Tuesday, August 19, 2014

Refrain : Saat Cinta Selalu Pulang

Haay! Oke, kali ini aku gak mau cerita curhat panjang lebar dulu kok wkwk. Yang pasti, sekarang ini aku mau review novel Refrain! Plus aku juga mau kasih komen dan cerita aku tentang filmnya. Bakal panjang nih ;;) aku juga seneng banget mau nulis ini!>< walaupun ya moodnya sekarang lagi kurang baik sih, tapi pas inget lagi aku mau nyeritain novel Refrain, langsung semangat lagi deh! #okecurhatlagideh

Novel Refrain ini di tulis oleh Winna Efendi. Penerbitnya itu Gagas Media. Jumlah halaman novelnya itu ada 318 halaman. Covernya juga unik! Jadi kayak amplop biru gitu, dan di dalemnya ada kertas juga! Kertasnya itu bertuliskan "It's always been you..." NAH! Asal usul soal amplop biru itu, yang jadi cover novelnya, nanti bakal aku kasih tau kok ;) Oh ya, sebenernya aku udah baca novel ini lamaaa banget, dari kelas 8 kalo gak salah, dan itu aku juga minjem ._. Minjem sama Salsa wkwk.. Makanya, buat quotesnya nanti itu aku habis googling hehehe =D Tapi buat ceritanya sih aku masih inget, tenang ajaaa ;D Sebelum masuk ke sinopsis, nih aku kasih tau dulu kayak gimana covernya~


Sinopsis :

Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya.

Ini bisa jadi sebuah kisah cinta biasa. Tentang sahabat sejak kecil, yang kemudian jatuh cinta kepada sahabatnya sendiri. Sayangnya, di setiap cerita harus ada yang terluka.

Ini barangkali hanya sebuah kisah cinta sederhana. Tentang tiga sahabat yang merasa saling memiliki meskipun diam-diam saling melukai.

Ini kisah tentang harapan yang hampir hilang. Sebuah kisah tentang cinta yang nyaris sempurna, kecuali rasa sakit karena persahabatan itu sendiri.


Nah itu dia sinopsisnya. Sekarang aku ceritain ya kayak gimana novelnya. Gak spoiler banget kok XD 

Nata dan Niki, dua sahabat sejak kecil. Karena dulu orang tuanya saling kenal dan dekat, akhirnya mereka pun bersahabat. Mereka juga punya trampolin di halaman rumah, dan kalau malem, mereka berdua bakal duduk di trampolin itu, dan mulai cerita apa aja. Mereka berdua kalau pergi ke sekolah juga barengan, Nata boncengin Niki naik sepeda. Dari dulu sampai SMA sekarang ini, mereka selalu satu sekolah dan sebangku. Tapi, suatu hari ada murid baru bernama Annalise masuk ke kelas mereka. Annalise, atau yang biasa di panggil Anna, ternyata adalah anak idolanya Niki, yang akhirnya membuat Niki sangat bersemangat untuk berkenalan dengan Anna. 

Niki ikut cherleader di sekolahnya, bisa dibilang dia cukup aktif di sekolah. Berbeda dengan Nata yang mungkin lebih pendiem, tapi sebenernya dia punya minat sendiri terhadap musik. Dan Anna, dia menyukai fotografi. Walaupun sebelumnya dia udah sempat di tawari untuk bergabung di cherleader, tapi dia tetap memilih fotografi. 

Pernah suatu malam, Niki bertanya kepada Nata, 'gimana ya rasanya jatuh cinta?'. Ternyata Niki pengen banget bisa ngerasain yang namanya jatuh cinta. Dan akhirnya Niki juga bilang 'diantara kita berdua, kira-kira siapa ya yang duluan ngerasain jatuh cinta?' Nata jawab 'kamu kali', tapi ternyata.............................

Sampai suatu hari, diadakan pertandingan basket antara sekolah Niki dan Nata dengan sekolah lainnya. Niki yang ikut cherleaderpun ikut memeriahkan menyemangati para pemain basket. Tapi, tepat saat itu juga, Nata mau tampil nyanyi sambil main gitar. Awalnya Nata enggak mau tuh buat tampil di depan banyak orang, tapi Niki yang maksa Nata biar dia mau tampil, dan Niki juga janji bakal nonton di barisan paling depan buat nyemangatin Nata. Pas hari H tiba, Niki langsung sibuk sama urusan cherleadernya. Nata sampai nungguin dengan cemas kehadiran Niki, karena sebentar lagi dia mau tampil, Anna dengan sabar dan setia menemani Nata. Pas tiba giliran Nata yang tampil, Niki belum juga dateng. Nata yang demam panggungpun mulai merasa gugup, apalagi anak-anak di sekitar langsung nyorakin Nata. Tapi tiba-tiba, Niki dateng dan nyemangatin Nata, yang akhirnya membuat Nata bisa tersenyum lega dan bisa mulai enjoy tampilnya. Di balik itu semua, ternyata kapten basket tim lawan tertarik sama Niki, dan mulai kenalan sama Niki. Nata yang melihat hal itu, langsung berubah wajahnya, enggak suka gitu kalau Niki deket sama cowok lain.

Dan hari-hari pun berlalu. Persahabatan mereka bertiga masih berlangsung dengan baik. Walaupun kadang Niki sama Nata masih suka berantem gitu. Banyak hal yang mereka lewatin bersama. Tak lain juga tentang hubungan Niki dengan Oliver, sang kapten tim basket lawan yang mulai dekat, dan akhirnya mereka pacaran. Mulai dari itu, mereka jadi jarang kumpul bertiga lagi. Niki jadi sibuk dengan dunianya bersama Oliver. Dan ada satu hal lagi, satu fakta, yaitu ternyata Anna menyukai Nata semenjak mereka bertemu di UKS. Semua itu terungkap saat Niki dan Nata yang sengaja dateng ke rumah Anna, buat melihat keadaan Anna karena hari itu dia tidak masuk. Tapi ternyata kehadiran mereka malah mengagetkan Anna, yang membuat foto-foto Nata yang selama ini secara diam-diam di potret oleh Anna, malah jatuh ke kolam renang. Niki dan Nata melihat foto-foto itu, sedangkan Anna sudah lari duluan ke bawah. Nata nyusul Anna, sedangkan Niki masih diam sambil memperhatikan foto-foto itu. Di dapur, Anna menjelaskan semuanya, kalau ternyata dia suka sama Nata. Tapi Nata bilang, kalau dia udah suka sama seseorang, yaitu Niki. Niki yang ternyata dengar hal itu kaget, dan langsung pergi. Dan semenjak itu, hubungan persahabatan mereka bertiga makin memburuk.

Niki jadi menjauhi Nata. Niki enggak mau kalau dia dekat dengan Nata, malah menyakiti perasaan Nata. Sementara Nata dan Anna mencoba memaklumi akan hal itu. Tapi masih ada cobaan lain lagi, yaitu berhubungan dengan Oliver dan Niki. Ternyata Oliver tidak sebaik yang Niki duga, dan malah memperburuk suasana. 

Sampai akhirnya, Nata ternyata memutuskan untuk meneruskan kuliahnya di luar negeri. Niki yang baru tau akan hal itu kaget, sekaligus sedih. Dan ternyata, cinta datang terlambat.....................

HAHAHAHAHA. Ribet gak sih kalian bacanya? Duh soalnya aku bingung harus gimana nulisnya, jadinya ya gitu deh .-. tenaang, itu gak semua konflik aku kasih tau kook wkwkwk, walaupun ceritanya emang udah aku bocorin banyak ya ._. maaflaah hehehehe.. 

Udah kebayang dong ceritanya gimana? Di antara persahabatan mereka itu, mereka harus saling menyakiti. Anna suka Nata, Nata suka Niki, tapi Niki pacaran sama Oliver. Sediih :( TAPI TENAANG! AKHIRNYA NIKI SAMA NATA KOK HAHAHAHA #SPOILERAGAIN Jadi ini tuh emang ceritanya cinta datang terlambat gituu..

Aku pas baca novelnya nangiis :''( Emang sedih tau ceritanya, ngeselin, geregetan, tapi untungnya happy ending :') Pas aku nonton filmnya di YouTobe juga aku nangis HAHAHAHA. Cengeng Hasna cengeng. Eh enggak deng, emang sedih kok ceritanya. Tapi cerita antara di novel dengan film emang beda. Aku lebih suka yang mana? Dua-duanya aku suka kok wkwkwk xD 

Ini cover novelnya yang baru. Di sesuaiin sama filmnya gitu

Aku belum ceritain soal amplop biru ya? Jadii, pas hari valentine, ada event bisa ngasih surat ke orang yang kita sukain. Semacam secret admirer gitu deh. Dan Nata memutuskan untuk nulis juga, setelah bingung sana sini jadi nulis apa enggak wkwk. Tapi isi suratnya bukan "it's always been you" doang kok wkwk.. 

OH YA! Pas Nata mau berangkat ke luar negeri dia juga ngasih surat. Ini dia isi suratnyaa~

Dear Niki,

Gue kenal lo dari kecil.
Gue kenal lo dari jaman kita
masih culun abis.

Dari dulu lo selalu berhasil bikin
hidup gue warna-warni.
Dari dulu selalu bikin hidup gue
lebih seru.

Bersama lo gue merasa ga butuh
siapa-siapa lagi.
Gue mau kita terus bersama sama
dan gue mau jadi cowok yang paling
spesial dalam hidup lo.
Dan dari dulu cuma lo yang gue sayang....

It's always been you Nik.....

Ya hasil googling aku sih kayak gitu. DUH SURATNYAAAA :'''''''' 

Aku juga punya kesan tersendiri sama cerita ini. Ini bukan cerita segitiga yang neko-neko banget sampai lebay musuhan dll. Sama kayak sinopsisnya, ini tuh cerita sederhana. Disini kita belajar saling menerima. Dan juga tau arti sahabat sesungguhnya. DAN SESUNGGUHNYA NATA ITU LEBIH BAIK DARI OLIVER, ATAU SAHABAT ITU LEBIH BAIK DARI PACAR. Kan jaman sekarang ya banyak atau enggak ya aku gak tau pasti jugalah, banyak yang punya pacar, eh akhirnya temen lamanya, sahabatnya jadi di lupain. Jangan sampe kayak gitu ya! :)) 

Terus kayaknya sahabatan kayak Niki sama Nata tuh enak bangeet-_- Kalau menurut film (aku lupa novelnya gimana), rumah mereka tuh sebelahan! Gak di batasin pager tengahnya! Jadi ada 2 rumah gitu, terus depannya baru ada pager. Di antara rumah mereka itu ada trampolin. Kok kayaknya enak banget ya :'') Terus ke sekolah juga bareng, naik sepeda, di boncengin, Maudy sama Afgan ahahaha :3 terus ya enak banget deh, kecuali dengan adanya masalah yang ada........ Tapi ya plis deh, mana ada sih kita hidup tanpa masalah? 

Oke, kita sebar quotes aja yaaa~ 

"Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya"

"It's always been you"

"Karena cinta tidak ingin bertahan dalam hati dua orang yang tidak menginginkan hal yang sama. Karena jika salah satunya tidak memiliki ruang yang cukup untuk cinta, maka cinta itu akan beranjak pergi"

"Persahabatan itu gak memilih. Persahabatan bukan didasari oleh gender, usia, motif, atau apapun itu. Persahabatan yang tulus gak harus punya alasan"

"........bahkan saat dunia berputar dan berubah, kenangan yang tercetak pada lembaran foto itu tidak pernah berubah. Photographs last for a lifetime"

"Bulan emas tinggal separuh. Bintang-bintang sangat pemalu. Kau terduduk disampingku. Aku lantas mencintai bayangmu. Kau menoleh untuk tersenyum. Hatiku berserakan...... lebur dan lepuh" - Nata

"When you take a photograph of someone, you take a portrait of their soul"

"Cinta itu gak memiliki, semua orang bebas merasakannya, menyimpannya. Tapi kalau kamu terlalu takut untuk mengakuinya, selamanya kamu bisa terperangkap di dalamnya"

"Manusia bisa menua, tempat bisa berubah, kita bisa melupakan. Karena itulah kamera digunakan, untuk merekam hal-hal yang tidak dapat diingat manusia dengan sempurna"

"Kita gak bisa memaksakan perasaan seseorang untuk menyukai kita. Yang bisa kita lakukan cuma merelakan, berharap supaya dia bahagia"

"Membuat pilihan di antara dua pilihan yang berat bukan berarti harus meninggalkan salah"

"Kurasa, buat sebagian orang, seni menjadi bagian penting yang sulit dipisahkan dari diri mereka. Seni juga bentuk pelarian, cara untuk melampiaskan emosi. Mungkin karena itulah, seni terkadang bisa mengubah orang" - Annalise

"Kalau cinta jangan setengah-setengah"

"Ada tiga jenis orang dalam dunia ini ; orang yang memiliki mimpi lalu memilih untuk mengejarnya sampai dapat, orang yang memiliki mimipi tapi tidak melakukan apa-apa untuk menjadikannya nyata, dan orang yang sama sekali tidak mempunyai mimpi"

"Aku nggak mau terlambat lagi. Dan aku nggak mau kehilangan lagi" - Niki -

"But you know, life's all about choices. Kita tidak akan tahu jika kita tidak berani menuruti kata hati"

"Semua orang selalu bilang, cewek dan cowok nggak pernah bisa jadi sekadar sahabat. Pada akhirnya itu bener kan, Nat?" -Niki-

"Mereka berpelukan dalam diam, dua sahabat yang saling mengerti dan menerima bahwa mimpi yang berubah menjadi kenyataan adalah hal terbaik yang terjadi pada seseorang. Walaupun salah satu dari mereka harus berkorban untuk itu"

"Gue akan segera pulang. Dan, saat itu, gue gak akan melepaskan lo lagi"

Udah panjang banget gak sih ini? Hahahaha xD Yaudah sampai sini aja yaa, semoga bermanfaat buat kalian! :D Nih aku kasih beberapa foto film Refain! ;D 










2 comments:

indah fajar riyatni said...

Jadi pengen nonton lagi film nya sedih :(

ida muaholifah said...

Tapi
jujur kalo aku lebih suka novelnya, Sist :) sama-sama bagus sih
sebenernya. Sekarang tinggal nunggu film remember when, diadopsi dri
novelnya Winna Efendy juga.