Sunday, October 31, 2021

Liburan Kecil yang Berharga

Di akhir Oktober kemarin, kita sekeluarga pergi ke Bandung dan Garut karena suatu urusan. Tentunya kesempatan masih sekolah online ini tidak kita sia-siakan alias ayo gas kita pergi aja! Karena itulah, 'liburan' singkat kita ini bisa terjadi! 

Kita rencana pergi dari hari Kamis, tentunya setelah urusan ayah ke kantor selesai, bunda yang juga beres-beres rumah dan segala macamnya, dan kita anak-anak yang juga sekolah dan kuliah. Hari Kamis, khususnya untuk aku, termasuk hari yang padat karena ada dua praktikum (ke depannya nambah jadi ada tiga, yes, let's pray for my sanity). Jadi sebelum aku ngerjain semua itu, karena kita mau pergi juga jadi aku harus bersih-bersih rumah sebelum ditinggal cukup lama. Baru deh habis itu aku berkutat dengan praktikum digital citizenship yang selalu aku pertanyakan 'ini kah yang harus aku lakukan sebagai mahasiswi psikologi?' karena harus berhadapan dengan phyton, dgx, google collab, dan serangkaian hal yang nggak mau aku sebutkan lebih jauh. But thanks to my friends karena kita selalu ada untuk satu sama lain (ceilah) jadi aku bisa melewati semua ini. Oh, dan juga buat Afdil! Terima kasih atas kesabarannya dalam menghadapi aku yang uring-uringan sama satu tugas ini hahaha.

Setelah itu juga aku nyicil verbatim buat praktikum psikodiagnostika dan tugas lainnya. Jadi ya sebisa mungkin nggak banyak beban yang menunggu untuk dikerjakan gitu ya. Baru deh abis itu aku nyiapin baju dan hal lainnya. Ah iya, pas banget waktu ayah pulang dan bawa makanan padang, aku lagi mau goreng tofu yang kudu dibikin sekarang karena expired nya itu tanggal 22 hahaha, kalau nggak dibikin sekarang mah ya keburu lewat lagi kan ya.

Rencana kita sebenernya nggak berangkat yang malem banget gitu ya, tapi ya jadinya kita emang berangkat malem. Temen-temen kuliah aku juga sekarang mulai hafal dan heran sendiri kali ya liat aku yang pergii mulu, tapi makasih kawan karena kalian selalu mengerti diriku ini. Setelah episode ke Sumedang kemarin yang aku gmeet buat bahas laporan, bener-bener dari aku berangkat masih di Bekasi sampai udah mau nyampe hotel di Sumedang, dan aku masih sama mereka. Beginilah cara kita menjadi semakin dekat, yaitu karena berbagi beban dan stres bersama. 

Kita nginep di The Newton Hotel yang ada di sekitaran jalan Riau. Dua kamar yang ada connecting door untuk memudahkan kita semua. Seperti biasa, Rai mah bikin popmie karena laper wkwkwk. Tapi kemarin itu aku rada nggak enak badan. Entah itu aku kedinginan di mobil apa gimana, pokoknya perut aku langsung nggak enak dan jadinya absurd aja sebadan-badan. Baru juga nyampe aku langsung ngeluarin freshcare dan minyak kayu putih andalan. Dan nggak lama juga aku tidur lagi. 

Keesokan harinya, ayah udah berangkat pagi-pagi ke kantor naik gojek, jadi mobilnya emang ditinggal di hotel. Aku nemenin ayah dulu ke bawah buat nuker sendal ke sepatu di mobil sambil dadah dadah pas ayah udah mau berangkat sama gojeknya. Jadi pengen ngerasain naik gojek di Bandung aku tuh :( suasananya kayak enak aja gitu. Lagian kayak berasa spesial banget gitu kita ada di luar kota tapi bukan pas weekend, jadi ngerasa udah bagian dari warga sini hahaha. 

Sisa waktu sebelum kita checkout itu ya aku tiduran aja, karena Jumat adalah hari yang lebih bebas buat aku selain ada team teaching di siang ke sore nanti. Aku juga ngelakuin sesi photoshoot bersama boneka kucing gemes yang berlaku sebagai keyring di tas aku juga! Ya ini lebih karena gabut aja sih ya aku. Pokoknya kita beres-beres dan udah turun sebelum jumatan. Tapi kita masih harus nunggu ayah kan ya, jadi ya Rai juga jumatan dulu di mesjid deket sini dan kita nunggu di lobby

Sambil nunggu juga aku sempet telponan sama Nada sebentar. Abis itu ya aku ngobrol-ngobrol aja sama bunda atau Khansa. Waktu Rai udah dateng lagi nih ke hotel, nggak taunya bener aja perkiraan aku, dia bawa sesuatu alias jajan hahaha. Tiba-tiba ada tentengan aja tuh satu es doger di tangan. Dia juga cerita di deket mesjid sana ada yang jualan cimol sama batagor. Mau beli deh jadinya kan ya sambil nunggu ayah juga, jadinya aku ikut Rai tuh jalan ke tempat dia jumatan tadi. Aku kira deket ya, tapi lumayan jugalah itu jalannya hahaha. Tapi gapapa, jalan di Bandung mah rasanya beda :D 

Sayang oh sayang, pas kita nyampe sana nggak taunya itu cimol udah abis :( jadinya beli batagor aja deh 10.000 udah dapet banyak itu. Kita beli kue cubit juga buat Khansa. Abis itu ya balik lagi kita ke hotel. Dan nggak taunya, batagor yang keliatannya banyak itu, ya cepet juga ya abisnya kalau dimakan barengan mah hahaha. Mau beli lagi tapi lumayan juga jalannya. Tapi ya untungnya nggak lama setelah itu ayah dateng! Bawa buah-buahan juga yang dapet dari kantor atau karna acaranya atau apa lupa hehe, jadinya aku bisa makan itu juga selama di jalan.

Awalnya kita tuh mau nyari makan dulu kan, cuma tiap kita ngelirik tuh tempat makan pada penuuuuuh semua. Terus dikiranya mau ke tante dulu gitu sebelum kita ke Garut, gataunya ayah udah keburu jalan ke arah tol gitu loh, jadinya kita langsung cus aja deh ke Garut. Selama di jalan tuh aku sempet ketiduran juga kayaknya, bangun-bangun tuh pas kita lagi mau ke tempat makan yang dulu pernah kita datengin juga entah tahun berapa, namanya Asep Stroberi. Tempatnya enak deh, luas, terus ada bangunan stroberi juga yang dulu kita pernah foto disitu.

Oh ya, sebelum kita nyampe ke tempat makan ini, pas aku cek grup tuh baru dapet info kalau ada satu matkul yang baru aja keluar tugasnya dan deadline nya itu nanti malem :) jadi mau nggak mau, ya harus dikerjain sekarang kan ya. Jadinya kemarin pas turun mau makan itu aku sekalian bawa laptop dan nyicil itu tugas, biar pas nanti nyampe ke tempat nginepnya tuh nggak riweuh sendiri gitu kan akunya. Enak juga kalo jadinya tugas tuh udah kelar. Selain itu juga aku ngerjain vclass lain sih yang emang selalu ada di hari itu, pokoknya selama aku di tempat makan itu dan di mobil juga ya aku kerjain deh. Makanya karena selain pas selesai makan tuh kita juga langsung sholat disana, dan agak hujan juga, nggak jadi deh kita mau foto-foto disananya :( 

Lanjut ke tempat kita nginep selama di Garut! Waktu itu udah malem juga ya, gelap, jadi kita sempet kelewatan gitu loh tempatnya karena emang nggak keliatan dan penerangannya juga minim. Model tempatnya tuh bukan hotel, tapi kek ya bisa disebut villa kali ya? Sederhana sih, modelannya kayak saung-saung gitu, kamarnya tuh berdiri di atas kolam gitu. Karena kita nyampe malem juga rasanya agak serem sih waktu itu, karena tempatnya tuh emang yang kayak banyak pohon, cahaya juga minim, dan sepi aja rasanya. Pas liat kamarnya tuh wah, lumayan luas? Dan ayah mesennya dua kamar kan tapi ya berhubungan gitu loh ada lorongnya, tapi kalau dipikir-pikir mah satu kamar juga sebenernya cukup karena masih banyak ruang kosong gitu, kalau kita bawa kasur lipet mah bisa deh itu tinggal ngampar aja dibawah. Disana juga nggak ada wifi karena katanya sempet diputus dulu dan belum dipasang lagi, jadi emang bener-bener istirahat sih ya jatohnya. 


Ada satu hal menarik nih. Di kasur yang ditempatin Rai, ada semut dan laba-laba kayak lagi berantem gitu! Aku liatin karena penasaran dan aneh aja gitu kan, terus jadi heboh sendiri karena itu semut lama-lama kelabakan dan jadi kayak kelipet gitu dia(?) dan pas aku liat lebih teliti lagi ternyata itu semut dikasih si jaring laba-laba itu :') terus sama si laba-laba diseret gitu. Ih beneran deh, baru kali ini aku ngeliat hal kayak gitu? Tapi kasiannya, pas Rai mau tidur gitu kan ya dia bersihin kasur gitu ya, kayak ditepok-tepok deh itu kasur, dua makhluk itu sama Rai mau di ya hush hush in gitu, tapi kayaknya terlalu keras sampe si laba-laba jadinya penyek atau apa ya jadinya malah bye dia :') usaha keras dia untuk menaklukan lawannya ternyata selesai sampai situ :')

Besoknya, aku sama ayah bunda jalan aja di sekitar tempat itu sekalian liat-liat kan. Ternyata emang bagus loh pemandangannya kalau udah terang mah. Tempatnya ini sebenernya enak kok, cocok aja gitu kalau emang rame-rame keluarga, sekalian bawa mainan biar nggak main gadget mulu gitu kan, sambil sedia makanan yang banyak! Emang cocok buat tempat healing sih, apalagi kalau mau istirahat dulu gitu dari segala hal yang berurusan sama internet. Abis itu aku sama ayah naik mobil nyari indomaret gitu buat beli makanan, ya ngeganjel gitu kan buat sarapan. Baru deh kita siap-siap buat checkout dari sana jam 12 kurang, dan itu Rai juga sambil megang laptop karena dia ada kelas di hari Sabtu. Ya kita mah tanggung jawab jalanin, piknik juga jalanin gitu kan ahay :D



Terus kita ke tujuan utama kenapa kita bisa ada di Garut, yaitu kondangan temennya ayah! Tapi cuma ayah sama bunda aja yang turun, kita anak-anak mah nunggu aja di mobil. Kondisinya masih gini juga kan, jadi bunda sama ayah juga nggak begitu lama disana. Pas balik ke mobil lagi bawa es krim sama crepes gitu. Ya kita mah dikasih es krim aja udah seneng kan ya hahaha. Baru deh abis itu kita jalan lagi mau ke arah Bandung, tapi sebelum itu kita ke tempat beli oleh-oleh dulu dan makan di Ponyo! Tapi di Ponyo sana tuh lagi ada kondangan gitu kan, jadi yang bisa dipake cuma area atas aja. Tapi enak aja sih tempatnya. Dan disana aku mencoba jus cenghar yang isinya itu ada nanas, kemangi, dan lemon! Gimana rasanya? ENAK! Seger deh. Suka deh aku, doyan :( bisa nggak ya di Ponyo Bekasi tuh ada menu itu juga :(

Kali ini kita nginep di rumah aki enin! Pas nyampe tuh aku rada nggak enak kan mau ke toilet, eh gataunya aku emang 'dapet' loh, mana aku nggak bawa persediaan kan ya. Jadilah baru juga nyampe aku langsung pergi ke indomaret lagi buat beli alat tempur itu hahaha. Kita di rumah aki sampe ya kira-kira dzuhur keesokan harinya. Paginya juga aku sama ayah ke tempat Uwa Evy dulu, terus sebelum kita ke rumah tante juga kita mampir ke Uwa Deny dulu. Dibeliin es krim kita disana, padahal itu posisinya pas mau pulang dari rumah aki tuh karena aku lagi halangan juga jadi emang lagi sakit-sakitnya tuh perut, agak-agak rewel biasalaah wkwk, tapi dikasih es krim reda jugalah ya lumayan hehe. Sebelum ke tante juga kita nyari laundry dulu biar pas balik ke Bekasi tuh nggak numpuk banyak itu cucian. 

Pas nyampe rumah tante, ada banyak makanan yang menanti :D Qila akhirnya bikin udang yang udah dia janjiin ke aku, dan juga ada makanan-makanan lainnya. Terus ya kita makan sama ngobrol aja kan ya sampe sebelum kita nginep di hotel lagi. Tapi hotel kali ini tuh prokesnya ketat. Emang dicek suhu, terus ya scan peduli lindungi juga. Enak juga tempatnya, dua kamar lagi tapi kali ini nggak ada connecting door nya. Pas nyampe kamar aku langsung tiduran lagi, terus mandi dan bikin pop mie dower :D Makan pedes sambil ngebagi part buat presentasi psikodiagnostika besoknya, yang ternyata di esok hari nggak ada kelas alias yey aku kosong :D 

Besoknya di hari Senin, di saat ayah ke kantor, adik-adikku ada kelas, dan aku yang akhirnya dapet info kalau satu-satunya kelas hari itu vclass, jadinya aku free sendiri hehe. Paginya kita sempet sarapan bareng sih ke bawah, terus sempet ya jalan-jalan ke depan aja bentar terus balik ke kamar lagi. Abis itu aku pengen keliling aja kan jalan sekitar situ, apalagi ada gramedia juga, tapi karna nggak ada temen karna Rai ada kelas, dan abis itu aku ketiduran sampe siang menjelang sore, nggak jadi deh itu :( akhirnya pas aku bangun tuh kita berdua cuma ke bawah doang buat beli KFC karena belum pada makan lagi. Terus abis itu ayah dateng, dan kita ada rencana mau ke tante lagi sekalian mau ambil laundry juga. 

Sesi foto bersama boneka kucing gemes karena aku gabut

Tapi sebelum itu, Rai yang udah kepo banget dari awal kita nginep buat mesen makanan yang di hotel, akhirnya waktu itu mesen juga deh akhirnya. Dia mesennya pizza gitu sama es krim. Nunggunya lumayan lama sih, tapi pas nyampe tuh makanannya kita kaget sendiri karena ya banyak juga. Apa ya, kan tau sendiri ya makanan dari hotel mah suka mahal dan kita nggak tau itu harga sama apa yang kita dapet emang sebanding apa nggak, nah buat yang ini tuh kita puas sih. Buat pizza tuh potongannya emang banyak dan ukurannya nggak yang pelit juga, kalau es krimnya sendiri juga ada roti dll nya. Kenyang sih itu. Buat pizza dan es krim ukuran hotel gini sih harganya nggak yang mahal banget juga, malah kita sempet heran karena harganya bukan yang wow melejit gitu. Pas tau ternyata oke juga nih makanannya, Rai tuh rasanya mau pesen makanan yang lain :) fix sih kalau nanti kita nginep disini lagi kayaknya dia bakal nyoba ini itu.


Kita nyampe di rumah tante tuh disambut dengan sepupu aku yang lagi lumayan riweuh ngerjain tugas. Tugasnya tuh bukan kumpulan soal ya, tapi kerajinan gitu. Aku liatnya kayak wah keren ya, tapi kasian juga sibuk sendiri mereka. Disana ya ada banyak makanan lain, ada udang juga, tapi karena aku masih super kenyang, jadi aku harus tunggu kenyangnya ini buat turun dulu. Kayak biasa sih kita mah ngobrol-ngobrol aja. Pas kita balik tuh nggak cuma laundry aja yang kita bawa, tapi ada cireng, cimol, dan lain-lain dari tante. Hehe seneng :D 

Sebenernya tuh kita rencana buat pulang ya hari ini. Tapi karena udah malem, dan pas nyampe hotel juga langsung pada tumbang semua, nyisa aku sama Rai aja yang masih melek, jadinya kita baru pulang di hari Selasa. Kesampean sih ini apa yang bunda pengen hahaha. Jadi kan emang pas awal kita pake dua kamar, tapi cuma satu yang diperpanjang gitu tuh, akhirnya kita sang anak-anak pindah tuh ke kamar ayah bunda. Terus ya kan rada sayang ya kalau baru juga diperpanjang nih, eh kita malemnya udah pulang lagi padahal masih bisa sampe jam 12 siang besoknya. Awalnya bunda udah kek bujuk-bujuk ayah tuh buat pulangnya besok aja wkwkwk, cuma karena ayah ada urusan juga jadi waktu terakhir ngebujuk mau sampe gimana juga tuh kayak udah mentok aja gitu. Eh nggak taunya beneran nih, kita masih di hotel sampe besoknya :D 

Besoknya juga kita nggak langsung pulang di pagi bangetnya sih. Aku masih sempet kelas dulu tuh di kamar. Satu matkul terlewati. Matkul kedua tuh aku sempet izin buat off cam dulu karena harus checkout kan, udah mepet jam 12 tuh. Mana pas di lift mah udah hilang aja tuh koneksinya wkwk. Jadi aku ke mobil tuh sambil megang laptop. Lanjut lagi tuh kelas di mobil sepanjang jalan. Aku langsung make background dulu biar nggak keliatan banget di mobil gitu, soalnya matkul ini emang wajib on cam gitu. Terus sepanjang jalan ya aku sambil kelas. Sebenernya pada nyari makan juga, cuma entah nggak nemu yang pas atau akunya juga lagi agak susah juga kan, akhirnya nggak jadi deh. Paling mampir di mesjid dulu buat pada sholat, kebetulan aku lagi halangan juga kan jadi aku mah anteng aja di mobil sambil kelas wkwk. 

Sebelum kita berhenti di salah satu rest area, matkul kedua aku udah selesai tuh. Terus aku bisa makan dulu dengan tenang sebelum matkul ketiga mulai. Tapi nih, entah karena akunya juga udah rada capek, atau keenakan juga akunya kan dibawah ac gitu bener-bener kena dingin, aku sempet ketiduran gitu :') untung aja sadar lagi akunya. Lumayan lama sih itu kelas. Kayaknya beberapa menit sebelum nyampe rumah tuh baru selesai itu matkul ketiga aku. 

Dan ya, akhirnya sampe rumah! Aku bantuin nurunin barang dan ambil paket aku yang udah dateng hehe. Senengnyaa! Total ada tiga paket buat aku hahaha. Tapi yang paket ketiga tuh terhitung cepet loh nyampenya, baru juga aku order kemarin eh udah nyampe aja besoknya. Jadi ya sisa dan akhir dari liburan singkat kita ini tuh ditutup dengan aku beres-beres barang, diskusi beberapa hal soal tugas kelompok, dan juga unboxing paket-paketku! 

Begitu sih kira-kira liburan kecil kita. Semua ini bisa terlaksana karena sekolah dan kuliah yang masih online, ayah yang harus ke Bandung sekaligus abis itu ada kondangan ke Garut, dan ya kitanya juga aja yang dengan senang hati menyambut peluang ini! Karena ya mumpung bisa juga kan, kita nggak ada yang tau ke depannya bakal dapet kesempatan yang sama apa nggak. Keburu pada makin sibuk atau perkuliahan yang mulai offline, mari kita nikmati hal-hal yang masih bisa kita lakukan sekarang hehe. 

Mungkin keliatannya agak rempong ya, atau kayak duh mungkin bawaannya males sekolah atau kuliah karena lagi di luar kota juga. Apalagi judulnya bisa aja jadi liburan gitu kan hahaha, tapi buat aku pribadi mah nggak ada masalah sih. Kuliah mah ya jalan aja. Kalau capek atau rada pusing sedikit ya yaudah, nikmati kepusingan itu dengan suasana yang berbeda hahaha. Daripada capek nan pusing eh ditambah sumpek di kamar mulu ya kan? Semuanya balik ke kitanya juga sih mau mandang dan jalanin hal ini kayak apa, kalau dibawa enjoy mah pasti nggak akan kenapa-kenapa juga :D 

Begitulah cerita dari waktu berharga aku dengan keluarga kecilku! Untuk menutup cerita kali ini, aku mau share salah satu buku yang baru aja aku beli dan ikut selama liburan ini. Jadi kalau lagi senggang, selain aku baca novel lain yang aku bawa, ada buku ini juga sebagai pilihan lain untuk aku baca. Kalau kalian tertarik, bisa nih buat diangkut ke pelukan kalian. Bukunya bagus loh, isinya beragam dan menarik semua! Judulnya "Aku Ingin Pulang meski Sudah di Rumah" terbitan Penerbit Haru!

Sekian untuk kali ini, terima kasih!☺

No comments: