Thursday, May 3, 2012

Science Color

Hai sobat sekalian.. Aku mau nge-post tentang warna. Tapi, menurut sains. Udah pada baca judulnya kan? Oh ya! Informasi ini bukan aku ngarang sendiri ya, tapi aku liat dari buku. Istilahnya berbagi ilmu gitu. Jadi, kalau ada yang salah enggak sepenuhnya salahku ya.. Langsung aja yuk! >>

APA WARNA MEMENGARUHI MOOD? 

Warna hijau yang membuat hati nyaman 

Ketika mata lelah atau hati sedang gelisah, tutuplah mata, lalu buka pelan-pelan dan lihatlah gunung yang ada di kejauhan. Setelah melihat gunung yang diselimuti warna hijau, rasa lelah di mata perlahan hilang, dan perasaan pun menjadi lebih baik. Ini artinya, warna hijau dapat membuat hati nyaman. Ketika kita stres atau gelisah, warna hijau sangat membantu. Kita pasti langsung terpikir warna alam ketika hati merasa tenang atau perlu hiburan. Dengan melihat warna hijau, perasaan menjadi nyaman, dan detak jantung pun ikut melambat.

Karena itulah, ruang tunggu di rumah sakit atau ruang-ruang umum lainnya yang membutuhkan ketenangan perasaan dicat dengan warna hijau muda. Papan tulis di sekolah juga diberi cat hijau tua. Ini karena warna hijau paling sedikit memberikan rasa lelah ke mata.

Warna merah yang meningkatkan vitalitas

Ketika melihat warna merah, otak kita akan terangsang, sehingga jantung dan otak menjadi lebih aktif. Perasaan juga menjadi bersemangat, dan tubuh serasa sehat. Warna merah juga dianggap mampu menambah rasa percaya diri. Warna merah juga dapat meningkatkan sensitivitas kita, sehingga membangkitkan ide-ide baru.

Warna biru yang meningkatkan kreativitas

Warna biru memberikan perasaan tenang dan damai. Selain itu, dapat meningkatkan kreativitas, sehingga meningkatkan keinginan membuat sesuatu  yang baru. Dengan memakai baju warna biru, akan memberikan kesan bahwa kita adalah orang yang mampu menyelesaikan pekerjaan dan memiliki kepribadian ramah dan tidak menyerang.

( Sumber : buku " Science Color " )

No comments: