggak masuk, padahal tuh ya udah ngerasa siap dan bisa masuk gitu loh. Tapi Kak Febby sendiri bilang, dari situ dia bisa jadi mengasah dan dapet kesempatan lain di bidang industri lainnya sebagai artis sendiri. Dan hal itu juga nggak menyurutkan semangatnya buat ngelepas gitu aja mimpinya buat masuk ke fakultas hukum Universitas Indonesia, yang udah jadi mimpinya sejak SMP. Keren juga sih ini, aku pas SMP mah boro-boro deh tau tujuan selanjutnya mau kemana. 

Akhirnya, di percobaan kedua Kak Febby berhasil diterima di jurusan dan tempat yang ia inginkan sejak awal. Tapi ya, namanya orang ya, ada aja yang ngiranya itu salah satu privilege dia, dikira nyogok dll, padahal ada banyak perjuangan dibalik itu semua yang nggak mungkin dan ya buat apa juga disebar biar orang-orang tau. 

Kak Sabrina sendiri juga pernah ditolak, konteksnya disini yaitu kalau aku nggak salah inget tuh soal lomba yang masih lokal, jadi ya masih di Indonesia, dengan skala yang lebih kecil. Atau ada juga soal pengajuan beasiswa yang ditolak atau ada kesalahan teknis gitu deh jadinya udah selangkah lebih deket, eh kelepas juga. Tapi dari situ, akhirnya Kak Sabrina malah dapet kesempatan lain sampe akhirnya bisa melebarkan sayapnya ke luar negeri. 

Oke, terakhir nih. 

Cara mengatasi ketidakpercayaan diri.

Ini mah aku juga masih harus terus belajar, dan jalan ke depannya masih panjang buat bisa bener-bener mencapai hal itu. 

Tapi, tadi Kak Febby bilang gini,

"Orang lain aja percaya sama diri lo, masa lo nggak"

Kalau dipikir-pikir lagi, ya bener sih. Tapi yang namanya implementasi mah nggak segampang itu kan ya. Cuma seenggaknya, kita bisa pegang kalimat itu juga. Kita harus mulai percaya sama diri kita sendiri. Kalaupun nanti ke depannya gagal, kita jadi bisa tau kurangnya kita dimana, dan hal itu bisa kita asah lagi nantinya. 

Nyoba dan gagal tuh bikin kita jadi dapet sesuatu yang berhaga, contohnya kita jadi belajar lebih banyak. Sedangkan kalau kita nggak nyoba sama sekali, ya kita nggak akan tau hasilnya sama sekali juga dong. Bisa jadi penyesalan seumur hidup. Kata-kata 'harusnya aku ngelakuin itu' malah ngehantuin kita nantinya. 

Okey, mungkin itu yang bisa aku share dari sesi kedua bersama Kak Febby dan Kak Sabrina. Pastinya ada banyak hal lainnya yang tadi juga diomongin selama talk show. Tapi ya, kira-kira garis besar dari yang kita omongin tuh seperti apa yang udah aku bagiin di atas, dan itu juga termasuk hal yang berkesan sih buat aku, karena buat aku sendiri tuh bisa sangat masuk dan dirasain juga sama diri sendiri.



Okey, sekarang kita masuk ke pembicara ketiga! 

Disini ada Indra Sugiarto yang merupakan Founder & CEO MasukKampus. Kali ini topik yang akan dibahas mengenai motivasi, self-love, dan growth mindset; yang di dalamnya akan dibahas gimana sih kita menjaga kesehatan mental dan menghindari insecurity.

Wow, tema menarik lainnya ya ini. Menarik dan sangat bisa diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari kita.

"Semakin kita sibuk, maka semakin produktif"

Ada yang setuju dengan perkataan Kak Indra tersebut? 

Yap, Kak Indra sendiri tadi bilang, semakin kita sibuk, maka kita semakin produktif. Kalau kita nggak sibuk, atau bahasa lainnya ada ruang kosong nih, itu malah bikin kita jadi suka nunda-nunda. Banyak waktu luang sendiri juga bisa jadi kita malah jadi banyak overthinking atau scroll instagram gitu misalnya ngeliat hidup orang lain. Tapi tentunya, harus ada 'rem'nya juga dari kata sibuk itu sendiri biar nggak malah jadi toxic productivity

Soal motivasi sendiri, jangan sampe nih kita cuma termotivasi sesaat. Motivasi itu cuma datang dan langsung pergi gitu aja. Kayak lagu nggak sih? kau datang dan pergi, oh begitu saja. Hahaha oke sampe disitu nyanyinya. Motivasi sendiri bisa dari eksternal, contohnya kayak yang aku lakuin ini, yaitu ikut webinar atau cari mentor sendiri yang cocok dengan kita. Itu bisa menjaga motivasi kita, biar nggak kabur-kaburan gitu aja.

Self-love. Ini masih jadi PR aku juga. PR seumur hidup kali ya haha. Tapi tadi Kak Indra sendiri juga bilang kalau baru bisa self-love tuh di umur sekitar 24-25. Ya oke Hasna, kalau mau nyamain sama umur itu berarti seenggaknya masih ada 2-3 tahun lagi. 

Self-love sendiri merupakan sebuah proses, yang kalau kita belum mencapai itu ya nggak apa-apa, asal kita emang berproses sampe akhirnya kita bisa bener-bener nerima diri kita sepenuhnya dengan segala kekurangan yang kita miliki. Acceptance. Terdengar sepele padahal mah nggak ya.

Growth mindset. Gimana kita membangun kapasitas diri yang baik, memperbesar wadah kita. Contohnya bisa dengan baca buku, nulis artikel, riset, dll. Kalau menurut Kak Indra sendiri, growth mindset tuh must have, bukan choice

Nah, gabungan dari tiga hal itu tuh bisa dan bakal ngebantu kita ke depannya, apalagi kalau kita lagi ada di posisi terpuruk, ngerasa kosong aja gitu walaupun mungkin rasanya kita punya 'segalanya'. Motivasi sendiri bisa berperan biar kita kembali ke track kita. Self-love berperan sebagai acceptance kita akan hal yang menimpa kita. Dan growth mindset buat ngebantu kita untuk terus level up

Terakhir nih, soal kesehatan mental. Nggak kalah pentingnya dari apa yang udah kita bahas sebelumnya. 

Kesehatan mental tuh saking nggak terlihatnya jadi suka disepelein, yes or yes

Ada nih satu tantangan yang rentan ke kesehatan mental kita, apa tuh? Yep! Exposure informasi orang lain, apalagi kalau sampai berlebihan. Ya namanya juga berlebihan ya, suatu yang berlebih tuh emang nggak baik. Apalagi soal ini. Sekarang juga gampang kan ya buat tau hidup orang lain tuh gimana. Kita bisa langsung liat dari update-an dia di sosial medianya, dan kita juga nggak bisa buat menghentikan itu. Karena ya itu juga hak mereka buat mengekspresikan hal-hal tersebut. Tapi tetep, 

"Whatever you feel, its real"

Jadi, tinggal di kitanya aja nih buat menemukan cara biar bisa menyikapi hal tersebut sebaik mungkin. Kalo kata Kak Indra sendiri, jika kita udah keganggu, bisa tuh di stop dulu. Apanya yang diberhentiin? Ya ngeliat hidup orang lain itu. Scroll-scroll instagram misalnya. Daripada capek sendiri di kitanya kan. Atau bisa juga switch acc, alias kalian bikin akun baru yang sekiranya di akun tersebut lebih di filter lagi apa yang mau kalian liat ataupun yang mengikuti kalian. Jadi nggak ada tuh ngerasa 'berat' cuma buat ngebuka akun kita sendiri. 

Aku sendiri juga ngalamin hal itu sih. Dulu tuh aku termasuk orang yang mantengin banget instagram, dari post orang sampai story nya juga. Aku liatin satu-satu, nggak pake skip. Tapi aku mulai membatasi dan bahkan pernah bener-bener nggak buka dulu sama sekali pas aku lagi gap year. Ya kebayang ya itu isinya tuh orang-orang yang lagi mulai kuliahnya, sedangkan aku di rumah aja gitu. Jadi, daripada ngebawa penyakit hati ke akunya, mending akunya aja yang emang masang tembok dulu gitu dari hal-hal tersebut. Sejak saat itu deh, aku udah mulai 'bodo amat' sama hidup orang lain. Nggak perlu selalu tau di hari itu mereka update apa sih? Sekarang aja nggak tau deh udah berapa hari aku nggak buka main acc aku, kapan-kapan deh ya kalau kepengen juga. 

Bisa juga nih kalo kalian mau berselancar di sosial media, pilihnya yang emang nggak berinteraksi langsung sama orang. Apa tuh? Kalau aku sendiri, lebih sering menyemplungkan diri di youtube atau pinterest. Di dua platform itu kan kita bisa milih ya apa yang mau kita liat, nggak ada perbandingan lainnya. Ya mungkin ada sih kalau kitanya masih dikit-dikit ngebandingin, cuma seenggaknya itu nggak secara langsung gitu loh. Duh, ngerti nggak ya kalian? :') Pokoknya ya kita sendirilah ya yang tau batasan diri kita. Sampe mana kita ngerasa oke atau mulai nggak oke. Kalau udah tau kan ke depannya bisa lebih mudah lagi tuh buat ditanganinnya. 

Ada nih beberapa kalimat dari Kak Indra yang juga berkesan di aku,

"Jatuh 7 kali, bangkit 8 kali"

Jadi kalau kita emang jatuh, gagal, daripada terus terpuruk mending cepet-cepet bangkit. Kalau terlalu lama diem tuh malah pikiran-pikiran negatif lebih cepet buat masuk ke kita. Jadi ya, kita harus 'ngalahin' si jatuhnya itu, kalau dia mau nonjok kita 10 kali, balik tonjok lagi 12 kali. HAHAHA duh kayaknya ini bukan contoh yang tepat juga, tapi semoga kalian nangkep maksud aku deh ya. 

"Mending kita nggak minum dulu, daripada minum air beracun"

Konteksnya disini tuh bisa masuk ke kita yang ada di lingkungan yang toxic. Susah sih emang kalau di case kita tuh nggak punya pilihan lainnya, kayak ya lingkungan pertemanan kita tuh kerasa toxic tapi ya kayak ini juga tempat kita gitu. Jadi kalau bisa, daripada terjun ke lingkungan yang kurang baik itu, mending kita nggak usah terjun sama sekali. Nanti dulu deh punya temennya, daripada dapet temen yang nggak klop buat kita. Tapi balik lagi ya, keadaan tiap orang pasti beda, jadi apa yang udah aku bilang barusan, kan siapa tau interpretasi atau cara penyampaian aku kurang bener, jadi nggak bisa ditelen mentah-mentah juga. Jadiin ya suatu saran aja sebagai pertimbangan dimana kalian lagi di posisi itu dan harus ngambil langkah ke depannya. 

Oke, segitu deh ya dari sesi ketiga ini. Tadi juga asik tuh obrolannya, interaksi antara moderator sama Kak Indranya bener-bener ya timbal balik. Banyak ketawanya juga. Buat aku sendiri sih Kak Indra juga pas ngomong lumayan cepet, jadi kadang aku nggak bisa nyatet secara detail gitu apa yang tadi dibahas. Tapi hal itu menunjukkan kalau beliau emang tau dan paham sama apa yang diomongin kan ya. 


Akhirnya kita sampai ke pembicara terakhir di hari ini! Keren juga ya, aku bisa anteng sampe empat sesi gitu, dari siang sampe malem. Tapi ya gimana, topik yang diangkat juga menarik dan pastinya bermanfaat juga kan ya buat kita. Kapan lagi gitu? 

Pembicara sesi ke-4 ini yaitu Kak Nadia Amalia selaku CEO & Co-Founder ChatAlia.id dan CerdikMapan. Topik yang dibahas tuh paling beda buat hari ini, yaitu taktik menyimpan Rp50 juta dalam 4 tahun kuliah; yang di dalamnya bakal bikin kita melek investasi dan finansial mulai dari sekarang

Nah, dari awal tuh udah di highlight kalau kita mau nabung tuh, harus tau kenapa nya. Jangan sampe kita asal nabung aja tapi nggak tau sebenernya itu tuh ke depannya buat apa. Kalau kita nggak tau alesan kenapa nya dibalik kita yang mau manage uang itu, nanti malah jadi susah sendiri ke kitanya. Jangan sampe juga kita malah jadi over saving yang menjadikan kita tuh pelit tapi nggak tau itu buat apa. 

Kak Nadia sendiri bilang mulai nabung atau manage uang nya itu dari SMP-SMA, alesannya pun terdengar sederhana, yaitu karena pengen kebebasan. Di umur segitu kan ya kebanyakan dari kita masih dibiayai oleh orang tua, yang nggak semua orang tua juga bakal langsung ngasih apa yang kita mau. Nah, karena itulah Kak Nadia bertekad buat punya uang itu sendiri biar bisa beli apa yang dia mau, tanpa harus diatur ini itu oleh orang lain.

Punya suatu goal juga penting loh, tapi kita juga harus bisa ngukur goal kita itu. Misal, waktu kita mau suatu hal tuh pas dibayangin rasanya gampang, bisalah itu buat dicapai, padahal kalau kita tulis tuh baru keliatan susahnya. Kalau yang Kak Nadia contohin kemarin tuh kayak kita mau beli rumah. Pas dibayangin mah nggak akan begitu kepikiran tuh kalau rumah tuh satu hal yang mahal, jauh, atau besar buat kita. Tapi pas udah ditulis, tau harga aslinya, gimana susahnya buat dapetin itu, baru deh. 

Selanjutnya, Kak Nadia juga ngebahas soal analisa bocor halus. Apa sih itu? 

Jadi kalau kita mau mulai nabung, mulai dulu nih dari analisa bocor halus. Bocor halus disini tuh maksudnya pengeluaran-pengeluaran yang nggak begitu penting. Kak Nadia sendiri kemarin cerita pas diliat tuh kemana ya uangnya tuh ngalir, banyak pengeluarannya yang mengarah ke kopi. Kayak sesering itu Kak Nadia beli kopi atau ke cafe gitu. Nah, kalau kita udah tau bocor halus kita dimana, kita bisa mulai buat nyoret itu biar nggak keterusan dan yap, nggak bocor lagi. 

Kak Nadia juga ngebahas soal metode SMART. Wah, dulu pas aku sekolah di Alma sering banget tuh denger kata SMART ini hahaha. Tapi beda nih yang mau kita bahas. SMART disini tuh yaitu:

Specific

Measurable

Achievable

Reasonable

Time frame

Jadi kita harus punya specific plan dengan metode SMART itu. Contohnya disini seperti yang udah di share oleh Kak Nadia, spesifik; kita mau punya uang tabungan, measurable; berapa harganya? Kita tulis angka 100 juta misalnya, achievable; apa usaha kita untuk meraihnya?, reasonable; jangan lupa buat cek nih sama kondisi kita apakah memungkinkan?, time frame; kita mau tulis dalam waktu 5 tahun. Itu contohnya aja ya. Nah nanti disesuaiin aja sama apa yang mau kita capai, dan pastinya menggunakan metode SMART ini.

Pokoknya, kalau mau nabung tuh, kuncinya adalah konsisten

Kira-kira itu hal yang dibagikan oleh Kak Nadia di sesi terakhir ini! Sama kayak sebelumnya, sebenernya masih banyak ilmu yang aku dapetin, tapi karena ini berhubungan sama angka juga ya jadi aku tuh takut salah hahaha. Jadi mungkin segitu yang bisa aku share ke kalian. 



Lumayan banyak juga ya ternyata pelajaran yang bisa kita ambil di hari pertama ini? Emang deh, belajar tuh nggak selalu di dalam kelas ataupun menyangkut pelajaran ataupun mata kuliah kita, tapi hal-hal kayak yang dibahas sebelumnya tuh juga nggak kalah penting buat kita bisa terus maju dan sukses ke depannya. 

Mungkin segitu ya yang bisa aku bagiin hari ini ke kalian. Sebagai pengingat, apa yang aku share sebelumnya itu emang apa yang aku dapetin dari siang sampe malem. Tapi aku juga menyajikannya dengan bahasa aku sendiri dan ditambah berbagai pengalaman atau pemikiran aku akan hal tersebut. Jadi kalau ada yang salah-salah bisa kasih tau ke aku juga ya! Hal baik yang kita dapetin semuanya itu dari pembicara kita hari ini, dan kalau misal ada yang keliru berarti itu dari aku sendiri, siapa tau kan aku ada error sendiri selama mendengarkan, mencatat, dan memahaminya, jadi waktu disampaikan ulang disini ada beberapa kekeliruan. Kita sama-sama belajar aja ya!

Aku cukup termotivasi sih setelah mendengarkan berbagai pembicara hari ini. Merasa tercerahkan aja gitu. Cuma kayak yang tadi dibahas sebelumnya, jangan sampe aja nih motivasinya dateng eh abis itu langsung pergi gitu aja. Dari sini juga aku bisa kenal moderator yang juga ikut menemani kita hari ini, dan aku salut juga sih karena mereka keren gitu. Dari pembawaannya yang asik, cara ngomongnya juga udah wah keren aja gitu, padahal ternyata ada juga yang mungkin kita masih sama-sama di semester berapa juga, jadi aku ngerasa salut aja sih. 

Pokoknyaa! Aku ngerasa seneng bisa dapet berbagai hal bermanfaat yang semoga aja juga bisa berbalik ke kalian manfaatnya. Entah itu hal baru atau mungkin suatu hal yang aku udah tau tapi ditekenin lagi biar inget terus sama hal itu, pokoknya nggak ada yang sia-sia deh dari aku di depan laptop selama berapa jam di ruang tengah hahaha. 

Kita sama-sama belajar lagi ya besok! See you!

No comments: