Sunday, August 15, 2021

Lagu Masa Sekolah

Udah nggak heran lagi kan ya, kalau lagu tuh termasuk salah satu hal yang melekat di kehidupan sehari-hari kita. Terkadang malah beberapa lagu tertentu tuh waktu kita dengarin lagi jadi punya ceritanya tersendiri, iya nggak sih? Entah jadinya kalau diinget itu hal yang memalukan, menyenangkan, atau menyedihkan. Tapi buat aku sendiri, lagu termasuk jejak yang tertinggal dalam kenangan masa sekolah dulu, disamping dari adanya foto maupun video. 

Foto atau video yang menjadi bukti adanya cerita kita di saat itu emang berharga. Dengan pesonanya sendiri yang menggambarkan secara nyata bahwa hal itu emang pernah terjadi di masa lampau. Tapi rasanya, kalau mau dibandingin sama lagu tuh beda banget nggak sih? Kayak, kalau foto maupun video kan udah ada penampakan aslinya ya, yang disajikan emang sesuai sama apa yang terjadi saat itu, tapi kalau alunan lagu tuh bisa kita interpretasiin sendiri. Punya ceritanya sendiri bagi tiap orang. Satu lagu yang sama bisa aja jadi dua cerita yang berbeda untuk dua orang. 

Jadi aku yakin, tiap lagu pasti punya cerita ataupun maknanya sendiri bagi kita. Termasuk beberapa lagu yang bakal aku share sekarang. Buat aku unik sih, begitu kita denger satu lagu, dan saat itu juga bayangan dibalik lagu itu langsung terbayang di kita. Kejadian yang mungkin udah berlalu entah berapa tahun yang lalu, bisa kita ingat karena suatu lagu. Kadang lagu yang sebenernya tuh happy atau nggak ada unsur sedihnya sama sekali malah jadi membawa perasaan yang berat karena cerita yang ada dibaliknya, maupun sebaliknya. 

Lagu-lagu yang bakal hadir disini termasuk lagu yang melengkapi masa sekolah aku dan teman-temanku. Karena aku sekolah di tempat yang sama untuk SMP maupun SMA, jadi ini sekalian aku gabung ya!



1. Today My Life Begins (Bruno Mars)

Begitu denger lagu ini, bayangan waktu pelajaran Bahasa Inggris di kelas 8 dulu langsung muncul. Aku sama sekali nggak tau lagu ini sebelumnya, kayaknya semua temen aku juga merasakan hal yang sama. Kenapa? Karena waktu itu, nggak ada satu pun dari kita yang familiar sama lagu ini saat Pak Amin tiba-tiba ngasih selembar kertas yang berisi lirik lagu dengan beberapa bagian kosong yang harus kita isi. Yup, waktu itu Pak Amin pake cara ini buat kita belajar listening

Aku masih inget kalau itu cara yang cukup menyenangkan hahaha. Aku bukan anak yang pinter Bahasa Inggris, apalagi listening kala itu, kayak ya masuk kuping doang tapi nggak bisa diproses deh itu kalimat apaan yang lagi aku denger. Tapi karena ini sambil dengerin lagu, dan enak juga lagunya, jadi enjoy juga deh akunya. 

Bahkan saat aku ngetik ini, gambaran kelas kecil kita yang mungkin terlihat seperti gudang tapi jadi kelas paling dingin seantero SMIT, kondisi kelas yang agak riuh karena bingung dengan selembar kertas berisi lirik yang sama sekali nggak familiar buat kita, ataupun suara kita yang minta buat diulang lagi lagunya buat denger bagian yang belum kita isi tuh masih tergambar jelas buat aku. Gimana senengnya kita waktu bisa nebak bener kata yang rampung, gumaman 'ooh ternyata ini toh' waktu kita tau jawaban yang bener, atau ketawa Pak Amin yang khas sambil berusaha menanggapi negosiasi kita akan pengulangan lagu yang nggak ada habisnya. 

Ah, jadi mellow. Hahahaha. Kangen deh.

Aku rasa, nggak mungkin kan Pak Amin asal pilih lagu walaupun itu cuma buat media belajar muridnya juga? Ternyata, lirik dari lagu ini bagus banget. Mungkin waktu aku kelas 8 udah sadar kalau liriknya tuh bagus, tapi sekarang, setelah ya hampir sekitar tujuh tahun berlalu, aku bener-bener bisa memaknai tiap kalimat di lagu itu. 

It hits different. 

Tiap lirik dari lagu ini bener-bener nyentil buat aku. 

I've been working hard so long

Seems like pain has been my only friend

My fragile heart's been done so wrong

I wondered if I'd ever heal again

Tujuh tahun bukan waktu yang singkat. Cukup untuk lebih membentuk diri kita semua. Dan untuk pembentukan diri itu, pastinya kita melalui banyak hal, termasuk hal-hal yang kurang menyenangkan, bukan? Mungkin dengan semua yang kita lalui, tanpa sadar kita jadi keras ke diri sendiri, sampai bertanya-tanya, apa bisa semuanya balik ke semula? Apa luka yang kita dapat bisa sembuh? 

Oh just like all the seasons

never stay the same

All around me I can feel a change

Kita berubah. Hidup kita berubah. Keseharian kita berubah. Teman-teman kita pun berubah. Lambat laun perubahan sudah jadi kawan kita. 

I will break these chains that bind me, happiness will find me

Leave the past behind me, today my life begins

A whole new world is waiting, it's mine for the takin'

I know I can make it, today my life begins

Duh sampe nggak tau lagi aku harus dideskripsiin kayak apa ini, hahaha. Kenapa jadi kayak bedah lirik lagu ini? 

Oke, seperti yang udah kalian liat, liriknya beneran bagus kan? Dan itu belum keseluruhan dari lagu ini. Jadi, kalau kalian mau tau lagunya kayak apa, bisa denger disini ya! Mungkin buat temen-temen aku yang baca ini juga, udah agak samar gitu kan sama lagu ini tuh kayak apa, bisa coba didenger lagi sekalian mengenang masa lalu! Hahaha. 

Terakhir untuk lagu ini, makasih buat Pak Amin yang udah ngenalin aku dan temen-temen semua lagu ini. 😄

2. More Than Words (Westlife)

Ini lagu legend. Asli.

Aku lupa tepatnya waktu kelas berapa, entah 8 atau 9, anak kelas kita mulai rame pada main gitar. Aku termasuk yang suka main, belajar tiap kuncinya, tapi nggak masuk kategori yang sampe jago gitu. Just for fun. Kayaknya sampe sekarang aku inget beberapa kunci yang emang gampang, kayak D, atau A, itu pun kalau emang aku nggak kebalik sama kunci yang lainnya hahaha. 

Ini jadi lagu favorit buat belajar gitar karena kuncinya yang gampang dan repetitif. Kayaknya tiada hari tanpa ini lagu dimainin di kelas deh. Harusnya lagu ini nggak mungkin pada lupa deh? Tapi siapa tau ada yang mau denger, bisa disini ya!

More than words

is all you have to do to make it real

Then you wouldn't have to say

That you love me

'Cause I'd already know

3. Cups (Anna Kendrick)

Aku lupa siapa yang pertama kali ngenalin lagu ini. Tapi seinget aku lagu ini termasuk kisah kita di kelas 9, karena udah ada Hapiz yang notabenenya jadi anak baru waktu kita kelas 9. Aku nggak termasuk dijajaran anak yang ikut mainin 'gelas'nya itu. Kayaknya waktu itu aku nggak begitu tertarik buat nyobain deh, karena pas liat yang pada main udah pusing sendiri aja hahaha. 

Temen-temen aku suka pada mainin ini ntah pas jam istirahat ataupun jam kosong. Hampir semua anak cewek mainin, kecuali aku sama Indah. Aku lupa sih Indah emang nggak main atau lagi nggak main aja, tapi dari video yang aku punya waktu sekelas nampilin ini pas LDKS di tahun terakhir kita jadi murid SMP, cuma aku sama Indah yang nggak ikut pindah-pindahin gelasnya itu. Kalau anak cowoknya ya, cuma Hapiz aja yang ikut, sisanya jadi paduan suara atau tim hore 😂. 

Aku punya dua dokumentasi pas kita nyanyiin lagu ini. Pertama, kayak yang sebelumnya aku bilang, yaitu waktu LDKS. Kedua, waktu kita lagi di kelas, entah sih itu jatohnya kita lagi latihan buat penampilan yang sebenarnya pas LDKS atau cuma iseng, tapi aku asumsiin itu latihan karena kalau iseng doang kayaknya anak cowok yang lain nggak akan betah buat stay berdiri sambil nyanyiin itu, yang ujung-ujungnya malah jadi kocak, heboh, chaos dicampur jadi satu. Hahaha. 

Oh ya, lagu ini tuh dari film Pitch Perfect ya. Mungkin di film itu judul lagunya When I'm Gone, I think? Karena kalau kalian mau denger lagu ini, yang bakal langsung aku tautin ke official video nya disini, kalian bakal nemuin kalimat itu. 

When I'm gone

When I'm gone

You're gonna miss me when I'm gone

You're gonna miss me by my hair

You're gonna miss me everywhere, oh

You're gonna miss me when I'm gone

4. Senbonzakura (Hatsune Miku/Vocaloid)

Oke, ini paling beda dibanding yang lain. 

Walaupun dulu aku juga terjun ke dunia per-anime-an, atau jejepangan, aku nggak terjun sedalem itu sampe kenal juga sama vocaloid. Jadi, terima kasih untuk entah Dipa, Nipa, atau Hapiz yang pertama kali menyebut lagu ini, mungkin antara Nipa dan Hapiz sih, sampe akhirnya kita semua tau kehadiran lagu satu ini. 

Lagu ini mungkin nggak senyantol itu buat kita, karena yang terlibat langsung dengan lagu ini ya tiga nama yang sebelumnya udah aku sebut. Mereka, dengan kerennya, pada masanya tentunya (haha bercanda! kalian keren kok), nyanyiin lagu ini sebagai salah satu perwakilan penampilan dari sekolah kita waktu acara pertukaran budaya dengan hadirnya beberapa murid dari Jepang ke sekolah. 

Keren nggak sih? Pertama kalinya dan mungkin terakhir ada acara kayak begini di sekolah kita. Terharu juga ya kita bisa jadi bagian dari ini. 

Perlu kalian tau, waktu mereka nyanyiin lagu ini tuh, wah, gila banget, dalam artian positif. Maksud aku, tinggi nadanya ga main-main. Keren kalian bertiga bisa nyanyiin ini waktu itu. Hasil akhirnya belakangan ajalah ya, yang penting semangat, kesenangan, dan percaya dirinya dulu aja. 

Karena nulis ini, aku jadi nyari dong videonya di youtube. Untuk pertama kalinya aku nonton, atau bahkan denger, versi asli dari lagu ini. Aku juga baru tau kalau arti dari senbonzakura ini tuh yaitu thousand of cherry trees. Ini yang ada di judul video itu ya haha, kalau aku salah bisa tolong kasih tau aku! Oh ya, kalau kalian mau denger juga lagu ini, versi aslinya tentunya, karena aku bisa dimusuhin kali kalau menyebar secara luas video mereka nyanyiin ini, kalian bisa liat disini ya!

Senbonzakura yoru ni magire

Kimi no koe mo todokanai yo

Koko wa utage hagane no ori

Sono dantoudai de mioroshite

5. Pumped Up Kicks (Foster The People)

Ini salah satu lagu andalan buat kita yang suka main gitar di kelas selain yang udah aku sebut sebelumnya. Alesannya sama, karena kunci gitarnya gampang dan berulang juga. Buat aku pribadi sih, aku lebih sering mainin lagu ini. Kayak, udah mah aku cuma belajar yang gampang kan kuncinya alias ya ini doang, jadi tiap megang gitar tuh udah otomatisnya ke lagu ini. 

Lagi dan lagi, mungkin lagu ini nggak buat seluruh dari kita, karena yang paling sering nyanyiin ini kan yang suka main gitar aja tuh. Dan puncaknya itu waktu ada acara di sekolah, mungkin ulang tahun sekolah? Aku juga lupa. Pokoknya ada penampilan dari beberapa murid gitu kan, antara emang mereka mengajukan diri atau pilihan dari guru, dan aku termasuk salah satu yang tampil itu! 

Aku lupa sih awal kenapa akhirnya kita bisa tampil. Tapi yang pasti, ada aku dan Indah sebagai vokalisnya (wow keren banget vokalis); Aziz, Didan, Nada, dan Rapli yang ngiringin kita pake gitar. Kita pun diarahin sama Mr Hendro selama latihan buat penampilan ini. Ini penampilan pertama kita di depan umum, walaupun ya masih di sekolah juga. Tapi, buat orang-orang yang tau kita, atau mungkin khususnya disini aku sama Indah, tau banget atau ya kesan ke kita berdua tuh anak yang diem pemalu gitu hahaha. Aku sempet denger katanya salah satu guru, yaitu Bu Iroh, yang dulu juga pernah jadi wali kelas aku waktu kelas 5 SD, sampe kaget sendiri liat kita nyanyi gitu. 

Buat kalian yang mau denger lagu ini, bisa sekalian liat official music video nya disini ya!

All the other kids with the pumped up kicks

You better run, better run, outrun my gun

All the other kids with the pumped up kicks

You better run, better run, faster than my bullet

6. Blank Space (Taylor Swift)

Lagu ini juga bukannya yang melibatkan kita sekelas sih, karena secara khusus lebih personal buat kita-kita anak cewek selama di Pare. Aku nggak tau mereka pada setuju apa nggak sama hal ini, tapi setidaknya Nipa dan Indah juga merasakan hal yang sama, jadi ini bukan berdasarkan aku doang ya. 

Buat kita, kalau denger lagu ini bakal langsung inget sama Pare, dan begitu pun sebaliknya. Ini jadi lagu yang sering diputer selama kita disana. Aku juga lupa awal dari semua ini, tapi anggep aja Debby sebagai swifties sejati jadi satu-satunya kandidat yang paling cocok sebagai orang yang sering nyetel lagu ini. Mungkin juga dia sebenernya muter satu album, karena nggak mungkin dia cekokin kita dengan satu lagu aja, tapi lagu ini jadi lagu yang paling nyantol buat kita. 

Selama di kamar waktu kita di Pare, pasti ada aja kan yang nyetel lagu. Mungkin juga lagu ini yang menduduki peringkat teratas sebagai lagu yang sering diputar. Aku bener-bener lupa latar belakang dari lagu yang satu ini, tapi menjadikan lagu Blank Space dengan Pare dalam satu kalimat tuh udah kayak hal yang nggak terelakkan juga buat aku. Jadi, buat kalian teman-temanku yang mungkin masih inget, atau ya buat yang udah aku sebut namanya tadi, bisa comment kalau emang tau cerita lengkapnya.

Udah lama juga aku nggak denger lagu ini, apalagi sambil nonton mv nya. Kalau kalian mau ikut flashback, bisa langsung cek aja disini!

'Cause, darling, I'm a nightmare dressed like a daydream

7. Sampai Jumpa (Endank Soekamti) 

Sebelumnya aku nggak tau lagu ini, sampai akhirnya bisa tau karena kita nyanyiin ini waktu wisuda SMA. Walaupun udah agak samar, tapi masih terpintas gimana saat kita latihan lagu ini sekelas. Aku dan teman-temanku, yang notabenenya berjumlah 18 orang dengan dominan laki-laki, udah pasti hasil dari kita nyanyi bersama ya lebih terdengar suara berat laki-lakinya. Tapi ntah kenapa, itu malah ngebuat aku jadi lebih merinding? 

Kayak, duh. Hahaha. Susah jelasinnya. Mereka bener-bener temen aku yang berharga (jangan bilang aku lebay!). Apalagi sebagian besar dari mereka kan udah sama-sama dari SMP, malah ada yang dari SD juga, jadi kayak kita udah kenal selama ini, terus akhirnya berpisah buat menggapai impiannya masing-masing gitu. Terus yang biasanya dengerin keberisikan mereka di kelas, atau kalau lagi ada yang ngelawak, eh sekarang serius nyanyiin lagu sedih. Kan langsung beda. 

Waktu latihan lagu ini, kita lumayan kesulitan buat hafalin liriknya, karena mirip gitu kan ya, nyaru, jadi kadang yang harusnya di bagian kedua nyanyiinnya, eh ntar malah nyasar ke bagian pertama. Terus juga buat nyesuaiin nada lagunya. Suara anak-anak cowok kelas kita kan lebih ke rendah berat gitu ya, jadi ya disamain juga tuh semuanya biar nggak ada yang begitu rendah atau terlalu tinggi. Seinget aku sih itu sekilas dari cerita lain dibalik gimana kita nyanyiin lagu ini waktu wisuda. 

Kalau kalian mau denger lagunya juga, atau ya flashback lagi, bisa denger disini ya!

Awal 'kan berakhir

Terbit 'kan tenggelam

Pasang akan surut 

Bertemu akan berpisah


Kayaknya itu aja sih lagu yang bener-bener mengingatkan aku sama masa sekolah dulu. Mungkin masih banyak lagu yang lain, tapi rasanya itu lebih personal atau lebih ke pendapat pribadi aja, jadi nggak aku masukin disitu. Untuk lagu yang udah aku tulis di atas, temen-temen aku yang baca ini pasti bisa ngerasain juga kan ya kalau semua lagu itu emang melukis ceritanya sendiri kala itu. 

Buat tambahan, ada beberapa lagu yang aku jadi tau karena temen-temen aku, atau lebih tepatnya karena anak cowok yang suka nyetel ini di kelas sih hahaha. Lagu apakah itu? Mungkin ada beberapa sih, tapi yang paling aku inget dan membekas di aku itu ada dua lagu, yaitu I Choose U (Timeflies) dan Que Sera (Justice Crew). Ada yang mungkin nggak tau lagu itu? Coba denger deh, enak kok lagunya!

Kalau denger dua lagu itu, vibe yang aku rasain tuh langsung kayak balik lagi ke jaman dulu. Kalian pasti paham kan ya, lagu yang kalau didenger tuh ada 'sentuhan' yang bikin itu tuh punya identitas lagu lama. Penuh kenangan. Kayak ada sesuatu aja gitu di dalamnya. Dari kedua lagu ini, kalau I Choose U itu lebih asik dari segi nada lagunya, nah beda lagi dengan Que Sera. Sekali denger, langsung kayak ditarik ke masa lalu. Apalagi dengan liriknya yang juga bagus. Tapi ya, sekali lagi, ini dari sudut pandang aku ya. 

So don't be scared of losing me, because I'm always choosing you

Tebak, itu dari lagu apa? Langsung ketauan sih ya hahaha. Yup, itu penggalan lirik dari lagu I Choose U dan kalian bisa denger lagunya disini

We keep falling, but the world keeps spinning

And I might stop winning, but I know that we're gonna be alright

Aku bingung kalau harus milih penggalan lirik lagu ini karena aku suka semuanya, apalagi lirik pertama yang pas didenger langsung wuush kayak ada angin aja gitu lewat hahaha. Tapi ya, ini dia! Ayo dengerin lagunya dan cari lirik ini ada di bagian mana! Kalian bisa denger lagu Que Sera disini

Begitulah, sesi mengenang masa sekolah dengan beberapa lagu yang jadi punya identitas baru karena berbagai cerita dibaliknya. Kebanyakan emang pas jaman SMP sih ya itu, tapi balik lagi, bener-bener lagu di atas yang paling aku inget, jadi emang seberkesan itu buat aku, dan harusnya juga buat temen-temen sekalian sih. Tapi, kalau kalian punya lagu lain, yang mungkin aku lupa atau ya versi kalian sendiri, boleh banget kok ikut cerita di kolom komentar! 

Aku seneng banget akhirnya bisa nulis dan cerita hal ini ke kalian. Aku bener-bener nikmatin waktu aku ngetik ini. Mengingat lagi kenangan lama, kembali mendengarkan lagu-lagu lama, dan jadi sadar kalau aku punya masa-masa sekolah yang menyenangkan. Bukan berarti selama ini aku nggak sadar ya! Tapi ya, jadi kangen juga aja gitu. 

Sekian untuk hari ini. Terima kasih sudah membaca sampai selesai! 

No comments: