Thursday, May 3, 2012

~ Tips Mendapatkan Banyak Teman ~

Memiliki banyak teman memang menyenangkan. Bisa main bareng, belajar bareng, dan curhat bareng. Pokoknya bakalan seru banget, deh! Kamu pasti ingin memiliki banyak teman juga, kan? Caranya mudah, kok. Silakan kamu baca beberapa tips di bawah ini!

Menjadi pendengar yang baik

Ya, kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik. Ketika sedang berbicara dengan teman, simaklah setiap kata yang ia ucapkan. Dengarlah dengan serius. Jangan menyela pembicaraannya. Jika ingin berkomentar, berkomentarlah setelah temanmu selesai berbicara. Pendengar yang baik adalah teman bicara yang baik. Temanmu akan merasa nyaman berteman denganmu.

 Ramah dan murah senyum

Tersenyumlah kepada dunia, maka seluruh dunia akan tersenyum kepadamu. Bersikap ramahlah kepada dunia, maka seluruh dunia akan bersikap ramah kepadamu. Dengan tersenyum, wajahmu akan tampak ceria. Dengan bersikap ramah, setiap orang akan senang berteman denganmu. Namun ingat, semua itu harus kamu lakukan dengan tulus. Bagaimana jika hati kita sedang sedih? Apakah kita masih bisa tersenyum? Oh, tentu bisa! Meskipun agak sulit, tapi itu tidak mustahil untuk dilakukan. Tetaplah tersenyum kepada siapa pun meski hatimu sedang sedih. Insya allah, dengan selalu tersenyum dan bersikap ramah, kesedihan hatimu akan terobati.

Jangan sombong

Sifat sombong adalah sifat yang harus segera kamu hilangkan. Tak ada seorang pun yang menyukai manusia sombong. Kamu harus selalu rendah hati. Jika wajahmu cantik, ingatlah selalu bahwa masih ada yang lebih cantik dari kamu. Jika keluargamu kaya raya, ingatlah selalu bahwa masih ada yang lebih kaya dari kamu. Jika kamu cerdas dan pintar, ingatlah selalu bahwa kecerdasan dan kepintaranmu adalah rezeki dari Allah yang tak pantas kamu sombongkan. Jika kamu tidak sombong, kamu akan mudah mendapatkan banyak teman. Percayalah.

Ringan tangan

Ringan tangan di sini bukan berarti tangan kamu harus seringan kapas, ya. Hehe. Ringan tangan di sini artinya kamu  senang membantu teman-temanmu yang sedang kesusahan. Tidak harus membantu secara materi, lho.Kamu bisa membantu lewat nasihat, saran yang membangun, pemikiran, dan semacamnya. Namun kamu jangan ringan tangan dalam hal-hal yang negatif, ya.

Jadi diri sendiri 

Jadi diri sendiri atau be your self adalah hal penting dalam hubungan pertemanan. Tampilkan dirimu apa adanya. Dengan menjadi diri sendiri maka kamu akan semakin percaya diri. Jangan pernah malu untuk menunjukkan jati dirimu. Menjadi diri sendiri artinya kamu menghargai diri kamu sendiri.

Jujur

Wah, kalau yang ini kamu pasti setuju, dong. Siapa sih yang suka dibohongi? Tidak ada. Maka, jadilah orang yang jujur. Kujujuran yang pahit lebih berharga daripada kebohongan yang manis. Karena kamu harus jujur, berarti kamu jangan menjadi serigala berbulu domba, berpura-pura baik di depan orang lain, tapi di belakang jahat. Percaya deh, orang lain akan menghargai kejujuran kita.

( Sumber : Buku PCPK " Temanku yang Menyebalkan " )   

No comments: